Berita

Calon Bapak Perlu Tahu, Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Mudah Menangis

×

Calon Bapak Perlu Tahu, Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Mudah Menangis

Share this article



Bukan suatu hal yang aneh melihat perempuan yang tengah mengandung memiliki perasaan yang lebih sensitif. Perasaan yang lebih sensitif ini familiar dengan sebutan mood swing.

Faktor ibu hamil lebih sensitif dikarenakan adanya perubahan hormonal. Selama kehamilan, ibu hamil akan merasakan naik turunnya emosional. 

Beauties, memang tidak semua ibu akan mengalami mood swing yang begitu cepat. Namun bagi para calon ibu yang merasakan ‘roller coaster‘ emosional seperti perubahan dari marah, gembira, dan takut, Beauties perlu belajar dan menerima mood swing yang kamu alami selama kehamilan.

Melansir dari National Childbirth Trust (NCT), perubahan hormon yang terjadi pada trimester pertama kehamilan disebabkan meningkatnya kadar hormon progesteron dan estrogen. Umumnya, ditandai seperti kelelahan, sakit, suasana hati berubah-ubah, sering menangis, dan mudah tersinggung. Tenang saja Beauties, bila tubuhmu sudah mulai beradaptasi tanda-tanda tersebut akan hilang dengan sendirinya, kok. 




Ilustrasi hamil/Foto: Freepik.com/drobotdean

Selanjutnya pada trimester kedua dan ketiga, ibu hamil akan mengalami mood swing disebabkan oleh faktor perubahan bagian tubuh yang mulai melebar. Mengutip dari Hai Bunda, perubahan hormon juga menjadi faktor penyebab mood swing yang dialami selama kehamilan pada trimester kedua dan ketiga ini.

Beauties, kamu perlu waspada jikalau kamu keseringan mengalami perasaan sensitif sampai menangis. Apalagi perasaan ini dibarengi dengan adanya tanda-tanda depresi seperti kurang nafsu makan, kurang tidur, cemas, dan bahkan sampai ingin melukai diri sendiri ya.

Apabila perasaan suasana hati sudah menjuru ke arah depresi sebaiknya kamu periksa ke dokter ya, Beauties. Hal ini agar kamu mendapatkan perawatan yang tepat.

Perubahan mood yang dialami kamu sebagai ibu hamil merupakan efek yang normal kok, Beauties. Akan tetapi jika perubahan suasana hati mengganggu aktivitas sehari-hari, ada beberapa kegiatan preventif yang bisa kamu lakukan nih. Melansir dari Healthline, berikut langkah-langkah yang bisa membantumu saat mengalami mood swing:

  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Berolahraga Istirahat yang cukup
  • Komunikasikan apapun dengan suami tercinta
  • Positif thinking
  • Konsultasi dengan dokter

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.

(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *