Berita

Profil Astrid Widayani, Rektor Unsa yang Dipinang jadi Wakil Wali Kota Solo

×

Profil Astrid Widayani, Rektor Unsa yang Dipinang jadi Wakil Wali Kota Solo

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Rektor Universitas Surakarta (Unsa) Astrid Widayani didukung maju sebagai bakal calon wakil wali Kota Solo untuk mendampingi pimpinan Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPPA) Mangkunegara X, yang digadang-gadang maju sebagai bakal calon wali kota di pemilihan kepala daerah atau Pilkada Solo.

Dukungan tersebut datang dari enam partai politik non-parlemen di Kota Solo, Jawa Tengah, yang menyatakan dukungannya untuk Astrid sebagai bakal calon wakil wali Kota Solo.

Keenam partai politik non-parlemen itu adalah Demokrat, NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Prima, dan Partai Perindo.

Jajaran pengurus daerah partai politik itu mengawali langkah mereka dengan pertemuan yang juga dihadiri oleb Astrid secara internal. Mereka kemudian mendeklarasikan dukungan tersebut secara resmi di salah satu hotel di Kota Solo, Selasa, 30 Juli 2024.

Para pengurus partai politik non-parlemen itu berharap Astrid bersedia menjadi calon Wakil Wali Kota Solo, mendampingi Mangkunegara X. Padahal, Astrid sebelumnya mendaftarkan diri untuk mengikuti penjaringan sebagai bakal calon wali kota Solo di Partai Gerindra dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ditemui seusai pertemuan, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Solo, Supriyanto mengemukakan dukungan untuk Astrid menjadi calon wakil wali kota Solo karena mempertimbangkan bahwa Rektor Unsa tersebut merupakan pasangan yang paling sesuai untuk mendampingi Mangkunegara X.

“Mbak Astrid ini akademisi, non-parpol, sering turun ke masyarakat. Bila mendampingi wali kota tidak akan kesulitan membantu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat,” ujar Supriyanto kepada wartawan.

Supriyanto mengatakan, mereka akan menunggu hasil dari upaya partai-partai politik pemilik kursi di DPRD Kota Solo dalam memperoleh rekomendasi pencalonan Mangkunegara X. Termasuk menunggu keputusan Mangkunegara untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo. 

“Langkah kita setelah ini menunggu teman-teman dari parpol parlemen yang tengah berusaha mendapatkan rekomendasi untuk Gusti Bhre (sapaan karib Mangkunegara X) dan kami akan diajak bergabung. Karena kami bagian dari koalisi, sebagai partai pendukung,” tutur dia.

Putri Citra Jawa Tengah 2006 yang juga pernah meraih Joglosemar Kadin Award Solo Bidang Pariwisata ini mengawalinya dengan menjadi dosen Fakultas Ekonomi Unsa, Direktur Akademi Pariwisata Widya Nusantara Surakarta, Ketua Yayasan Pendidikan Widya Nusantara Surakarta, hingga kini menjabat sebagai Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta. Ditambah kesibukannya sebagai CEO Direct English Solo.

Astrid adalah pemimpin Universitas yang berpengalaman dengan rekam jejak kerja yang terbukti dalam industri manajemen pendidikan. Ia seorang profesional pendidikan yang tangguh dengan gelar Magister yang berfokus pada Manajemen Strategis dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Saat ini memimpin beberapa lembaga di sektor pendidikan, mengembangkan program pendidikan baru dan belajar program gelar doktor dalam Transformasi Bisnis, Bisnis Berkelanjutan dan Kewirausahaan di Sekolah Bisnis Lausanne Swiss.

Aktivis gerakan pemuda yang konsisten yang telah terlibat sebagai komite dan ketua di beberapa organisasi pemuda seperti Wadah Musik Sastra (Universitas Diponegoro), Paguyuban Duta Wisata Jawa Tengah, Komunitas Denok Kenang Semarang, Solo Mengajar Kelas Inspirasi, dll.

Astrid juga aktif dalam membantu kaum muda Indonesia melalui Program Penguatan Pemuda yang dibuatnya. Program ini membantu kaum muda Indonesia untuk dapat mengasah keterampilan lunak mereka. Selain itu, ia juga mengembangkan komunitas Direct English Solo Volunteer, sebuah organisasi CSR yang berfokus pada pengaruh kaum muda Solo untuk secara aktif membantu masyarakat mereka dalam menangani masalah pembelajaran, budaya dan juga sosial dan menjadi agen perubahan.

Pilihan Editor: Perjalanan Karier Seohyun, Anggota SNSD yang juga Aktris

SEPTIA RYANTHIE | ANDRY TRIYANTO TJITRA | ASTRID WIDAYANI.COM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *