Berita

Serba-Serbi Minyak Rambut: Jenis, Cara Memilih, Manfaat, dan Cara Pemakaian yang Tepat

×

Serba-Serbi Minyak Rambut: Jenis, Cara Memilih, Manfaat, dan Cara Pemakaian yang Tepat

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Dalam ulasan kecantikan atau beauty kali ini, kita mengulik minyak rambut atau hair oil. Produk perawatan rambut ini memiliki beberapa potensi manfaat dan jenis, dan ada baiknya Anda memilih produk yang paling sesuai dengan rambut dan kulit kepala Anda. Yuk, kita telusuri A to Z seputar minyak rambut.

Jenis-jenis Minyak Rambut

Ada dua jenis minyak untuk rambut, yang pertama adalah minyak pelembap dan yang lainnya adalah minyak penyegel, menurut penata gaya Raven Hurtado. Seperti yang mungkin Anda duga, masing-masing memiliki tujuan berbeda.

“Minyak pelembap baik untuk hidrasi yang intens, dan minyak penyegel menyegel dan mengunci kelembapan yang sudah ada di rambut,” katanya dikutip dari laman Byrdie.

Selain formula yang dipasarkan sebagai minyak rambut khusus, Anda juga dapat menggunakan minyak individual (seperti minyak esensial) pada rambut, beberapa di antaranya mungkin Anda temukan pada produk rambut tertentu.

Cara Memilih Minyak Rambut

Memilih minyak rambut tergantung pada jenis dan tujuan rambut Anda. “Ada banyak jenis minyak rambut, dan tidak ada satu pun yang lebih unggul dari yang lain,” kata dokter kulit bersertifikat Justine Park.

Pemilihan minyak rambut tergantung pada kebutuhan masing-masing individu. Jika rambut rontok, dokter Park merekomendasikan minyak rosemary, karena dikenal dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Namun, jika perhatian utama Anda adalah ketombe , Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pohon teh atau minyak kelapa untuk membantu membatasi jumlah jamur di kulit kepala.

Manfaat Minyak Rambut

Mengingat fakta bahwa ada berbagai macam minyak rambut yang berbeda, manfaatnya juga bervariasi. Meskipun demikian, beberapa keuntungan utamanya adalah sebagai berikut:

1. Dapat mencegah kerusakan

Hal ini berlaku khusus saat Anda menggunakan minyak rambut sebelum keramas. “Dengan minyak pelembap, Anda bisa menggunakannya sebagai pra-perawatan sebelum keramas untuk menutrisi dan melembabkan rambut,” kata Hurtado.

2. Meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut

Minyak rambut dapat menutrisi rambut dan kulit kepala Anda. Hurtado menjelaskan bahwa minyak rambut dapat mengurangi kekeringan, serta kekeringan pada kulit kepala, dan juga meningkatkan kesehatan rambut.

3. Menyegel kelembapan

Minyak rambut yang dibuat untuk “menyegel” dapat mencegah rambut Anda kehilangan kelembapan. “Minyak penyegel menjaga kelembapan pada rambut, melindungi ujung rambut (mengurangi ujung rambut bercabang), dan memberikan kilau,” kata Hurtado.

Di halaman selanjutnya, cara menggunakan minyak rambut beserta efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *