Berita

Licorice Extract untuk Kulit: Manfaat, Cara Penggunaan, dan Efek Samping

×

Licorice Extract untuk Kulit: Manfaat, Cara Penggunaan, dan Efek Samping

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Ekstrak licorice atau licorice extract berasal dari akar tanaman licorice (Glycyrrhiza glabra). Akar tanaman ini telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama bertahun-tahun secara topikal untuk kulit. Ekstrak ini mengandung berbagai senyawa bermanfaat, yang berfungsi mulai dari memberikan efek antioksidan, antiperadangan hingga membantu memudarkan bintik hitam. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat, cara penggunaan beserta efek samping extract licorice untuk kulit.

Manfaat Licorice Extract untuk Kulit

1. Meminimalkan produksi tirosinase untuk mengatasi perubahan warna

Produksi melanin alias pigmen merupakan proses yang rumit, tetapi inti masalahnya adalah enzim yang dikenal sebagai tirosinase. Ekstrak licorice menghambat produksi tirosinase yang menghambat produksi bintik hitam.

2. Menghilangkan melanin berlebih

Ekstrak licorice juga mencerahkan kulit dengan cara lain, yakni lewat kandungan liquiritin. Senyawa aktif ini membantu menyebarkan dan menghilangkan melanin yang ada di kulit, menurut dokter kulit Jennifer Chwalek.

Dengan kata lain, tidak hanya dapat membantu mencegah terbentuknya bintik baru, tetapi juga dapat memudarkan bintik yang sudah ada.

3. Bertindak sebagai antioksidan

Seperti banyak ekstrak berbasis tanaman lainnya, licorice mengandung flavonoid. Kandungan tersebut  kaya antioksidan yang mengurangi spesies oksigen reaktif, yang menyebabkan penuaan dan perubahan warna kulit.

4. Menawarkan manfaat antiradang

Meskipun flavonoid itu sendiri bersifat antiradang, ada molekul lain, licochalcone A, yang juga berperan menghambat dua penanda peradangan yang memicu kaskade peradangan.

5. Dapat membantu mengendalikan produksi minyak di kulit

Meskipun ini bukan salah satu manfaat yang paling umum disetujui, Dr. Chwalek mengatakan bahwa ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa senyawa licochalcone mungkin memiliki manfaat tambahan untuk mengatur produksi minyak. Munggkin itulah sebabnya ekstrak licorice sering digunakan dalam pengobatan Ayurveda sebagai pengobatan ketombe.

Efek Samping Licorice Extract

Meskipun ini adalah alergen langka, artinya tidak mungkin menyebabkan alergi yang sebenarnya, tergantung pada bahan lain yang dicampur dengan ekstrak licorice terkadang dapat menyebabkan reaksi, menurut dokter Chwalek.

Dokter kulit bersertifikat Rita Linkner juga menambahkan bahwa beberapa orang, terutama mereka yang memiliki kulit sensitif dapat mengalami iritasi.

Jika Anda khawatir produk tersebut akan membuat kulit Anda stres, cobalah produk baru pada titik uji kecil sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah Anda.

Cara Penggunaan Licorice Extract

Seperti produk penghilang noda lainnya, sebaiknya cari produk ini dalam bentuk serum, yang lebih pekat dan mengandung lebih banyak bahan. Sesuai dengan pernyataan bahwa produk ini berpotensi menyebabkan iritasi, pastikan untuk mengikuti petunjuk produk yang tepat terkait seberapa sering dan kapan menggunakannya

Berhati-hatilah dalam menggunakan tabir surya harian saat menggunakan licorice extract atau bahan apa pun yang mengatasi hiperpigmentasi. Paparan sinar matahari dapat menghambat dan menggagalkan upaya mencerahkan kulit Anda.

Pilihan Editor: Retinol dan Niacinamide Boleh Dipakai Bersamaan, Simak Sederet Manfaatnya untuk Kulit

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *