Berita

Khawatir Rambut Terlihat Kering? Lakukan 7 Cara Ini untuk Mengatasinya

×

Khawatir Rambut Terlihat Kering? Lakukan 7 Cara Ini untuk Mengatasinya

Share this article


Masalah rambut nggak jarang bikin bad hair day yang buat orang nggak percaya diri. Permasalahan rambut memang sering terjadi, salah satunya adalah rambut kering. Mengapa hal itu bisa terjadi? Pada umumnya rambut kering terjadi karena rambut tidak memiliki cukup kelembapan dan minyak sehingga rambut menjadi lebih sulit diatur dan rapuh.

Terdapat berbagai faktor yang menjadi penyebab rambut kering seperti faktor lingkungan, perawatan, dan kesehatan fisik kamu. Faktor lingkungan biasanya karena kamu terlalu banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari dan berenang di air bersifat asin (air laut). Terlalu sering keramas dan menggunakan alat pemanas pun dapat menjadi penyebab rambut kering.

Nah, untuk Beauties yang memiliki permasalahan rambut kering, kamu tidak perlu khawatir lagi mulai sekarang, cukup dengan menerapkan 7 cara berikut untuk mengatasi rambut keringmu sesuai yang dilansir dari laman Heathline. Check this out!

1. Potong Secara Rutin

Ilustrasi potongrambut/Foto: freepik.com/KamranAydinov

Kamu mungkin memperhatikan bagaimana rambut kamu terlihat lebih lembut dan cerah setelah memotong rambut. Hal ini terjadi karena bagian pada ujung rambut telah dipotong.

Kulit kepala menghasilkan minyak yang disebut sebum, berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut. Namun, sebum tidak selalu dapat menjangkau bagian rambut terjauh seperti ujung rambutmu sehingga membuat ujung rambut terlihat lebih kering dan paling rentan rusak. Oleh karena itu, sangat penting untuk memotong bagian ujung rambut secara rutin.


2. Mengonsumsi Vitamin

Ilustrasi seorang wanita/Foto: freepik.com/KamranAydinov

Mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin sangat penting untuk kesehatan tubuh, termasuk pada kesehatan rambut. Vitamin A dapat membantu rambut menghasilkan sebum untuk kelembapan, vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit terutama kulit kepala, hingga vitamin E baik untuk mengurangi rambut rontok dan menjaga kesehatan kulit serta rambut.

3. Hindari Keramas Setiap Hari

Ilustrasi keramas/Foto: freepik.com/prostooleh

Selepas beraktivitas di luar terkadang membuat rambutmu terasa gerah, berminyak, dan kotor sehingga mendorongmu untuk keramas. Akan tetapi, keramas setiap hari justru dapat menghilangkan sebum (minyak alami rambut), lho.

Maka dari itu, kamu bisa keramas dua hari sekali. Jika kamu memiliki kebiasaan keramas setiap hari, gunakan sampo khusus untuk rambut kering atau kamu bisa mencoba keramas dengan sampo bayi. Keduanya dapat membersihkan rambut secara lembut tanpa menghilangkan sebum.

4. Keringkan Dengan Handuk

Ilustrasi mengeringkan rambut dengan handuk/Foto: freepik.com/user18526052

Mengeringkan rambut dengan angin dapat membuat rambut kamu kehilangan terlalu banyak kelembapan. Agar kelembapan rambut tetap terjaga, kamu bisa mengeringkannya dengan cara membungkus rambut dengan menggunakan handuk setelah keramas dan biarkan hingga kering walau prosesnya akan menyita banyak waktu.

5. Gunakan Sarung Bantal Sutra

Ilustrasi seorang wanita tertidur/Foto: freepik.com/senivpetro

Jika kamu tertidur dalam keadaan rambut basah, gunakan sarung bantal berbahan sutra agar kelembapan rambut tidak terserap ke dalam bantal. Bila kamu membiarkan rambut basah dan tertidur dalam jangka waktu lama dapat berpengaruh pada kesehatan rambut sehingga menjadi salah satu penyebab rambut kering.

6. Cobalah Keramas Dengan Air Dingin

Ilustrasi seorang wanita membilas rambut/Foto: freepik.com/freepik

Keramas menggunakan air hangat mungkin dapat membuatmu lebih nyaman. Namun, air panas dapat membuat rambut kamu lemah dan rapuh sehingga menyebabkan rambut rontok dan kerusakan seiring berjalannya waktu.

Sekali-kali cobalah untuk keramas dengan air dingin. Air dingin memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah membuat rambut tumbuh lebih cepat. Bilaslah rambut dengan air dingin selama satu atau dua menit untuk menyegarkan kulit kepala dan menghidupkan kembali helai rambut.

7. Gunakan Minyak Kelapa

Ilustrasi seorang wanita menggunakan minyak rambut/Foto: freepik.com/freepik

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat dari mulai mengurangi ketombe, merawat rambut kering, serta melindungi rambut rusak akibat sering styling. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat yang bermanfaat bagi rambut.

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa dengan cara, tuangkan sedikit minyak kelapa pada telapak tangan, gosok secara perlahan sebelum mengaplikasikannya pada rambut, fokuslah pada bagian ujung, atas kepala, dan akar rambut, biarkan selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *