Berita

6 Cara Membuat Masker Rambut Alami dari Minyak Almond

×

6 Cara Membuat Masker Rambut Alami dari Minyak Almond

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Minyak almond memiliki kandungan yang baik sebagai nutrisi rambut. Minyak ini dapat digunakan dengan berbagai cara untuk meningkatkan kilau rambut, memperkuat kutikula rambut, dan meremajakan rambut.

Berikut adalah beberapa cara menyenangkan untuk memasukkan minyak almond ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda dan mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau.

Sahabat Cantika bisa mencampurkan minyak almond dengan minyak lain seperti minyak kelapa, zaitun, atau argan, serta berbagai bahan ramah rambut lainnya seperti lidah buaya, kembang sepatu, dan lain-lain. Fungsinya untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Masker Rambut Minyak Almond Buatan Sendiri Terbaik untuk Dicoba

1. Almond dan Minyak Kelapa

Bahan-bahan:

1 bagian minyak almond

1 bagian minyak kelapa

Petunjuk:

Campurkan kedua minyak bersama-sama dalam mangkok. Gosokkan campuran tersebut ke telapak tangan Anda dan pijat secara merata di kepala Anda dengan gerakan melingkar yang lembut. Biarkan ini di rambut Anda setidaknya selama 2 jam sebelum membilasnya dengan sampo dan pembersih ringan.

Manfaat:

Minyak kelapa kaya akan nutrisi, vitamin, dan asam lemak yang membantu menyembuhkan rambut rusak dan menjaganya tetap ternutrisi. Ini tidak hanya melindungi rambut dari kerusakan akibat kelelahan hidral tetapi juga melawan kutu dan ketombe. 

Studi lain mengungkapkan bahwa penggunaan minyak kelapa secara teratur dapat membantu mencegah infeksi kulit kepala dan membantu menjaga kebersihan kulit kepala. Oleh karena itu, dengan khasiat kedua minyak ini, paket ini dapat membantu mengurangi gejala kulit kepala yang gatal dan teriritasi serta memberikan kelembapan pada rambut.

2. Almond dan Minyak Zaitun

Bahan-bahan:

1 bagian minyak almond

1 bagian minyak zaitun

Petunjuk:

Ambil mangkuk dan campurkan kedua minyak ini. Pijatkan ini ke kulit kepala Anda dan bilas setelah 2 jam.

Manfaat:

Manfaat minyak zaitun untuk rambut sangat banyak. Pertama, sebagai emolien, ia memberikan kelembapan pada rambut. Kedua, ia memiliki komponen polifenol yang melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar UV.

Ketiga, ia memiliki sifat antijamur yang membantu mengobati dan mencegah infeksi jamur. Selain itu, kaya akan oleuropein, senyawa fenolik yang membantu menumbuhkan rambut dan mencegah rambut rontok.

3. Minyak Almond, Fenugreek, dan Argan

Bahan-bahan:

1 bagian minyak almond

1 bagian minyak argan

2 sendok makan minyak fenugreek

Petunjuk:

Dalam mangkok, campurkan minyak ini dan aduk rata. Oleskan kombinasi minyak ini ke rambut Anda dan biarkan selama sekitar 2 jam. Dengan menggunakan sampo, bilas hingga bersih.

Manfaat:

Minyak argan dapat bekerja sangat baik bagi mereka yang memiliki kulit kepala berminyak — minyak ini mengandung asam oleat yang mengontrol produksi sebum, sehingga menenangkan kulit berminyak dan rentan berjerawat. Ditambah lagi, ia memiliki kapasitas menahan air yang luar biasa yang memungkinkan kelembapan tetap utuh di rambut. 

Ini juga meningkatkan elastisitas rambut, yang mendorong pertumbuhan rambut sehat. Jika rambut Anda kehilangan kilaunya karena terlalu banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, minyak argan dapat membantu Anda — sifat antioksidannya membantu melindungi rambut dari kerusakan oksidatif, sehingga meningkatkan kilau rambut. 

Minyak fenugreek, di sisi lain, menghambat DHT untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus melindungi rambut dari infeksi jamur berbahaya.

4. Minyak Almond dan Daun Kembang Sepatu

Bahan-bahan:

Segenggam daun kembang sepatu

4 sendok makan minyak almond

Petunjuk:

Ambil beberapa lembar daun kembang sepatu dan cuci hingga bersih. Setelah kering, giling hingga menjadi bubuk. Campurkan dengan minyak almond dan oleskan sebagai masker rambut. Tunggu selama 40 menit sebelum mencucinya dengan sampo.

Manfaat:

Kembang sepatu kaya akan vitamin, dapat membantu menjaga rambut tetap sehat dan lembut. Berdasarkan penelitian pada hewan, daun kembang sepatu membuat rambut tumbuh dan menjadikannya lebih lembut dan berkilau. Jika digunakan bersama dengan minyak almond, dapat membantu memberikan nutrisi mendalam pada rambut sekaligus memperkuat rambut.

5. Minyak Almond, Lidah Buaya, dan Minyak Amla

Bahan-bahan:

3 sendok makan minyak almond

2 sendok makan minyak gooseberry India (amla).

2 sendok makan gel lidah buaya

Petunjuk:

Campurkan minyak almond dengan minyak amla dalam mangkok. Tambahkan gel lidah buaya ke dalam campuran dan aduk rata untuk membuat masker rambut halus. Oleskan ini ke rambut Anda dan cuci hingga bersih setelah 2 jam.

Manfaat:

Minyak amla untuk rambut bekerja dengan sangat baik — manfaatnya berlipat ganda! Kaya akan asam lemak dan vitamin, ditambah lagi memiliki sifat antijamur yang mencegah infeksi jamur.

Selain itu, ini memperlambat rambut beruban dini, sehingga membuat rambut Anda indah. Sebaliknya, lidah buaya melindungi rambut dari efek buruk sinar matahari dan polutan. Selain itu, ia melawan kerontokan rambut yang disebabkan oleh peradangan.

6. Minyak Almond, Henna, dan Minyak Mustard

Bahan-bahan:

2 sendok makan minyak almond

½ sendok teh minyak mustard

1 sendok makan bubuk pacar

Manfaat:

Henna, yang sering digunakan sebagai pewarna rambut alami, membantu mencegah dan mengatasi rambut beruban dini sekaligus menutrisi surai Anda. Minyak mustard memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antijamur yang melindungi rambut dari radikal bebas, mencegah infeksi jamur, dan melindungi rambut dari sinar UV.

Catatan: Orang dengan rambut sangat tipis tidak boleh menggunakan minyak mustard karena konsistensinya kental dan mungkin tidak cocok untuk mereka yang memiliki rambut sangat halus.

Itulah 6 cara membuat masker rambut alami dari minyak almond. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 3 Cara Efektif Menggunakan Minyak Almond untuk Perawatan Rambut

PINKVILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *