Berita

Sulit Tidur Padahal Badan Sudah Capek? Coba Metode Tidur Militer, Begini Caranya

×

Sulit Tidur Padahal Badan Sudah Capek? Coba Metode Tidur Militer, Begini Caranya

Share this article


Tidur adalah kebutuhan penting bagi tubuh. Sayangnya, beberapa orang sering mengalami kesulitan tidur padahal badan sudah lelah atau yang sering dikenal dengan istilah insomnia. Jika dibiarkan, kesulitan tidur yang berujung pada kurangnya waktu tidur tersebut bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Saking krusialnya, tidur bagi tubuh mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Untuk itu, kamu perlu mengusahakan tidur yang berkualitas terlebih di malam hari. Apabila kamu masih kesulitan untuk memejamkan mata, maka kamu bisa coba metode tidur ala militer.

Apa yang Dimaksud dengan Metode Tidur Ala Militer?






Tidur ala militer/ Foto: Freepik.com/freepik

Metode tidur ala militer belum lama ini memang viral di media sosial karena mengklaim bisa membuatmu tertidur dalam waktu kurang dari dua menit. 

Terdengar menjanjikan bagi penderita insomnia, dilansir dari laman  Verywell Mind, metode ini dikembangkan oleh Bud Winter, seorang pelatih lari cepat Olimpiade yang juga mempelajari psikologi olahraga.

Dalam bukunya, “Relax and Win: Championship Performance,” Winter menggambarkan teknik yang ia kembangkan untuk Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut Amerika Serikat, untuk membantu pilot langsung tertidur ketika mereka perlu istirahat, meskipun dalam keadaan bising, stres, atau situasi berbahaya.


Cara Menerapkan Metode Tidur Militer

Berlatih tidur ala militer/ Foto: Freepik.com/freepik

Tidak butuh langkah yang terlalu sulit sebenarnya, metode tidur ala militer yang dikutip dari laman Verywell Mind, bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Tarik napas dalam-dalam: Pejamkan mata dan fokus pada pernapasan. Ambil napas perlahan dan dalam.

2. Relakskan wajah: Rilekskan seluruh otot di wajah secara perlahan, mulai dari dahi lalu turun ke bawah melewati pipi, mulut, dan rahang. Fokus pada satu bagian dalam satu waktu, tarik napas dalam-dalam dan lepaskan ketegangan otot yang ditahan. Jangan lupa untuk mengendurkan lidah dan otot di sekitar mata.

3. Turunkan bahu dan lengan: Setelah wajah rileks, turunkan ke leher, bahu, dan lengan. Rilekskan leher dan lepaskan ketegangan yang terkumpul di sana. Turunkan bahu dan biarkan dirimu tenggelam ke tempat tidur.

Fokuskan perhatian pada satu lengan dan perlahan turunkan ke bawah, rilekskan otot bisep, lengan bawah, tangan, dan jari. Lakukan hal yang sama untuk lengan yang lain.

4. Lanjutkan ke bawah: Setelah kamu merilekskan bahu dan lengan, perlahan-lahan alihkan fokus ke bagian tubuh lain, lalu rilekskan satu per satu. Lanjutkan ke dada, perut, dan panggul. Kemudian fokus pada satu kaki, rilekskan paha, lutut, betis, pergelangan kaki, kaki, dan jari kaki. Lakukan hal yang sama dengan kaki yang lain.

5. Jernihkan pikiran: Setelah kamu secara sadar merilekskan setiap bagian tubuh, dari atas hingga ujung kaki, fokuslah untuk menjernihkan pikiran. Kamu dapat melakukannya dengan memusatkan perhatian pada gambar yang menenangkan.

Misalnya, bayangkan dirimu sedang berbaring di padang rumput di bawah langit biru. Atau, bayangkan kamu sedang tidur nyenyak di tempat tidur gantung beludru di ruangan gelap.

Jika visualisasi tidak berhasil, ucapkan kata “Jangan berpikir” berulang kali dalam pikiran selama 10 detik. Jika pikiran lain mengalihkan perhatianmu, kesampingkan dan kembalikan perhatianmu ke dalam visualisasi yang kamu buat.

Teknik tersebut bisa kamu latih selama enam minggu berturut-turut sehingga diharapkan bisa membantumu menguasai langkah-langkahnya. Jika sudah terlatih maka kamu akan dengan mudah tertidur dalam waktu kurang dari dua menit.

Sudah siap mencoba metode tidur  yang satu ini, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *