Berita

Mengenal Haji Furoda dan Biayanya di Tahun 2024, Paket Ibadah Haji Pilihan Para Seleb!

×

Mengenal Haji Furoda dan Biayanya di Tahun 2024, Paket Ibadah Haji Pilihan Para Seleb!

Share this article


Ibadah haji termasukurutan ke-5 dalam rukun Islam. Menurut kesepakatan para ulama, ibadah haji hukumnya wajib atau fardhu’ain untuk umat Muslim yang telah memenuhi syarat (islam, baligh, berakal, merdeka, dan mampu). Demikianlah yang dikutip dari Kemendag. 

Namun, pergi haji berbeda dengan saat kamu menyiapkan rencana untuk pergi liburan. Tinggal memesan pesawat hari ini, besok bisa sampai.

Beribadah haji membutuhkan biaya yang besar dan sabar dalam penantiannya. Kenapa sabar? karena ada ribuan hingga jutaan muslim dari seluruh dunia yang ingin berkunjung dan beribadah ke rumah Allah swt. ini. Dengan itulah, pemerintah Arab Saudi menerapkan sistem kuota jamaah yang masuk. 

Di Indonesia sendiri, ada tiga paket haji, yakni Haji Reguler yang membutuhkan penantian 20-30 tahun lebih tergantung provinsi di Indonesia, ada Haji ONH Plus yang membutuhkan waktu 5-9 tahun, dan ada Haji Furoda tanpa penantian lama. 

Nah, banyak selebritas Tanah Air yang beribadah ke Makkah dengan paket haji furoda ini. Untukmu yang belum tahu, simak yuk!

Mengenal Haji Furoda

Potret Makkah/Foto: AP/Rafiq Maqbool

Haji Mujalamah atau yang disebut Haji Furoda merupakan program haji yang mendapat kuota khusus dari Kerajaan Arab Saudi.

Jamaah yang ingin pergi haji dengan paket ini tidak perlu lagi antre bertahun-tahun, karena akan langsung berangkat di tahun yang sama ketika telah menerima visa dari pemerintah Arab Saudi. 

Dijelaskan dalam UU No. 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (UUPIHU), Kemenag tidak menangani program haji furoda. Hal ini karena ibadah haji ini disediakan langsung oleh pemerintah Arab Saudi. 

Lalu, untuk jamaah yang ingin melaksanakan haji furoda harus berangkat melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau perusahaan travel yang telah terdaftar di Kemenag RI.

Langkah ini dilakukan agar pemerintah bisa tetap memonitoring WNI yang melaksanakan ibadah haji. Namun, pelaksanaan haji furoda tidak terkait dan bukan menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia, melainkan tanggung jawab perusahaan yang bertindak sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Untuk waktu ibadah haji reguler dari keberangkatan sampai kepulangan membutuhkan waktu sekitar 30-40 hari. Namun, untuk haji furoda hanya memakan waktu kurang dari sebulan, sekitar 16-24 harian saja, melansir dari berbagai sumber. 


Biaya Haji Furoda di Tahun 2024
Muslim pilgrims circumambulate around the Kaaba, the cubic structure at the Grand Mosque, during the annual hajj pilgrimage, in Mecca, Saudi Arabia, Saturday, June 24, 2023. Muslim pilgrims are converging on Saudi Arabia's holy city of Mecca for the largest hajj since the coronavirus pandemic severely curtailed access to one of Islam's five pillars. (AP Photo/Amr Nabil)

Potret Makkah/Foto: AP/Amr Nabil

Karena program haji yang satu ini ‘spesial’ undangan dari pemerintah Arab, tentu biayanya pun jauh lebih mahal dari paket haji reguler. Diketahui, biaya haji furoda berbeda-beda tergantung paket yang ditawarkan oleh PIHK. 

Ketua Umum Himpunan Penyelenggaa Umrah dan Haji (HIMPUH) Muhammad Firman Taufik mengatakan biaya haji furoda 2024 berada di kisaran USD 23.000-60.000 atau sekitar Rp373,9 juta hingga Rp975,3 juta (kurs Rp16.255).

“(Biaya haji) furoda antara USD 23 ribu sampai dengan USD 60 ribu,” kata Firman, mengutip detikHikmah, Kamis (25/4/2024).

Tentu, besaran biaya ini bervariasi, tergantung dengan sederet program yang ditawarkan oleh agen perjalalanan haji. Mulai dari fasilitas hingga akomodasinya. 

Selebritas yang Gunakan Paket Haji Furoda
Pasangan Aurelie Hermansyah dan Atta Halilintar akan menjalani ibadah haji

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah ibadah haji/Foto: Instagram @aurelie.hermansyah.

Haji furoda tanpa antrean ini banyak dimanfaatkan oleh para selebritas. Selain fasilitas yang bisa membuat nyaman, dengan menggunakan haji furoda pun tak perlu membuat mereka menunggu hingga bertahun-tahun lamanya. 

Di tahun 2024 ini, selebritas yang melangsungkan ibadah haji dengan program haji furoda ada keluarganya Raffi Ahmad-Nagita, termasuk Syahnaz Sadiqah, Nisya Ahmad, Caca Tengker adik Gigi, hingag Mama Rieta.

Ada juga pasangan muda Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Lalu, Tantri Kotak dan Arda Naff pun naik haji dengan visa furoda, setelah mengubah pendaftaran haji dari ONH Plus menjadi furoda. 

Beauties, itu dia mengenai ibadah haji furoda dan biayanya di tahun 2024, serta selebritas di tahun ini yang berangkat dengan haji furoda. Bagaimana, kalo ada rezeki lebih tentu kamu juga mau berangkat dengan paket haji furoda bukan?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *