Berita

4 Tipe Orang Introvert Menurut Ahli, Kamu Termasuk yang Mana?

×

4 Tipe Orang Introvert Menurut Ahli, Kamu Termasuk yang Mana?

Share this article


Orang-orang dengan kepribadian introvert banyak diartikan sebagai sosok yang pemalu dan pendiam. Namun fakta menariknya adalah introvert bisa memiliki berbagai macam tipe. Beberapa peneliti berpendapat bahwa ada 4 tipe utama introvert yaitu introvert sosial, thinking introvert, anxious introvert, dan restrained introvert.

Menurut psikolog di Wellesley College, orang-orang introvert biasanya memiliki sifat dengan tingkat yang berbeda. Maka kecenderungan yang dominan bisa menentukan seseorang termasuk dalam tipe introvert seperti apa. Nah, berikut ini pemaparan 4 tipe introvert yang dilansir dari verywell mind. Apa saja ya?

1. Introvert Sosial

Introvert Sosial/Foto: freepik.com/freepik

Orang dengan kepribadian introvert sosial adalah mereka yang lebih suka menghabiskan waktu sendirian, namun mereka tetap bisa menghadiri pertemuan sosial yang besar. Mereka hanya suka menghabiskan waktu dengan orang-orang dalam lingkungan sosial kecil. Bagi mereka, berada dalam lingkungan dengan banyak orang sangatlah menguras tenaga.

Menurut Jenny Flora Wells, MSW, LSW, ACSW seorang terapis holistik, banyak introvert sosial adalah pemikir intelektual dan eksistensial, lebih suka terlibat dalam hubungan mendalam dengan orang lain dibandingkan percakapan basa-basi.

Selain itu, beberapa ciri orang dengan introvert sosial diantaranya: membutuhkan waktu sendiri untuk memulihkan energi, terutama setelah bersosialisasi; selektif saat bersosialisasi; tidak menyukai acara yang spontan; lebih suka menghabiskan waktu dengan kelompok kecil atau dengan orang baru di lingkungan yang sudah dikenal.


2. Anxious Introvert

Anxious Introvert/Foto: freepik.com/Drazen Zigic

Berbeda dengan introvert sosial yang masih bisa bertemu banyak orang, kepribadian anxious introvert mudah merasa cemas dan cenderung tidak nyaman dalam situasi sosial. Kepribadian anxious introvert menghindari interaksi sosial karena mereka takut membuat kesalahan atau dihakimi. Mereka rentan memiliki kecemasan sosial.

Beberapa tanda jika kamu cenderung anxious introvert yaitu merasa gugup di sekitar orang lain, khawatir ketika akan menghadiri pertemuan sosial, merasa sangat rendah diri, hingga kesulitan memulai percakapan.

3. Thinking Introvert

Thinking Introvert/Foto: freepik.com/freepik

Orang dengan tipe kepribadian thinking introvert cenderung kreatif dan introspektif. Mereka sangat imajinatif dan menghabiskan banyak waktu melamun dan tenggelam dalam pikirannya sendiri. Menurut Jenny Flora Wells, orang dengan tipe ini pandai berpikir, individu analitis yang mampu berpikir kritis, kreatif, dan empati terhadap orang lain.

Orang dengan thinking introvert memiliki beberapa tanda yang unik, seperti berpikir sangat analitis dan logis, kemampuan untuk memecahkan masalah sendiri, detail, hingga bisa menemukan hal-hal yang terlewatkan oleh orang lain.

4. Restrained Introvert

Restrained Introvert/Foto: freepik.com/freepik

Kepribadian restrained introvert cenderung memiliki sikap tertutup di sekitar orang lain. Mereka biasanya menunggu hingga merasa lebih nyaman sebelum berinteraksi dengan orang lain.

Jika kamu cenderung seorang restrained introvert kamu bisa jadi memiliki sifat-sifat, seperti sangat berhati-hati mengambil keputusan, lambat untuk beradaptasi sosial, lebih suka rutinitas dan jadwal yang pasti, senang merencanakan masa depan dengan hati-hati, hingga membutuhkan banyak waktu sendiri.

Itulah 4 tipe orang introvert menurut ahli. Kira-kira kamu cenderung memiliki tipe introvert yang mana nih, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *