Berita

10 Makanan yang Mengandung Banyak Air, Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas untuk Menghidrasi Tubuh!

×

10 Makanan yang Mengandung Banyak Air, Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas untuk Menghidrasi Tubuh!

Share this article


Cuaca panas yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia akhir-akhir ini kerap mengakibatkan kondisi udara terasa kering hingga kehilangan sebagian besar cairan tubuh. Kalau dibiarkan terus-menerus, tubuh bisa mengalami dehidrasi.

Maka, sangat penting menjaga kesehatan dan mempertahankan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Untuk meningkatkan asupan cairan dalam tubuh, salah satu cara yang bisa Beauties lakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral.

Dilansir dari detikHealth, berikut daftar makanan dengan kandungan air yang tinggi yang cocok dikonsumsi saat musim panas. Apa saja? Simak, yuk!

1. Selada

Selada/ Foto: Unsplash.com/Petr Magera

Salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung banyak air adalah selada. Selain bermanfaat untuk menghidrasi tubuh selama musim panas, selada juga ampuh untuk meningkatkan kesehatan.

Sayuran hijau ini diperkaya akan 96% mineral, serat, kalium, zinc, serta vitamin K dan A, yang mana kedua vitamin itu berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan kekebalan tubuh.

So, Beauties bisa secara teratur mengonsumsi selada dengan menambahkannya ke dalam makanan, atau disajikan sebagai salad maupun isian burger. Selada dipercaya dapat menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan memberikan tambahan nutrisi yang dibutuhkan saat cuaca panas.

2. Air Kelapa

Air kelapa/ Foto: Freepik.com/freepik

Bukan hanya air putih, Beauties bisa meminum air kelapa sebagai alternatif yang baik untuk tubuh agar tetap terhidrasi. Selain diperkaya 95% mineral, air kelapa juga kaya akan senyawa elektrolit, termasuk kalium, natrium, dan klorida.

Kandungan elektrolit dianggap ampuh membantu menghidrasi tubuh dengan cepat, terutama setelah berolahraga atau aktivitas yang melelahkan.Meminum air kelapa terbukti lebih ampuh untuk mengembalikan energi, dibandingkan minuman isotonik kemasan yang justru mengandung banyak gula.

3. Seledri

Seledri/ Foto: Freepik.com/freepik

Seledri merupakan salah satu makanan rendah kalori dan mampu menghidrasi tubuh. Sebagian besar sayuran ini terbuat dari 95% mineral, serta mengandung serat, protein, vitamin A dan K, asam folat dan kalium.

Banyaknya kandungan baik dalam seledri dapat bermanfaat menjaga tekanan darah tetap stabil dan memberikan efek menyegarkan setelah mengonsumsinya.

4. Semangka

Semangka/ Foto: Freepik.com/timolina

Saat musim panas, semangka menjadi buah favorit yang banyak dicari karena manfaatnya yang dapat menghidrasi. Lantaran kandungan air di dalamnya mencapai 95 persen.

Selain sebagian besar isinya berupa air, buah dengan daging berwarna merah ini juga diperkaya akan vitamin C, A dan B, kalium, potasium dan magnesium.

Mengonsumsi semangka juga baik untuk mengurangi risiko kanker dan stroke karena terdapat antioksidan dan likopen di dalamnya.

5. Mentimun

Mentimun/ Foto: Freepik.com/freepik

Mentimun merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan air cukup tinggi mencapai 95 persen. Mengonsumsi mentimun dipercaya dapat melindungi tubuh dari dehidrasi dan cuaca panas berlebih karena memiliki sifat pendingin alami yang mampu menyegarkan tubuh.

Adapun nutrisi baik lainnya yang tersimpan di dalamnya seperti vitamin K, potasium dan magnesium.

Dibandingkan dengan sayuran tinggi mineral lainnya, mentimun termasuk yang paling rendah kalori. Sehingga tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang relatif banyak.


6. Zucchini (Timun Jepang)

Zucchini/ Foto: Unsplash.com/Louis Hansel

Memiliki bentuk serupa dengan mentimun, ternyata zucchini juga mengandung lebih dari 94% air, serat dan vitamin C di dalamnya. Vitamin C berperan penting untuk membantu menjaga kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari sejumlah penyakit.

Apalagi saat musim panas dan udara kering, sering kali membawa berbagai penyakit seperti flu, batuk dan demam. Dengan menambahkan zucchini ke dalam masakan kamu, maka bisa membantu menjaga kesehatan terutama saat musim panas seperti saat ini.

7. Tomat

Tomat/ Foto: Freepik.com/stockking

Tomat merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi, vitamin dan antioksidan. Sayuran berwarna merah ini tak hanya dapat menghidrasi tubuh, tapi juga mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Selain diperkaya akan 94% air didalamnya, terdapat pula kandungan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan likopennya pun dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah perkembangan kanker prostat.

8. Kaldu dan Sup

Kaldu dan sup/ Foto: Freepik.com/azerbaijan-stockers

Kaldu dan sup biasanya terbuat dari 92% air, sehingga berpotensi besar menghidrasi dan bergizi untuk tubuh. Mengonsumsi makanan ini secara teratur dapat memberikan kontribusi memenuhi kebutuhan air harian.

Selain itu, makanan kaya air seperti kaldu dan sup berpengaruh pada penurunan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah. Beauties bisa meningkatkan kandungan nutrisinya dengan menambahkan banyak sayuran seperti wortel, brokoli, jamur dan tomat.

9. Stroberi

Stroberi/ Foto: Freepik.com/jcomp

Buah mungil berwarna merah ini ternyata mengandung banyak air mencapai 91% yang dapat membantu Beauties tetap terhidrasi dan mempertahankan asupan mineral setiap harinya.

Tak hanya itu, stroberi juga kaya akan serat, vitamin C, folat dan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal penyakit. Mengonsumsi stroberi secara teratur telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari berbagai jenis kanker.

 

10. Blewah

Blewah/ Foto: Freepik.com/stockking

Mengandung 90% air, blewah termasuk ke dalam salah satu buah yang baik dikonsumsi saat musim panas. Buah sejenis melon ini dinilai sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Selain berisi air di dalamnya, blewah juga mengandung vitamin A yang mana dapat memenuhi kebutuhan air harian, serta meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi. Kandungan seratnya juga bermanfaat untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *