Berita

Belajar dari Kasus Naura Ayu, Ini Cara Memilih High Heels agar Nyaman Dipakai

×

Belajar dari Kasus Naura Ayu, Ini Cara Memilih High Heels agar Nyaman Dipakai

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta Naura Ayu mencuri perhatian warganet usai terjatuh saat melakukan runway di Jakarta Fashion Food Festival (JF3), Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Minggu, 28 Juli 2024.

Sebagai informasi, pelantun Jalan Tengah itu tampil sebagai muse untuk koleksi desainer Ernesto Abram. Awalnya penampilan Naura tampak mulus dengan red mini dress detail off shoulder neckline, backless dan slit di bagian belakang. Ia juga melengkapi penampilannya dengan grey suede chunky heels.

Namun, di tengah runway, anak kandung penyanyi Riafinola Ifani Sari (Nola B3) itu kesulitan menyeimbangkan langkah kakinya,sehingga jatuh terduduk. Naura pun empat terkejut dan menutup mulutnya engan tangan. Enggak terlalu lama, dia segera berdiri menyelesaikan posenya dengan menenteng heels yang dipakainya dan mendapat tepuk tangan dari penonton.

Melalui Instagram story-nya, Naura menceritakan kondisi dan penyebab kejadian yang viral tersebut. “Aku baik-baik saja, terima kasih banyak sudah bertanya kabarku,” kata Naura.

Dia juga menyebut jika high heels yang dipakainya memiliki ukuran dua kali lebih besar dari kakinya. “Sepatunya dua ukuran lebih besar dari sepatuku, itu bukan sepatuku. Menurutku jatuh saat berjalan di catwalk adalah al wajar. Itulah yang mereka katakan padaku,” tambahnya.

Naura Ayu saat berjalan memperagakan busana karya desainer Ernesto Abram di JF3 2024. Foto: Instagram/@monaratuliu

Belajar dari kasus yang menimpa Naura Ayu, berikut Cantika telah merangkum cara memilih high heels agar nyaman saat dipakai.

1. Pakai high heels dengan ukuran yang sesuai

Tak mudah menemukan high heels yang pas di kaki, hal itu dikarenakan sepatu hak tinggi cenderung semakin mengecil di bagian depan.

“Sering kali high heels terlalu kecil pada bentuk bagian depan, sehingga tidak ukup ruang untuk kaki Anda,” kata Dr. Dana Canuso, seorang ahli penyakit kaki bersertifikat dan pemilik Skincare for Feet.

Meski pointed heels kembali popular di tahun 2024, pastikan Sahabat Cantika tetap memprioritaskan kenyamanan ya, dan high heels tersebut tidak menjepit jari-jari kaki kamu.

2. Pilih sepatu hak dengan tinggi sedang

High heels dengan tinggi yang pas sebenarnya cukup menyehatkan kaki. Namun, jika terlalu tinggi tentu membuat kita kurang nyaman saat berjalan. Pasalnya, telapak kaki depan dan tumit dirancang untuk berbagi tekanan ketika beraktivitas, seperti meregang dan menekuk untuk menjaga keseimbangan badan. 

Sepatu yang terlalu datar juga dapat meregangkan jaringan plantar fascia, sehingga menyebabkan rasa sakit. Menariknya high heels dengan hak berukuran sedang dapat mengatasi masalah tersebut.

“Ini seperti busur dan anak panah,” kata Canuso.  “Saat Anda mengenakan sepatu hak tinggi atau sepatu kets yang benar-benar menyangga, plantar fascia dapat sedikit rileks [karena] Anda tidak menariknya,” tambahnya.

Cantika menyarankan kamu memilih hak dengan tinggi tumit yang lebih sedang, sebagai informasi titik ideal untuk tumit yang sehat adalah 1,5-3 inci.

3. Pertimbangkan wedges

Semakin tebal tumit, maka semakin stabil pula tekanan pada otot dan tulang kaki kita.  “Menurut saya, skenario terbaik adalah menemukan sepatu wedges, karena tekanan didistribusikan ke seluruh bagian bawah kaki dan memungkinkan plantar fascia tidak meregang” kata Canuso.

Dr. Jeremy Ousey, seorang ahli penyakit kaki bersertifikat dan pemilik klinik kaki dan pergelangan kaki Keep On Your Feet, menyukai block heels atau medium-height cuban heels  karena area permukaannya yang lebih besar.

“Ketika berat badan Anda terdistribusi lebih merata,itu memungkinkan kaki berfungsi sebagaimana mestinya,” kata Jeremy.

4. Gunakan krim tumit

Bagian belakang tumit cenderung lebar dan rentan terhadap benturan,karena adanya kumpulan lemak di area tersebut.

“Jika sepatu hak tidak memiliki penyangga yang baik di bagian belakangnya, tumit akan mulai melebar, dan itu dapat menyebabkan kulit menjadipecah-pecah,” kata Jeremy.

 “Dan retakan itu sangat menyakitkan dan dapat merusak seluruh liburan. Rasanya seperti mengalami luka kecil akibat kertas yang terus-menerus ditarik,” tambahnya.

Jeremy menyarankan memakai sepatu hak dengan bagian belakang tertutup agar tumit terlindungi dan tertopang. Ini juga sebagai bentuk pertahanan agar lapisan kulit Anda tidak meregang.

5. Pakai metatarsal pads

Bantalan metatarsal atau metatarsal pads dapat membantu menahan telapak kaki dan mengurangi masalah pada jari. Canuso menemukan, alat ini mampu memberikan lapisan tambahan untuk menyerap guncangan dan mengurangi tekanan di telapak kaki Anda, sehingga memudahkan kita saat berjalan menggunakan high heels.

“Pelindung ini memberikan tumit pelukan yang nyaman yang menahan bantalan lemak di tempatnya sehingga Anda dapat melindunginya dan memberinya dukungan dan bantalan ekstra,” kata Ousey.

“Bantalan ini sangat berguna jika tumit Anda cenderung bergesekan dengan bagian belakang sepatu,” tambahnya.

Sebaiknya, pilih metatarsal pads yang terbuat dari silicon atau gel ya, Sahabat Cantika.

Itu dia lima cara memilih high heels agar nyaman digunakan saat berjalan. Semoga bermanfaat ya!

Pilihan Editor: Dukungan Ria Finola untuk Naura Ayu saat Jatuh di Runway: Mama Bangga Banget Sama Kamu

DOWN WASTE YOUR MONEY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *