Berita

Hati-Hati Saat Simpan Roti Terlalu Lama, Ini Batas Aman untuk Menyimpannya!

×

Hati-Hati Saat Simpan Roti Terlalu Lama, Ini Batas Aman untuk Menyimpannya!

Share this article


Suka borong roti di supermarket? Kamu si paling doyan makan roti setiap saat? Saking sukanya sama roti, sebagian orang akan menyetok banyak roti di rumah. Pertanyaannya, gimana cara Beauties menyimpannya?

Roti tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama. Lho, kenapa? Bukankah roti mengandung bahan yang bisa memberikan umur simpan lebih lama? Kalau tidak bisa disimpan lama-lama, berapa hari batas ideal menyimpan roti?

Umur Simpan Roti Bergantung pada Jenis dan Bahan Roti

Umur simpan roti bergantung pada jenis, bahan, hingga cara penyimpanan/foto: pexels.com/leigh patrick

Umur simpan setiap roti itu berbeda-beda. Hal ini bergantung pada jenis dan bahan roti yang digunakan.

Sejenis sandwich dan aneka roti di toko kue sering kali mengandung bahan pengawet yang akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada makanan. Pengawet itu seperti kalsium propionat, natrium benzoat, kalium sorbat, dan asam sorbat.

Roti yang terbuat dari tepung bebas gluten dianggap rentan terhadap jamur, benarkah? Ya, karena roti tersebut memiliki kadar air yang tinggi. Roti cenderung cepat membusuk jika disimpan dalam ruangan yang hangat dan lembap.

Lain cerita jika dengan roti kering seperti biskuit. Roti sejenis ini memiliki umur simpan lebih lama dibandingkan roti lainnya. Kenapa? Karena jamur sulit berkembang dalam roti kering.


Berapa Rata-Rata Umur Simpan Roti?

Umur simpan roti sekitar 3-7 hari dalam suhu ruangan/foto: pexels.com/felicity tai

Roti berjamur adalah hal yang buruk. Guna mencegah tumbuhnya jamur, sebaiknya simpan roti dalam wadah tertutup rapat dan pada suhu ruangan atau lebih dingin.

Roti yang dibuat sendiri tanpa bahan pengawet biasanya akan bertahan selama tiga hingga lima hari. Dalam catatan, roti disimpan dalam suhu ruangan.

Bagaimana jika itu adalah roti kemasan yang dibeli di toko. Berapa lama akan bertahan? Roti dapat bertahan lebih lama hingga tujuh hari. Setelah itu, roti tidak disarankan untuk dikonsumsi, baik itu roti putih, coklat, atau gandum utuh.

Penyimpanan roti dalam freezer juga diklaim bisa memperpanjang umur simpan roti sampai 6 bulan, melansir Healthline. Saat menyimpannya dalam freezer, roti harus dikemas dalam plastik kedap udara seperti plastik zip top.

Terlepas dari apakah roti tersebut dibuat sendiri atau dibeli dari toko, seorang koki bernama Jennifer Hill Booker yang dikutip dari Business Insider mengungkapkan, roti akan bertahan lebih lama jika berada dalam lingkungan yang relatif kedap udara. Sirkulasi udara mampu mempercepat proses pembusukan pada roti.

Jadi, panjang tidaknya umur simpan roti sangat bergantung pada bahan, jenis, dan cara penyimpanan. Alangkah baiknya, belilah roti dalam jumlah yang wajar dan sebutuhnya. Kalau sudah habis, baru beli lagi dan tidak perlu menyetok roti hingga berminggu bahkan berbulan-bulan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *