Berita

Jadi Menu Favorit Kopi Kekinian, Ini Perbedaan Karamel dan Butterscotch

×

Jadi Menu Favorit Kopi Kekinian, Ini Perbedaan Karamel dan Butterscotch

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Karamel dan butterscotch adalah dua makanan yang sering dijumpai sebagai bahan hidangan penutup klasik. Bahkan, belakangan ini menjadi favorit signature drink di sejumlah kafe yang menawarkan ragam kopi kekinian. 

Namun, keduanya bahan ini sering diidentikkan sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lantas, apa perbedaan karamel dan butterscotch?

Pertanyaan umum dalam seputar bahan masakan adalah perbedaan antara saus karamel dan saus butterscotch. Sejatinya, keduanya merupakan ramuan gula yang dimasak. Akan tetapi sebagaimana dijelaskan dalam cuisineathome.com perbedaan umum dari keduanya adalah bahan yang digunakan. Karamel dibuat dengan gula pasir, sedangkan butterscotch berbahan dasar gula merah.

Karamel adalah gula yang dipanaskan dan dilelehkan sampai bewarna cokelat tetapi tidak gosong, melansir dari cuisineathome.com. Bahan dasar membuat karamel adalah air, gula pasir, dan sirup jagung. Bahan-bahan tersebut dipanaskan sampai larut.

Dalam proses pengenceran karamel, bisa menggunakan air sedangkan untuk membuat karamel lunak, bisa ditambahkan krim atau susu. Penggunaan karamel dalam makanan dapat digunakan sebagai saus, permen, atau topping.

Merujuk pada asal usul nama “butterscotch” kemungkinan besar mengacu pada istilah penganan kuno ‘to scotch’, yang berarti mencetak atau memotong. Saat pembuat manisan membuat permen ini, prosesnya kemungkinan besar melibatkan proses penilaian atau pemotongan saat produk sedang mendingin sehingga akan lebih mudah untuk dipecah menjadi potongan-potongan yang seragam nantinya.

Butterscotch pada dasarnya adalah campuran gula merah dan mentega yang dilelehkan dan dimasak secara bersama, melansir dari tasteofhome.com. Butterscotch, mengandung lebih banyak mentega dibandingkan karamel. Melansir dari webstaurantstore.com, butterscotch biasanya juga ditambahkan krim dalam adonan tersebut setelah campuran adonan lebih cair (tampak kurang putih) sampai mencapai suhu optimal.

Teknik modern untuk butterscotch menggunakan gula merah dan mentega sebagai dasar untuk menghasilkan rasa yang nikmat dan berbeda. Perbedaannya tidak kentara bagi juru masak zaman modern karena karamel dan butterscotch sering kali menggunakan penambahan bahan lain untuk meningkatkan atau mengubah konsistensi atau tekstur tergantung pada resepnya.

Pilihan Editor:  Menikmati Royal Pudding dari Paris Baguette, Lembut dan Kaya Susu

NAOMY A. NUGRAHENI | S. DIAN ANDRYANTO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *