Berita

Menurut Para Ahli, Lakukan 5 Cara Efektif Ini untuk Hindari Rasa Ngantuk Setelah Jam Makan Siang

×

Menurut Para Ahli, Lakukan 5 Cara Efektif Ini untuk Hindari Rasa Ngantuk Setelah Jam Makan Siang

Share this article


Mengantuk setelah makan, rasanya pernah dirasakan oleh semua orang. Apalagi setelah jam makan siang, perut kenyang selesai makan, melanjutkan dengan tidur siang tentu akan sangat menyenangkan, bukan?

Namun sayangnya, pekerjaan yang menumpuk menuntutmu untuk segera diselesaikan. Sehingga, tidur hanyalah angan-angan. 

Nah perlu diketahui, ternyata rasa ngantuk setelah jam makan siang adalah hal normal dan umum terjadi. Ada beberapa penyebab yang memicu munculnya rasa ngantuk ini. 

Sederet Penyebab Ngantuk Setelah Makan Siang:

Penyebab ngantuk setelah makan siang/Foto: thinkstock

1. Irama sirkadian

Menurut Dr. Shelby Harris, direktur kesehatan tidur Sleepopolis, rasa ngantuk setelah makan siang diakibatkan karena ritme sirkadian yang menurun setelah jam makan siang. 

2. Siklus pencernaan

Apa yang dimakan saat makan siang dan seberapa banyaknya, berdampak langsung pada tubuh. Proses mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi ini memicu berbagai mekanisme tubuh.

Selama proses ini, gula darah meningkat dan produksi insulin dimulai, sehingga gula yang bersirkulasi dapat dipindahkan secara efisien dari darah ke dalam sel, di situlah gula digunakan sebagai energi. Semua pekerjaan itu memerlukan peningkatan aliran darah yang membawa kita pada peran sistem peredaran darah. 

3. Pergeseran sirkulasi dari otak ke perut

Dr. Carleara Weiss, anggota American Academy of Sleep Medicine menyampaikan pergeseran sirkulasi dari otak ke perut (sistem pencernaan) untuk memproses makanan yang dikonsumsi dapat menimbulkan rasa ngantuk. 

4. Makanan yang bikin ngantuk

Makanan yang dikonsumsi pun bisa pun bisa bikin ngantuk, yakni makanan yang mengandung melatonin atau triptofan yang keduanya bisa membuatmu merasa lelah. 

“Makanan besar dan makanan tinggi protein, karbohidrat olahan, dan lemak lebih cenderung membuatmu merasa lelah,” kata Stephen Light, pelatih ilmu tidur bersertifikat dan CEO Nolah Technologies. 

5. Kurang tidur

Terakhir, tentu kurangnya tidur di malam hari bisa membuatmu merasa ngantuk di siang hari. 

Lantas, bagaimana cara menghindari ngantuk setelah jam makan siang?

1. Pilih Konsumsi Makanan yang Sehat
Ilustrasi makan di kantor / Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Ilustrasi makan di kantor / Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Beauties, pilihlah makanan sehat untuk siang hari. Batasi konsumsi karbohidrat olahan dan makanan penuh lemak. 

Disebutkan di awal, makanan tinggi protein memang bisa bikin ngantuk. Namun, melansir Health Shots, protein juga bisa memberikan energi untuk tubuh dan meningkatkan stamina. 

Protein membantu menjaga kestabilan kadar gula dan mencegah lonjakan energi. Karena itu, bukannya tidak boleh, tapi Beauties bisa untuk lebih memerhatikan porsinya saja. 

Alternatif lain untuk makan siang yang sehat, jangan lupa untuk selalu menambahkan serat di dalam piringmu. Hindari beragam kue manis, pizza, pasta, hingga mie. 

“Makanan sehat dan ringan adalah pilihan yang baik untuk menghindari food coma dan crash di sore hari,” kata Dr. Carleara Weiss, dikutip dari Sleepopolis. 

2. Tetap Terhidrasi
Ilustrasi minum kopi di kantor /Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Ilustrasi minum/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Jangan lupa untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi ya, Beauties. Pasalnya, dehidrasi ringan saja, bisa membuat tubuh terasa lebih lelah dan lemas dari biasanya. 

Pastikan untuk tidak lupa minum air mineral sepanjang hari. 

3. Menghirup Udara Segar
Ilustrasi menghirup udara segar.

Ilustrasi menghirup udara segar/Foto: Tirachardz/Freepik

Sinar matahari dan udara segar dapat membantumu merasa lebih wasapada dan energi. Hal ini karena ritme sirkadian sangat dipengaruhi oleh cahaya yang merupakan sinyal untuk terjaga. 

Karena itu, kamu bisa pergi ke luar sejenak untuk menghirup udara segar. Daripada selalu terduduk sampai sore tiba, mengambil waktu 5 menit untuk dapatkan udara segar bisa kamu lakukan!

4. Dapatkan Waktu Tidur Cukup di Malam Hari
Ilustrasi perempuan tidur di kasur/Foto: Pexels/Ivan Oboleninov

Ilustrasi tidur/Foto: Pexels/Ivan Oboleninov

Selalu dapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari. Karena tentu, kurangnya waktu tidur bisa membuatmu mengantuk saat bekerja, apalagi ditambah sudah makan siang. 


5. Sedikit Berolahraga
Business people walking on stairs outdoors.

Ilustrasi jalan/Foto: Istock

Cara terakhir adalah dengan sedikit berolahraga untuk menghindari rasa ngantuk. Berjalan-jalan dapat meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh untuk meningkatkan energi dengan cepat. 

Hebatnya, menurut penelitian, cara ini lebih baik daripada secangkir kopi lho!

Nah Beauties, untuk yang sering mengalami rasa ngantuk setelah jam makan siang, jangan lupa terapkan ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *