Berita

Ketahui Gejala dan Penyebab Psoriasis

×

Ketahui Gejala dan Penyebab Psoriasis

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Dalam ulasan kesehatan atau health kali ini, kita mengulik gejala dan penyebab psoriasis. Menurut dokter kulit Jodi LoGerfo, psoriasis adalah kondisi peradangan kulit kronis yang dipicu oleh kerusakan sistem imun. Orang dengan psoriasis mengalami pertumbuhan sel kulit yang terlalu aktif, hingga 10 kali lebih cepat dari biasanya. Alih-alih mengelupas, sel-sel tersebut menumpuk di permukaan kulit, menyebabkan bercak bersisik yang disebut plak.

Plak dapat muncul di mana saja pada tubuh tetapi umumnya ditemukan di siku, lutut, punggung bawah, kulit kepala, dan alat kelamin, menurut dokter kulit bersertifikat Jay Wofford.

Psoriasis juga dapat memengaruhi area di bawah payudara, di ketiak, atau di kuku, telapak kaki, atau telapak tangan Anda. Dalam beberapa kasus, psoriasis bahkan dapat muncul di kulit kepala.

Sementara beberapa orang mengalaminya di satu atau dua area, yang lain mungkin mengalami psoriasis yang menyebar ke area lain selama bertahun-tahun.

Gejala Psoriasis

1. Bercak merah, mengilap, dan gatal: Ini adalah gejala psoriasis yang paling dikenal. Bercak ini, yang dikenal sebagai plak, biasanya berbatas tegas, terdistribusi secara simetris, berwarna keperakan, dan/atau bersisik, menurut dokter kulit Anna Chacon.

Bercak kulit tersebut berubah warna, tampak merah pada orang berkulit terang dan ungu atau cokelat pada orang berkulit gelap.

2. Kulit lembap dan mengilap: Ini biasanya terjadi pada lipatan kulit.

3. Perubahan kuku: Kuku mungkin berlubang atau rapuh atau menunjukkan perubahan warna, terkadang disalahartikan sebagai infeksi jamur.

4. Perubahan tekstur setelah gatal: Bagi penderita psoriasis, menggaruk kulit yang terkena sering kali menyebabkan likenifikasi alias tekstur pada kulit dan retakan kulit juga dapat terjadi.

5. Rasa terbakar atau nyeri di area psoriasis. Ruam juga bisa bersifat siklus, muncul selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum mereda.

Penyebab Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit yang dimediasi oleh sistem imun, yang berarti penyakit ini disebabkan oleh aktivitas sel imun yang tidak normal. Dalam kasus ini, sistem imun menjadi terlalu aktif dan menyebabkan sel-sel kulit tergantikan lebih cepat dari biasanya, kata Dr. Chacon.

Apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Tubuh manusia menghasilkan sel-sel kulit baru di lapisan kulit terdalam. Kemudian, sel-sel kulit bergerak ke atas melalui berbagai lapisan kulit hingga mencapai lapisan terluar, tempat sel-sel tersebut mati dan mengelupas. Biasanya, proses ini memakan waktu sekitar tiga hingga empat minggu.

Bagi penderita psoriasis, proses ini dapat memakan waktu tiga hingga tujuh hari. Kecepatan abnormal dari proses ini menyebabkan sel-sel yang belum matang [bertumbuh] di permukaan kulit, yang menyebabkan kulit yang terkena psoriasis mengelupas, bersisik, dan pecah menjadi plak.

Penyebab pasti psoriasis tidak diketahui, tetapi dokter percaya ada dua aspek berbeda yang berperan, yaitu faktor genetik dan pemicu lingkungan.

Ada komponen keturunan yang kuat untuk psoriasis pada kebanyakan orang dengan kondisi tersebut, menurut dokter Wofford. Hal itu berarti bahwa jika seseorang dalam keluarga Anda menderita psoriasis, Anda mungkin memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan kondisi tersebut.

Psoriasis juga bisa terjadi pada orang dengan predisposisi genetik yang telah mengalami beberapa pemicu yang diketahui atau tidak diketahui. Hal itu menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Pemicu berbeda dari pasien ke pasien, tetapi dapat mencakup alkohol, merokok, stres, menopause, infeksi, obat-obatan termasuk litium, dan bahkan cuaca dingin.

Psoriasis juga dikaitkan dengan sindrom metabolik, penyakit Crohn, penyakit kardiovaskular, dan penyakit radang usus (IBD).

Orang dengan psoriasis juga dapat mengembangkan artritis psoriatis, yaitu nyeri sendi, kekakuan, dan pembengkakan. Kebanyakan orang hanya akan mengembangkan artritis beberapa tahun setelah pertama kali mengalami psoriasis, menurut Mayo Clinic, tetapi gejala dapat terjadi bersamaan untuk beberapa orang dan bahkan sebelum gejala kulit pada orang lain.

Pilihan Editor: 7 Penyebab Psoriasis Kambuh, Gesekan hingga Cuaca Dingin

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *