Berita

5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, dari Madu hingga Lidah Buaya

×

5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, dari Madu hingga Lidah Buaya

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Bekas gigitan nyamuk cukup mengganggu dari segi penampilan dan kondisi kulit, misalnya gatal atau perih. Biasanya bekas gigitan nyamuk akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun jika Sahabat Cantika mau menghilangkan bekas gigitan berwarna merah tersebut, bisa memakai beberapa bahan alami berikut ini, dirangkum dari Healthline.

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk:

1. Oatmeal

Selain enak untuk menu sarapan, oatmeal juga bisa meredakan gatal dan bengkak karena gigitan nyamuk, lho.

Caranya, ambil 2 sendok makan oatmeal serta 2 sendok makan air bersih. Lalu campur hingga berubah bentuk menjadi pasta. Kemudian oleskan pada area kulit yang terkena cokot nyamuk. Diamkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air hangat.

2. Madu

Bahan alami ini sudah digunakan selama ratusan tahun untuk mengobati berbagai penyakit seperti sakit tenggorokan dan kulit kering. Hal ini dikarenakan bahan alami ini memiliki antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat mengatasi luka gigitan nyamuk.

Kamu bisa mengoleskan madu di area kulit yang terkena gigitan nyamuk. Cara ini ampuh untuk mengurangi gatal, sehingga Anda enggak memiliki keinginan untuk menggaruk kulit.

3. Lidah buaya

Tak cuma bermanfaat bagi kecantikan rambut, gel lidah buaya terbukti mengurangi rasa sakit akibat luka bakal hingga menyembuhkan gigitan serangga seperti nyamuk wolbachia.

Anda dapat memotong satu helai lidah buaya, lalu cuci bersih dan potong bagian luar untuk mengambil gel-nya. Lalu balurkan daging lidah buaya tersebut ke bagian kulit yang teriritasi. Tunggu hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

4. Peppermint oil

Merangkum dari jurnal Effectiveness of topical peppermint oil on symptomatic treatment of chronic pruritus tahun 2016 menunjukkan minyak peppermint dapat meredakan gatal karena penyakit jangka panjang seperti diabetes dan kondisi hati. Jadi secara teori, bahan alami ini juga bisa digunakan untuk mengatasi gigitan nyamuk.

Caranya, camperkan minyak peppermint dan olive oil ke area kulit yang terluka. Agar makin cepat pulih, Anda juga dapat menambahkan 3 tetes peppermint oil ke dalam bak mandi yang berisi air hangat ya.

5. Witch hazel

Witch hazel merupakan bahan alami yang bisa kamu beli di apotek. Bahan alami ini diklaim mampu mengurangi peradangan dan mengatasi iritasi akibat gigitan nyamuk wolbachia.

Sahabat Cantika hanya perlu menetaskan 2 tetes witch hazel oil ke kapas. Lalu usap dengan lembut pada bekas gigitan dan tunggu hingga kering.

Itu dia cara meredakan dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: Karakteristik Nyamuk Aedes Aegypti dengan Wolbachia, Tak Lagi Menularkan Virus Dengue

SAHABAT CANTIKA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *