Berita

Review Film Dokumenter Rossa: Kisah Hidup hingga Jejak di Balik Panggung

×

Review Film Dokumenter Rossa: Kisah Hidup hingga Jejak di Balik Panggung

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Film dokumenter Rossa bertajuk All Access to Rossa 25 Shining Years telah dirilis. Film tidak hanya menyajikan sekilas konser megah Rossa yang dihelat di tujuh kota di Indonesia dan Malaysia, tetapi juga menggali lebih dalam perjalanan emosional Rossa sebagai manusia, perempuan, dan ibu tunggal bagi putra semata wayangnya.

Mengungkap Sisi Lain Rossa dan Kisah di Balik Lagu-lagunya

Melalui pendekatan yang cukup dramatis, film dokumenter ini mengeksplorasi cerita di balik lagu-lagu yang dibawakan dengan suara Rossa yang khas. Film ini menampilkan proses latihan dan penampilan penyanyi berdarah Sunda itu di atas panggung, membingkai setiap lagu dengan kisah pribadinya. Dalam wawancara, Rossa menjelaskan bahwa setiap lagu yang ia bawakan memiliki cerita yang mengalir dari perjalanan hidupnya. 

All Access to Rossa 25 Shining Years juga menggali kehidupan Rossa di luar sorotan panggung. Penonton diperlihatkan sisi lain Rossa yang jarang terlihat, seperti sosoknya yang rentan dan sering jatuh sakit, sifat perfeksionisnya dalam bekerja, cara bercanda dalam keseharian, serta dedikasi dalam beribadah dan usahanya merawat anak sang anak tunggal, Rizky Langit Ramadhan.

Rossa akan Jujur dengan Perasaannya tentang Rumah Tangga

Film dokumenter tersebut bukan hanya menceritakan perjalanan kariernya, namun akan mengungkap keterbukaan Rossa tentang perceraian rumah tangganya pada 2009 silam dengan Yoyo Padi Reborn. Pelantun “Nada-Nada Cinta” itu untuk pertama kalinya akan bercerita tentang perasaannya, cara dia bangkit, dan hubungannya saat ini dengan Rizky dan Yoyo.

Kisah keluarga mereka jadi bagian penting dalam dokumenter ini, terutama akan menampilkan Rizky dan Yoyo yang juga akan terbuka mengenai perasaan mereka. Penyanyi bernama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani itu juga terlihat jujur dalam film dokumenter, beberapa kali ia tampak menangis dan terharu.

Melalui All Access to Rossa 25 Shining Years, Rossa juga seperti menekankan pentingnya totalitas dalam menghibur penggemar, dan bagaimana ia selalu berusaha menunjukkan wajah bahagia saat tampil, meskipun tengah menghadapi berbagai kesulitan.

(Dari kiri) Produser film dokumenter All Access to Rossa 25 Shining Years Inarah Syarafina, Produser Eksekutif Prilly Latuconsina, Rossa, Intan Bacil selaku Manajer Rossa, dan VP of People and Corporate Operations Time International Ferdinand Mulyanto dalam konferensi pers perilisan poster dan trailer resmi film dokumenter All Access to Rossa 25 Shining Years di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, pada Rabu, 3 Juli 2024. TEMPO/Adinda Jasmine.

Alur Terlalu Cepat dan Kaku

Sayangnya, film dokumenter ini juga mempunyai kekurangan. Alur dalam film dokumenter ini terasa terlalu cepat dan kaku, karena setiap beberapa menit penonton dihadapkan pada berbagai wawancara yang disampaikan oleh sahabat dan keluarga Rossa. Seperti tidak ada jeda dan kurang variasi, sehingga membuat ruang untuk merenungkan cerita hidup Rossa menjadi kurang sakral. Namun, secara garis besar, dokumenter ini tetap ciamik dalam menyuguhkan cerita kehidupan Rossa yang akan membuat penggemar meneteskan air mata.

Dihadirkan oleh Inspire Pictures dan Sinemaku Pictures, film dokumenter ini menyajikan lebih dari sekadar perjalanan karier Rossa. Film ini membawa penonton menyelami sisi lain dari sosok Rossa yang belum pernah terungkap sebelumnya, mulai dari perjalanan kariernya, perjuangannya sebagai seorang ibu, hingga kisah di balik konser tunggal ’25 Shining Years Concert’ yang menandai pencapaian luar biasa dalam industri musik Indonesia. Film dokumenter Rossa telah tayang di bioskop-bioskop lainnya di Tanah Air pada 1 Agustus 2024.

Pilihan Editor: Foto Liburan Bareng Putranya di Italia, Rossa: Berduaan Sebelum Bertiga

ADINDA JASMINE PRASETYO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *