Berita

8 Kebiasaan Sepele yang Bisa Memicu Risiko Pengeroposan Tulang di Usia Muda, Wajib Dihindari!

×

8 Kebiasaan Sepele yang Bisa Memicu Risiko Pengeroposan Tulang di Usia Muda, Wajib Dihindari!

Share this article


Meski identik menyerang orang lanjut usia, pengeroposan tulang atau yang biasa disebut dengan osteoporosis juga bisa terjadi pada orang-orang di usia muda, loh. Kondisi itu dapat menyebabkan penurunan kualitas dan kepadatan tulang sehingga membuatnya lebih rapuh.

Biasanya, osteoporosis terjadi akibat gaya hidup yang buruk dan pola makan yang tidak sehat. Kebiasaan inilah yang akhirnya menimbulkan dampak tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama bagian tulang.

Kebiasaan ini memang kerap tidak disadari ataupun dianggap sepele oleh sebagian orang. Faktanya, kebiasaan buruk itu justru bisa memicu risiko pengeroposan tulang di usia muda seperti yang dikutip dari detikHealth. Kira-kira apa saja ya? Simak, yuk!

1. Terlalu Sering Duduk

Terlalu sering duduk/ Foto: Freepik.com/freepik

Meski kedengarannya berlebihan, duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak benar dapat mengganggu kesehatan otot dan menyebabkan nyeri di beberapa bagian seperti punggung, bahu, dan pinggul.

Jika terus dibiarkan, kebiasaan ini pun bisa membuat kepadatan tulang menurun dan berisiko terkena osteoporosis lebih cepat.

Untuk mengatasi hal ini, Beauties bisa melakukan gerakan singkat seperti peregangan atau berjalan kaki selama beberapa menit setiap jam. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi dampak negatif dari duduk terlalu lama.

2. Jarang Terkena Sinar Matahari

Jarang terkena sinar matahari/ Foto: Freepik.com/benzoix

Kebanyakan orang memilih menghindari paparan sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan karena alasan kenyamanan. Padahal, salah satu kunci utama menjaga kesehatan tulang sampai usia lanjut dengan memenuhi kebutuhan vitamin D yang berasal dari matahari.

Vitamin D berperan dalam proses penyerapan kalsium dan mineral yang secara tidak langsung membantu proses pembentukan dan meningkatkan kepadatan tulang.

Semakin jarang kamu berada di luar ruangan, maka semakin dikit pula asupan vitamin D yang kamu dapatkan. Hal itulah yang dapat mengakibatkan tulang jadi mudah keropos.

So, usahakan agar selalu terkena matahari, khususnya matahari pagi yang baik untuk kesehatan tubuh setidaknya selama 20 menit setiap harinya, ya!

3. Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang buruk/ Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Siapa nih yang masih suka diet asal-asalan? Menjalani diet sembarangan tanpa memperhatikan pola makan yang baik seperti kurangnya asupan kalsium, protein, magnesium, vitamin K dan sebagainya, ternyata bisa mengakibatkan melemahnya tulang.

Kekurangan asupan kalsium di usia muda dapat menyebabkan massa tulang yang lebih rendah. Bahkan, Beauties dapat kehilangan massa tulang lebih cepat dibandingkan seseorang dengan kadar kalsium yang cukup.


4. Konsumsi Kafein Berlebihan

Konsumsi kafein berlebihan/ Foto: Freepik.com/freepik

Tak sedikit orang yang memilih memulai hari mereka dengan meminum secangkir kopi atau teh. Minuman penuh kafein ini telah menjadi rutinitas karena dianggap dapat meningkatkan mood dan semangat sebelum beraktivitas.

Namun sayangnya, kebiasaan minum kafein berlebihan juga bisa berdampak pada kesehatan tulang. Salah satu studi observasional mengatakan bahwa minuman berkafein dapat meningkatkan pengeroposan tulang karena terlalu banyak kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.

5. Minum Alkohol

Minum alkohol/ Foto: Freepik.com/master1305

Kecanduan minum alkohol juga bisa menyebabkan peningkatan risiko tulang mengalami pengeroposan dan patah tulang di usia muda. Meskipun dampaknya tidak langsung dirasakan, tetapi beberapa hal ini menyebabkan kepadatan tulang berkurang dan menurunnya metabolisme tubuh sehingga mempengaruhi kesehatan tulang.

Dampak dari kebiasaan ini bisa semakin buruk jika kamu memiliki berat badan yang rendah, jarang melakukan aktivitas, dan memiliki pola makan yang buruk.

6. Merokok

Merokok/ Foto: Freepik.com/wirestock

Kebiasaan merokok tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan jantung dan paru-paru, namun juga bisa menyebabkan osteoporosis. Pasalnya, zat-zat yang terkandung dalam rokok seperti nikotin dan osteoblas dapat menghambat produksi sel pembentukan tulang baru.

Sementara, pada perempuan merokok dapat meningkatkan risiko menopause dini dan menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner, kanker serviks, gangguan menstruasi, dan lainnya.

7. Malas Bergerak

Malas bergerak/ Foto: Freepik.com/freepik

Siapa nih yang mageran alias malas bergerak dan jarang berolahraga? Duh, sebaiknya kebiasaan tersebut segera dihindari, ya. Kalau tidak ingin berakibat buruk pada kesehatan tulang.

Gaya hidup yang tidak aktif dan jarang bergerak dapat meningkatkan risiko osteoporosis di usia muda. Oleh karena itu, usahakan agar rutin berolahraga setidaknya 20-30 menit setiap hari.

Nggak perlu olahraga yang berat, cukup dengan melakukan olahraga ringan di rumah atau sesederhana berjalan kaki.

8. Konsumsi Banyak Makanan Asin

Konsumsi banyak makanan asin/ Foto: Freepik.com/rawpixel-com

Dilansir dari CNN Indonesia, asupan natrium yang tinggi dapat menyebabkan hilangnya kalsium dari tulang sehingga dapat melemahkan tulang tersebut. Maka, Beauties wajib memperhatikan asupan garam pada tubuh setiap harinya dengan mengurangi konsumsi makanan yang terlalu asin.

Adapun Beauties lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya akan kalium seperti pisang, kacang merah, kentang dan bayam karena dapat membantu tubuh mengeluarkan kelebihan natrium sehingga bisa meningkatkan kesehatan tulang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *