Berita

Fashionable saat Cuaca Panas, Gini Cara Mix-and Match Motif UNIQLO x Marimekko

×

Fashionable saat Cuaca Panas, Gini Cara Mix-and Match Motif UNIQLO x Marimekko

Share this article


Musim panas identik dengan suasana yang ceria dan penuh warna. Untuk melengkapi momen spesial ini, UNIQLO dengan bangga menghadirkan koleksi terbaru UNIQLO x Marimekko yang telah diluncurkan pada 10 Mei 2024 lalu. Kolaborasi ini memadukan kesederhanaan dan kenyamanan khas UNIQLO dengan motif-motif unik dan ceria dari Marimekko, rumah mode ternama asal Finlandia.

Koleksi UNIQLO x Marimekko menghadirkan 6 motif garis ikonik Marimekko yang dirancang oleh 4 desainer ternama mereka. Desain-desain ini menghadirkan keceriaan musim panas dan membawa sentuhan nostalgia dari 3 dekade, yaitu tahun 1950-an, 1960-an, dan 1970-an.





Koleksi Musim Panas UNIQLO x Marimekko/Foto: Courtesy of Uniqlo

Beberapa motif yang menarik perhatian adalah motif garis Melooni (buah melon) yang berani karya Maija Isola, motif Asema (stasiun) karya Pentti Rinta yang unik, dan motif bunga abstrak Ruukku (pot bunga) karya Maija Isola yang dipadukan dengan motif Demeter karya Katsuji Wakisaka. 

Untuk menyeimbangkan corak tabrak yang abstrak, hadir pula motif Lirinä (bunyi gemericik air) bergelombang karya Rinta dan motif Galleria (galeri) karya Vuokko Eskolin-Nurmesniemi yang memberikan ekspresi kuat pada koleksi ini.

Koleksi UNIQLO x Marimekko ini cocok untuk kamu yang ingin tampil stylish dan segar saat beraktivitas di luar ruangan ataupun berkumpul bersama teman dan keluarga. Koleksi playful ini siap menemani momen-momen ceriamu di musim panas.

Mengenal 4 Desainer Senior Marimekko di Balik Kolaborasi dengan UNIQLO

Desain motif dalam kolaborasi UNIQLO x Marimekko ini tak terlepas dari ide kreatif empat desainer senior di Marimekko(Desainer Senior Marimekko/Foto: uniqlo.com)

Koleksi UNIQLOx Marimekko yang penuh warna dan unik tak lepas dari ide kreatif 4 desainer senior Marimekko. Berikut adalah motif yang tersedia dan desainer dibaliknya.

Motif Melooni





Uniqlo x MarimekkoPutricaya kenakan Uniqlo x Marimekko, / Foto: Courtesy of Uniqlo



Maija Isola adalah desainer legendaris Marimekko yang telah menciptakan lebih dari 500 pola cetak. Karyanya terkenal dengan motif organik dan berani yang terinspirasi dari alam dan budaya Finlandia.

Dalam kolaborasi UNIQLO x Marimekko Summer 2024, kita diajak untuk menyelami kembali salah satu mahakarya Maija Isola, yaitu motif Melooni (buah melon). Motif yang tercipta di era 1960-an ini, mencerminkan semangat dan keceriaan zaman tersebut.

Ada berbagai cara untuk mix and match motif dari Maija ini agar memberikan tampilan yang unik dan atraktif, tapi tetap terkesan feminin. Contohnya, Putricaya, atau yang lebih dikenal sebagai Puchh, menunjukkan bagaimana memadukan motif yang berbeda dalam satu tampilan.

Ia menggabungkan T-Shirt Grafis Lengan Pendek motif Melooni dengan Rok Linen Blend motif Lirinä. Perpaduan dua motif yang berbeda ini menghasilkan tampilan yang menarik dan penuh gaya.

Untuk menyeimbangkan tampilan yang berani ini, pilihlah sandal slip-on yang nyaman dan tas santai dengan motif polos.



Motif Ruuku




Motif Ruukku dari Maija IsolaTantri Namirah pakai motif Ruukku Uniqlo x Marimekko/ Foto: Courtesy of UNIQLO

Selain motif Melooni, kolaborasi ini juga menghadirkan motif lain yang masih masterpiece Maija, yaitu motif Ruuku (pot bunga). Berbeda dengan motif buah melon yang mencerminkan semangat dan keceriaan di era 1960-an, motif pot bunga ini terinspirasi dari alam. Dalam motif Ruuku (pot for flowers) yang ekspresif, ia melukis lautan bunga yang bergelombang.

Tantri Namirah buktikan kalau motif ini bikin gaya modest makin stylish. Melapisi innerwear AIRism T-Shirt proteksi sinar UV adalah gaun flare kerah V dengan motif Ruuku warna-warni yang bold.

Motif Lirinä




Lirinä dari Pentti Rinta
Mikaila Partiz pakai Uniqlo x Marimekko Lirinä/Foto: Courtesy of Uniqlo

Pentti Rinta, nama yang tak asing lagi bagi para pecinta desain Finlandia. Bergabung dengan Marimekko pada tahun 1969, karya Pentti Rinta telah menghiasi banyak majalah fashion dunia pada tahun 1970-an. Karyanya terkenal dengan garis-garis geometris dan warna-warna cerah yang berani dan penuh semangat.

Dalam kolaborasi UNIQLO x Marimekko kali ini, dua mahakarya Pentti Rinta kembali hadir untuk memukau para pecinta fashion, yaitu Lirinä (suara gemericik air) dan Asema (station).

Motif Lirinä yang indah ini mengingatkan kita pada nuansa perairan musim panas yang menyegarkan. Garis-garisnya yang mengalir dan warna-warnanya yang cerah mengingatkan akan suasana pantai yang penuh keceriaan.

Sementara motif Asema, menampilkan susunan geometris yang rapi dan tertata. Motif yang didesain pada tahun 1970-an ini telah menjadi ikon Marimekko dan telah menghiasi berbagai item pakaian dan aksesoris selama bertahun-tahun.





Kolekasi terbaru UNIQLO x Marimekko menampilkan busana dengan desain yang ceria dan cerah khas musim panas (Koleksi terbaru UNIQLO/Foto: Courtesy of Uniqlo)Tiffany Soetanto pakai UNIQLO x Marimekko/Foto: Courtesy of Uniqlo


Sebagai inspirasi, kamu bisa mencontek gaya Tiffany Soetanto saat mengenakan baju motif Pentti Rinta ini. Istri Chef Arnold Pernomo ini, dengan gaya flowy yang manis dan feminin dalam balutan Gaun Flare Kerah V Tanpa Lengan bermotif Lirinä. Potongan A-line pada gaun ini membuat tubuh Tiffany terlihat semakin proporsional dan menawan.

Motif Demeter




Demeter dari Katsuji Wakisaka
Nabila Isma pakai Uniqlo x Marimekko motif Demeter/Foto: Courtesy of Uniqlo

Desainer asal Jepang Katsuji Wakisaka terkenal dengan karyanya yang unik dan inovatif. Katsuji Wakisaka sering kali menggabungkan elemen Jepang dan Finlandia.

Demeter adalah salah satu hasil karyanya yang ditampilkan pada kolaborasi antara UNIQLO dan Marimekko. Motif ini menampilkan bunga-bunga kecil yang indah dengan gaya khas Katsuji Wakisaka. 

Proses print Demeter dilakukan dengan tangan, bahkan Katsuji Wakisaka sampai harus melakukan ratusan kali tes untuk mempelajari pencampuran warna antara kelopak dan bagian tengah bunga untuk menghasilkan motif yang indah. 

Koleksi UNIQLO x Marimekko Summer 2024 ini pun bisa dipadupadankan untuk gaya modest. Nabila Ishma, seorang fashion influencer, menunjukkan salah satu contohnya dengan memadukan Kemeja Linen Blend Kerah Terbuka Lengan Pendek dengan Rok Linen Blend motif Demeter warna biru. 

Perpaduan ini menghasilkan tampilan yang santai dan flowy. Untuk menambah kesan feminin, Nabila Ishma menambahkan innerwear AIRism T-shirt Proteksi Sinar UV (Campuran Sutra) berlengan panjang dan sepatu flat dengan aksen tali.

Motif Galleria




Galerria dari Vuokko Eskolin-Nurmesniemi
Galerria/Foto: uniqlo.com

Vuokko Eskolin-Nurmesniemi dikenal sebagai desainer yang memiliki karakter clean dan berkonsep arsitektur. 

Dalam kolaborasi UNIQLO x Marimekko, kita dapat melihat keindahan desain Vuokko Eskolin-Nurmesniemi pada motif Galleria yang simple, tapi terlihat klasik dan timeless. Kesederhanaannya justru membuat pakaian bermotif ini mudah dipadupadankan dengan berbagai gaya dan kesempatan. Motif ini dapat menjadi statement piece dalam outfit kamu atau sebagai pelengkap yang sempurna untuk tampilan minimalis.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *