Berita

4 Manfaat Konsumsi Pepaya Bagi Kesehatan, Termasuk Turunkan Berat Badan!

×

4 Manfaat Konsumsi Pepaya Bagi Kesehatan, Termasuk Turunkan Berat Badan!

Share this article


Apakah kamu suka makan pepaya? Pepaya adalah salah satu buah tropis yang cukup familiar di Indonesia. Buah yang satu ini ternyata nggak cuma enak dan segar, tapi juga punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Yuk, kupas tuntas tentang empat manfaat pepaya yang bikin kamu makin cinta sama buah yang satu ini, termasuk bagaimana pepaya bisa membantu menurunkan berat badan. Simak!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh/Foto: Freepik/Freepik

Pepaya kaya akan vitamin C yang sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada satu buah pepaya ukuran sedang ternyata tersimpan kandungan vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan harian dalam tubuh.

Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, E, dan beberapa jenis antioksidan lainnya yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi. Sebagai bahan referensi, kamu bisa membuat smoothie pepaya dengan tambahan buah-buahan lain untuk minuman sehat yang kaya vitamin.

2. Melancarkan Proses Pencernaan

Melancarkan proses pencernaan/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Pepaya dikenal dengan kandungan serat dan enzim papainnya yang tinggi. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Enzim papain dapat membantu memecah protein dan mempermudah proses pencernaan sehingga mengurangi masalah, seperti sembelit dan kembung. Selain itu, pepaya juga mengandung zat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam sistem pencernaan.

Kamu bisa mengonsumsi pepaya setelah makan berat untuk membantu pencernaan. Minum jus pepaya tanpa gula juga dapat dijadikan sebagai alternatif sehat untuk minuman segar yang sehat.


3. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit/Foto: Freepik/Freepik

Ingin kulit sehat dan glowing? Konsumsi pepaya secara rutin bisa menjadi salah satu solusinya.

Pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang dikenal baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C dapat membantu dalam produksi kolagen yang menjaga kulit tetap elastis dan mencegah keriput.

Sementara itu, vitamin A dan E berperan dalam meregenerasi sel-sel kulit mati dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan masker pepaya alami untuk perawatan kulit wajah juga, loh.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu menurunkan berat badan/Foto: Freepik/Freepik

Salah satu manfaat pepaya adalah membantu menurunkan berat badan. Buah pepaya yang rendah kalori dan kaya serat, membuatnya menjadi pilihan ideal untuk kamu yang sedang menjalani diet. Melansir dari detikHealth, serat dalam pepaya dapat membantu memperlancar pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga kamu nggak mudah tergoda untuk ngemil.

Mulai konsumsi pepaya sebagai camilan sehat atau campurkan dalam salad untuk menu diet harianmu. Jadikan pepaya sebagai sarapan dengan yogurt dan granola untuk awal hari yang sehat. 

Nah, demikian empat manfaat luar biasa dari pepaya untuk kesehatan tubuh, termasuk membantu menurunkan berat badan. Dengan rutin mengonsumsi pepaya, kamu nggak cuma bisa mendapatkan berat badan yang ideal, tapi juga menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kulit tetap sehat. Jadi, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk memasukkan pepaya ke dalam menu harianmu ya, Beauties!

Tetap sehat dan semangat menjalani gaya hidup sehat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *