Berita

Fakta-fakta Penampilan Anang Hermansyah dan Ashanty Usai Laga Indonesia vs Filipina

×

Fakta-fakta Penampilan Anang Hermansyah dan Ashanty Usai Laga Indonesia vs Filipina

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, JakartaPasangan penyanyi, Ashanty dan Anang Hermansyah menuai kritik atas penampilannya usai laga Timnas Indonesia vs Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024. Alih-alih menyanyikan lagu “Tanah Airku” atau “Indonesia Pusaka”, mereka menyanyikan dua lagu lain yang dianggap kurang tepat para penggemar sepak bola.

Saat para pemain Timnas Indonesia membentuk lingkaran di tengah lapangan, Anang and Friends malah membawakan lagu “Kebyar-Kebyar” dan “Rindu Ini”. Seharusnya berdasarkan tradisi ketika Timnas Indonesia menang dan pemain sudah berdiri melingkar di lapangan, lagu “Tanah Airku” atau “Indonesia Pusaka” akan dinyanyikan bersama-sama dengan seluruh penonton yang hadir.

Keduanya pun tak menutup mata dan telinga dengan komentar pecinta bola. Lewat akun media sosial pada Rabu, 12 Juni 2024, keduanya menyampaikan permohonan maaf atas penampilan mereka semalam

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kami Anang Ashanty beserta Management mengucapkan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada para pendukung sepakbola tanah air,” tulis Anang dan Ashanty dengan latar berwarna hitam.

Awal Mula Ashanty dan Anang Tampil, Ditawarkan dan Tema Lagu Ditentukan Panitia

Sebelum pertandingan dimulai, Ashanty sudah lebih dulu membagikan momen saat mereka gladi resik di GBK. Anang dan Ashanty juga mengajak tiga musisi yang diketahui berada di bawah naungan label musik mereka, Hijau Musik. Tiga musisi itu adalah Adrijati Indi, Syafril Harsani, dan Carmen Glovw.

Menurut cerita Ashanty, selain menonton langsung, mereka juga ditawarkan untuk menyanyikan dua lagu usai pertandingan. Tema lagunya pun ditentukan oleh pihak penyelenggara yang mengundang mereka.

Anang Hermansyah dan Ashanty bersama penyanyi Adrijati Indi, Syafril Harsani, dan Carmen Glovw sebelum tampil menyanyi di laga Timnas Indonesia vs Filipina, Selasa, 11 Juni 2024. Foto: Instagram/@ashanty_ash

Waktu tanggal 6 antar Arsya jadi pendamping Garuda ditanya mau nonton enggak Indonesia-Filipina? Mau banget donk. Terus ditanya sekalian nyanyi yah 2 lagu kebangsaan 1 lagu mas Anang yang beat? Langsung jawab siapppp!! Hehe. Demi @timnas.indonesia. Berdoa banget nanti malem (emotikon Bendera Indonesia) menanggggg,” tulis Ashanty di Instagram Story pada Selasa, 11 Juni 2024.

Lagu “Kebyar-Kebyar” karya Gombloh yang dipopulerkan oleh grup band Cokelat mungkin dipilih mewakili lagu kebangsaan, semenatara “Rindu Ini” lagu Anang yang punya tempo cepat. Para penonton yang hadir di stadion masih bisa menerima saat Anang and Friends menyanyikan lagu “Kebyar-Kebyar”, namun tidak dengan “Rindu Ini” yang dianggap tidak sesuai dengan momen sakral tersebut.

Dan penampilan mereka semalam tidak ada pembayaran alias gratis. Kami murni terlibat sebagai pendukung tanpa ada pembayaran sedikit pun. Karena ini sebagai bentuk cinta kami pada Indonesia khususnya Tim Nasional Indonesia,” tulisnya.

Kehawatiran Anang Hermansyah dan Ashanty Jadi Kenyataan

Salah satu kekhawatiran Anang dan Ashanty adalah ketika panitia meminta mereka membawakan satu lagu milik mereka sendiri, selain lagu kebangsaan. Di luar itu, mereka juga menyanyikan lagu wajib “Indonesia Pusaka” saat paruh waktu yang tidak disiarkan di televisi.

Anang dan Ashanty memilih lagu “Kebyar-Kebar” sebagai lagu kebangsaan yang akan mereka bawakan usai pertandingan. Sementara untuk lagu kedua, dipilihlah “Rindu Ini”. Dua lagu tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari panitia.

Ada perasaan khawatir karena merasa lagu-lagu kami tidak cocok nyanyi di acara tersebut. Namun karena memang kami sangat bangga dan support terhadap Timnas Indonesia, maka kami menerima dan mengikuti semua aturan dan ketentuan dari panitia penyelenggara,” tulisnya.

Saat soundcheck, Anang dan Ashanty masih ragu untuk menampilkan lagu kedua. Tetapi sudah terlanjur masuk dalam rangkaian acara dan tidak bisa dibatalkan. “Salah kita tidak mau push, karena kita tidak mau jadi artis yang nanti dibilang tidak profesional dan banyak maunya,” tulis mereka.

Ashanty dan Anang Hermansyah. Foto: Instagram/@ashanty_ash

Lagu Kedua Dihentikan karena Permintaan Mereka

Anang dan Ashanty juga mengatakan keputusan untuk menghentikan lagu kedua adalah permintaan mereka sendiri. “Bukan diberhentikan tetapi kami yang meminta dihentikan karena suasana yang kami lihat sudah tidak sesuai momentum,” tulis mereka.

Dengan kejadian ini, Anang dan Ashanty berharap panitia penyelenggara bisa memberikan arahan yang lebih lengkap dan jelas. Di sisi lain, keduanya juga merasa bersalah karena tidak melakukan riset terlebih dahulu sebelumnya mengenai tradisi di lapangan sepak bola. “Kami berharap sekali saat pemain ada di lapangan kami diinfo atau di brief, balik lagi ini juga salah kami yang seharusnya mempelajari kultur dan budaya apa yang harus dilakukan saat terjadi hal ini,” tulisnya.

Pilihan Editor: 12 Tahun Menikah, Ini Pesan Cinta Ashanty ke Anang Hermansyah

MARVELA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *