Berita

Meski Kaya Nutrisi, 5 Makanan Ini Harus Dihindari oleh Penderita Asam Lambung

×

Meski Kaya Nutrisi, 5 Makanan Ini Harus Dihindari oleh Penderita Asam Lambung

Share this article


Asam lambung termasuk kondisi yang dialami oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti gaya hidup tidak sehat, kondisi obesitas, stres, hingga pola makan yang tidak teratur. Maka, salah satu cara untuk mengobati asam lambung adalah dengan memperbaiki pola makan. 

Terkait itu, tak bisa dimungkiri bahwa ada berbagai jenis makanan yang bisa membantu meredakan refluks asam. Namun, kamu harus tetap cermat dan berhati-hati karena sejumlah jenis makanan yang kerap dianggap sehat ternyata justru bisa memperparah asam lambung. 

Bagi kamu yang belum tahu, simak sejumlah deretan makanan yang dimaksud sebagaimana dilansir dari UH Hospitals

1. Daging Berlemak

Daging berlemak/ Foto: Freepik.com/freepik

Daging berlemak dapat merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam lambung sebagai bagian dari proses pencernaan. Selain itu, makanan yang mengandung banyak lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga bisa menyebabkan pengosongan lambung. Kondisi-kondisi inilah yang dapat memperburuk risiko refluks asam.

Penderita asam lambung disarankan untuk membatasi konsumsi daging berlemak. Sebagai opsi, makanan berprotein lebih direkomendasikan seperti daging tanpa lemak, ikan, atau ayam tanpa kulit. 

2. Tomat

Tomat/ Foto: Freepik.com/freepik

Tomat menyimpan berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan melindunginya dari berbagai penyakit. Namun dibalik itu, bahan masakan yang satu ini juga tinggi asam sitrat dan asam malat yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. 

Hal itu dapat memperburuk gejala refluks asam dan memicu mulas pada penderita asam lambung. Tak hanya itu, kandungan asam dalam tomat juga dapat memicu iritasi lapisan lambung dan esofagus (kerongkongan), yang sudah sensitif pada penderita asam lambung. Hal ini pun dapat menyebabkan sensasi terbakar hingga nyeri. 

3. Keju

Keju/ Foto: Freepik.com/freepik

Keju kerap dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat, tapi hal ini tak berlaku untuk penderita asam lambung. Pasalnya, keju termasuk makanan tinggi lemak yang bisa memperlambat proses pencernaan. 

Beberapa jenis keju pun memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat merangsang produksi asam lambung lebih banyak. Tak sampai di situ, produk olahan susu ini bisa menyebabkan produksi gas berlebih dalam lambung saat dikonsumsi. Hal itulah yang menyebabkan sensasi kembung dan tekanan pada perut.


 

4. Bawang Putih dan Bombay

Bawang putih dan bombay/ Foto: Freepik.com/stocking

Bawang putih dan bombay merupakan dua bahan masakan yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Dua jenis perbawangan ini pun seringkali digunakan saat mengolah makanan karena bisa menambah cita rasa pada masakan. Meski begitu, siapa sangka bahwa bahan ini ternyata tidak begitu cocok untuk penderita asam lambung. 

Secara khusus, bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat mengiritasi lapisan lambung, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar atau dalam keadaan mentah. 

Sementara bawang bombay mengandung fruktan, sejenis karbohidrat yang dapat menyebabkan produksi gas berlebih saat dicerna. Gas ini dapat meningkatkan tekanan dalam perut, mendorong asam lambung naik ke esofagus, dan memicu refluks asam. 

5. Jeruk

Jeruk/ Foto: Freepik.com/freepik

Semua orang sepertinya sudah tahu bahwa jeruk termasuk buah yang mengandung banyak nutrisi. Kendati demikian, jeruk juga menjadi salah satu buah yang sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung. Selain karena kandungan asamnya yang tinggi, yang dapat meningkatkan keasaman di lambung. Jeruk juga bisa menyebabkan relaksasi sfingter esofagus bawah.

Hal itu merupakan katup yang mencegah asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Maka, terjadinya relaksasi katup ini bisa memicu atau memperparah refluks asam. Tak hanya itu, buah yang kaya akan vitamin C ini dapat mengiritasi lapisan esofagus terutama jika sebelumnya memang sudah ada kerusakan atau peradangan akibat refluks asam. 

Nah, itulah sejumlah makanan bernutrisi yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Ingat baik-baik, ya! 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *