Berita

5 Pantangan Makanan agar Tetap Awet Muda, Salah Satunya Kurangi Asupan Kafein!

×

5 Pantangan Makanan agar Tetap Awet Muda, Salah Satunya Kurangi Asupan Kafein!

Share this article


Setiap perempuan tentu ingin tetap awet muda. Selain berupaya dengan menjaga kecantikan dari luar, kamu juga perlu memperhatikan pola makanmu untuk menjaga kesehatan kecantikan dari dalam. Itulah mengapa, penting bagimu untuk mengetahui beberapa pantangan makanan agar tetap awet muda.

Pasalnya, pola makan yang tidak sehat bukan hanya bisa memengaruhi kesehatan tubuh, tetapi juga kecantikan. Hal ini juga bisa menjadi cara alami selain melakukan perawatan kecantikan.

Untuk lebih jelasnya tentang pantangan makanan agar tetap awet muda, yuk, simak ulasan berikut!

1. Sup Kaleng

Salah satu pantangan makanan agar tetap awet muda adalah sup kaleng. Pada dasarnya, sup kaleng mempunyai kadar natrium yang tergolong tinggi. Hal itu bisa menimbulkan dehidrasi serta mempercepat munculnya garis halus pada kulit.

Di sisi lain, mengonsumsi terlalu banyak garam bisa menimbulkan tekanan sistem kardiovaskular, sehingga rentang mengalami kenaikan tekanan darah. Apabila dibiarkan begitu saja, hal ini juga bisa memicu risiko stroke.

2. Daging Olahan

Ilustrasi/pexels.com/Pixabay

Pantangan makanan agar tetap awet muda selanjutnya adalah daging olahan, mulai dari stik daging, sosis, potongan daging dingin, bacon, pepperoni, hingga hot dog. Makanan olahan tersebut umumnya diolah dengan cara diasinkan, diawetkan, maupun diasap.

Berdasarkan laman The Healthy, menyantap daging olahan terlalu sering bisa meningkatkan risiko kematian hingga 16 persen. Di samping itu, lemak trans yang terkandung dalam daging juga bisa meningkatkan risiko penuaan dini, penyakit jantung, hingga tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi asupan makanannya.

3. Makanan yang Dipanggang

Ilustrasi/pexels.com/Arda Kaykısız

Pantangan makanan agar awet muda berikutnya adalah makanan yang dipanggang, terlebih lagi jika mengandung lemak trans. Terbiasa mengonsumsi jenis makanan ini bisa membahayakan kesehatan kulit maupun tubuh.

Selain itu, kamu juga berisiko mengalami diabetes maupun penyakit jantung. Biasanya, jenis lemak trans bisa ditemukan pada kue kering, biskuit, roti gulung mani, hingga pai. Maka dari itu, jika menyukai jenis makanan ini, sebaiknya imbangi dengan asupan makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan.


4. Makanan Asin dan Pedas

Ilustrasi/freepik.com/freepik

Pantangan makanan agar tetap awet muda lainnya adalah makanan asin dan pedas. Jenis makanan ini mungkin terasa lezat. Akan tetapi, terbiasa mengonsumsinya justru bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan kecil.

Asupan makanan asin dan pedas yang terlalu tinggi bisa mempercepat penuaan serta mengganggu kesehatan kulit. Oleh sebab itu, kamu perlu mengurangi asupan konsumsinya.

5. Minuman Berkafein

Ilustrasi/pexels.com/Chevanon Photography

Selain makanan, kamu juga perlu memperhatikan asupan minuman setiap hari. Minuman yang perlu kamu kurangi konsumsinya agar tetap awet muda adalah minuman berkafein, seperti kopi.

Mengonsumsi kopi berkafein memang bisa memberikan dampak baik bagi tubuh. Akan tetapi, asupan kopi berkafein yang tinggi setiap hari justru bisa menimbulkan penuaan dini, kulit kering, hingga dehidrasi. Selain kopi, minuman lain yang mengandung kafein adalah cokelat dan teh. Apabila hendak mengonsumsinya, minum maksimal 1-2 cangkir per hari.

Itulah beberapa pantangan makanan agar tetap awet muda yang perlu kamu hindari. Jadi, yuk, selalu jaga kesehatan tubuh dan kulitmu mulai sekarang!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *