Berita

9 Hal untuk Pikiran Sehat dan Bahagia: Bisa Mengatur Emosi hingga Punya Hubungan yang Baik

×

9 Hal untuk Pikiran Sehat dan Bahagia: Bisa Mengatur Emosi hingga Punya Hubungan yang Baik

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Sahabat Cantika mau tahu apakah pikiran atau kesehatan mentalmu dalam kondisi prima? Konon, jika Anda memiliki sembilan hal ini, berarti Anda punya pikiran yang sehat.

Berikut adalah 9 hal yang Anda butuhkan untuk pikiran sehat dan bahagia:

1. Kebahagiaan

Tentu saja, Anda butuh kebahagiaan untuk pikiran yang sehat dan kehidupan yang bahagia, tapi ada banyak kesalahpahaman tentang apa itu kebahagiaan. Kebahagiaan bukanlah respons sesaat terhadap situasi tertentu dalam hidup Anda: ini adalah keadaan umum.

Sebagian orang mungkin menyebutnya kepuasan, atau rasa sejahtera. Jika Anda tidak memiliki perasaan bahagia secara keseluruhan tentang diri Anda dan kehidupan Anda, terlepas dari pasang surut apa pun yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari Anda, Anda kehilangan bagian dari teka-teki kesehatan mental.

2. Fleksibilitas

Apakah segala sesuatunya harus “sempurna” agar Anda bahagia, atau dapatkah Anda bersikap fleksibel saat keadaan, baik yang besar maupun kecil, saat hidup Anda berubah? 

Menjadi fleksibel berarti Anda dapat menyesuaikan diri dengan keadaan Anda saat ini tanpa mengalami terlalu banyak depresi, kecemasan, atau kehilangan fokus pada tujuan dan hubungan Anda.

3. Pengaturan emosi

Dapatkah Anda membuat diri Anda bersemangat untuk menghadapi hidup saat Anda membutuhkannya? Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menenangkan diri saat perasaan marah atau takut menguasai Anda? Apakah Anda memiliki reaksi “spontan”? 

Menemukan kekuatan untuk melewati masa-masa sulit dan memiliki kemampuan untuk meredam gairah yang berlebihan adalah fungsi dari pikiran yang sehat. Saat keterampilan Anda di area ini menurun, Anda tahu bahwa kesehatan mental Anda perlu sedikit perhatian.

4. Hubungan yang baik

Hubungan yang baik dicirikan oleh kebaikan, kasih sayang, dan empati. Apakah Anda merasa mandiri dan pada saat yang sama sepenuhnya terhubung dengan orang-orang terpenting dalam hidup Anda? 

Jika tidak, Anda harus berusaha keras. Kualitas hubungan Anda adalah salah satu indikator terbesar kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

5. Kebijaksanaan

Apa yang mendorong keputusan yang Anda buat dan tindakan yang Anda ambil dalam hidup Anda? Apakah Anda menerapkan pengalaman, pengetahuan, dan penilaian yang baik untuk keputusan tersebut? Jika tidak, ini adalah aspek kesehatan mental yang sulit Anda pahami. 

Pengambilan keputusan yang tepat dan kemampuan untuk meramalkan kemungkinan hasil dari tindakan yang Anda ambil memerlukan integrasi bagian-bagian otak Anda yang hanya dimungkinkan oleh kesehatan mental yang baik.

6. Kasih sayang

Dapatkah Anda merasakan emosi orang lain? Apakah Anda menunjukkan kebaikan, kepedulian, dan kemauan untuk membantu meringankan penderitaan orang lain ketika memang perlu dilakukan?

Sebagai makhluk sosial, kemampuan kita untuk merasakan emosi orang lain dan menanggapinya dengan kebaikan, kepedulian, dan kemauan untuk membantu adalah hal yang mendasar. Jika Anda tidak memiliki kualitas ini, itu mungkin merupakan indikasi bahwa Anda kehilangan sesuatu dalam pikiran yang sehat.

7. Moralitas

Apakah Anda memiliki kapasitas untuk memikirkan kebaikan yang lebih besar dan bertindak dengan cara yang pro-sosial, bahkan saat Anda sendirian? 

Sifat sosial kita mengharuskan kita bertindak dengan cara yang tidak hanya menguntungkan diri kita sendiri tapi juga kelompok kita. Perilaku antisosial dan amoral adalah indikator yang jelas dari kesehatan mental yang buruk.

8. Rasa makna

Dapatkah Anda menceritakan kisah hidup Anda yang koheren? Apakah Anda merasa terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari Anda? 

Mampu memahami hidup Anda dengan menceritakan kisah “Anda”, serta mengalami perasaan terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari Anda adalah indikator kesehatan mental yang berfungsi dengan baik.

9. Intuisi

Apakah Anda menyadari informasi yang datang dari hati dan usus Anda? Jika tidak, kesehatan mental Anda sedang menderita. 

Percaya atau tidak, komponen penting dari kesehatan mental adalah koneksi ke jaringan saraf jantung dan usus Anda. Jika koneksi ini terganggu atau hilang, Anda harus berusaha keras.

Pilihan Editor: 5 Kebiasaan Kecil yang Membuat Anda Langsung Semangat

YOUR TANGO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *