Berita

7 Tips Sederhana untuk Merawat Kulit Wajah Berjerawat

×

7 Tips Sederhana untuk Merawat Kulit Wajah Berjerawat

Share this article


Munculnya jerawat seringkali membuat banyak perempuan frustrasi. Berbagai faktor timbulnya jerawat biasanya disebabkan oleh hormon, stres, dan kurang menjaga kebersihan.

Namun, dengan perawatan yang tepat dan konsisten, kamu dapat mengontrol dan mengurangi jerawat secara efektif. Berikut tujuh tips sederhana untuk merawat kulit berjerawat!


1. Cuci Wajah dengan Lembut

Mencuci wajah / Foto: Pexels/Ron Lach

Gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras. Hindari juga menggosok wajah terlalu keras, karena bisa memicu iritasi dan peradangan kulit yang sedang  berjerawat.

2. Gunakan Produk Non-Komedogenik

Gunakan produk non-komedogenik

Untuk merawat jerawat, kamu harus lebih teliti dalam memilih produk, seperti memilih produk perawatan kulit yang non-komedogenik, artinya produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat.

3. Pilih Produk Perawatan yang Tepat

Produk skincare / Foto: pexels/Ron Lach

Pilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide yang terbukti efektif mengurangi jerawat. Gunakan juga pelembab yang ringan dan tidak berminyak agar kulit tetap terhidrasi tanpa meningkatkan produksi minyak berlebih.  

Jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen di luar ruangan. Meskipun kulit berjerawat, kamu tetap memerlukan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV yang bisa memperburuk kondisi jerawat dan meninggalkan bekas luka.

4. Jangan Memencet Jerawat

Jangan memencet jerawat / Foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Meskipun sangat menggoda untuk memecahkan jerawat, lebih baik dihindari karena bisa menyebabkan peradangan lebih lanjut dan meninggalkan bekas luka.

5. Jaga Pola Makan dan Minum Air yang Cukup

Minum air yang cukup / Foto: Pexels/Anna Shvets

Konsumsi makanan sehat dan hindari makanan yang dapat memicu jerawat, seperti makanan berlemak dan bergula tinggi. Pastikan juga untuk minum air yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit.

6. Cuci Muka Setelah Beraktivitas

Cuci muka setelah olahraga / Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Jangan lupa membersihkan wajah setelah berolahraga atau pun beraktivitas seharian, terutama jika kamu menggunakan makeup atau terpapar polusi, agar kotoran tidak menumpuk dan memperparah jerawat.

7. Rutin Mengganti Sarung Bantal dan Handuk

Handuk / Foto: Pexels/nxai96

Hindari bakteri yang bisa menyebabkan jerawat lebih parah dengan rutin mengganti sarung bantal dan handuk yang sering bersentuhan dengan wajah. Perlu diingat bahwa kamu harus konsisten dalam merawat jerawat dan gunakan produk yang tepat ya, Beauties!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *