Berita

5 Sisa Bahan Sayur yang Bisa Ditanam Kembali, Ampuh untuk Berhemat dan Mengurangi Sampah Dapur!

×

5 Sisa Bahan Sayur yang Bisa Ditanam Kembali, Ampuh untuk Berhemat dan Mengurangi Sampah Dapur!

Share this article


Memasak dengan berbagai menu dan bahan yang berbeda setiap harinya membuatmu kerepotan mengelola sampahnya. Sampah dapur yang beragam juga butuh berbagai cara untuk mengolahnya. Termasuk sampah sisa batang sayuran yang kebanyakan berakhir di tong sampah ternyata bisa dikelola dengan baik agar bisa digunakan kembali.

Sisa batang sayuran bisa di-re-grow alias ditanam kembali agar tumbuh dan dimanfaatkan ulang. Meski tidak semuanya, kamu bisa me-re-grow beberapa jenis sayuran berikut ini.

1. Daun Bawang






Daun bawang/ Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Daun bawang sering digunakan untuk berbagai jenis masakan. Fungsinya bisa membuat makanan lebih sedap dan wangi. Sering dimanfaatkan bagian batang hingga daunnya, kamu jangan buang bagian akarnya ke sampah ya, Beauties. 

Bagian akarnya bisa ditumbuhkan kembali di wadah berisi air dan diletakkan di tempat yang teduh. Tidak sampai seminggu, akar daun bawang akan menumbuhkan daunnya.

Jangan lupa untuk mengganti air pada wadah secara rutin. Setelah tumbuh dengan baik, kamu bisa gunakan kembali daun bawang untuk masakan yang sedap.


2. Daun Seledri

Batang seledri/ Foto: Freepik.com/Racool_studio

Hampir sama dengan daun bawang, daun seledri juga menjadi tambahan masakan yang menyedapkan. Sop, soto, hingga bakso adalah beberapa jenis masakan yang kurang sempurna jika tanpa tambahan daun seledri.

Batang daun seledri juga bisa ditumbuhkan kembali menggunakan media air. Setelah memotong batang bagian bawah seledri, kamu bisa taruh di wadah berisi air bersih. Dalam beberapa hari, tunas baru akan tumbuh dan bisa digunakan kembali untuk memasak makanan favorit.

3. Batang Kangkung

Kangkung/ Foto: Freepik.com/topntp26

Kangkung  biasanya dijual bersama dengan batang yang masih utuh bersama dengan akarnya. Sering dimanfaatkan bagian daun dan batangnya, akar kangkung ternyata masih bisa ditumbuhkan kembali menggunakan media air atau tanah. 

Setelah memotong kangkung dan menyisakan akar, kamu bisa tanam akar tersebut di pot dengan media tanah yang tercampur kompos. Pastikan kamu sering menyiram tanah agar tanaman terhidrasi dengan baik. Dalam beberapa hari, kangkung akan kembali tumbuh dan bisa dipanen untuk dimasak.

4. Kemangi

Menumbuhkan kemangi/ Foto: Freepik.com/freepik

Selanjutnya, ada tanaman dengan aroma khas yang sering jadi pelengkap lalapan hingga dibuat sambal. Kemangi yang tidak habis digunakan bisa kamu tanam kembali menggunakan media air. 

Caranya cukup mudah, yakni kamu bisa rendam batang ke dalam air tanpa mengikutkan daunnya. Tunggu hingga akar mulai tumbuh sekitar 1 inci, untuk selanjutnya kamu bisa pindahkan kemangi ke media tanah.

5. Selada

Selada/ Foto: Freepik.com/mrsirhapol

Penggunaan selada untuk beberapa jenis masakan seperti salad, gado-gado, atau lalapan biasanya hanya memanfaatkan bagian daun saja. Sisa bonggol selada jangan buru-buru dibuang ya, Beauties. Bonggol selada juga bisa ditanam kembali dengan cukup mudah. 

Bonggol selada yang tersisa bisa ditanam lagi menggunakan wadah berisi air. Beberapa hari kemudian, bonggol akan menumbuhkan akar dan daun baru. Selanjutnya bonggol selada bisa dipindah ke media tanah yang sudah dicampur dengan kompos. Dari bonggol sisa, kamu bisa panen kembali ketika sudah tumbuh banyak daun selada.

Nah, sekarang kamu tahu bukan bahwa sisa sayur bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa lebih hemat. Selamat mencoba, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *