Berita

Raline Shah Terpesona Batik Sejak Kecil, Proses Membuatnya Lama dan Sulit

×

Raline Shah Terpesona Batik Sejak Kecil, Proses Membuatnya Lama dan Sulit

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Aktris, Raline Rahmat Shah atau akrab disapa Raline Shah baru saja kembali dari perhelatan bergengsi Festival Film Cannes 2024 yang digelar 14-24 Mei lalu. Raline berkesempatan untuk memenuhi undangan dari Francois-Henri Pinault, Presiden Direktur dari Kering Group untuk menghadiri 2024 Kering Women In Motion Awards and Cannes Film Festival Presidential Dinner. 

Selama menghadiri berbagai acara dan pertemuan, Raline dengan bangga mengenakan koleksi Wastra Nusantara dari para desainer lokal. Salah satunya saat Raline mengenakan kain batik dari koleksi Iwan Tirta Private Collection dalam motif Sekar Peksi Asmoro warna moka yang melambangkan kesejahteraan dan harmoni.

“Sambutannya sangat baik, banyak sekali teman-teman di luar sana yang hadir  ingin tahu dengan desain batiknya, proses membatik dan yang membedakan batik kita dengan batik-batik dari negara tetangga yang lain. Aku bangga sekali bisa menampilkan sisi Indonesia dari budaya seni kita,” saat ditemui di acara Bincang Santai Bareng Seputar Fashion dan Film di Cannes Film Festival 2024 di Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024.

Mengapa Iwan Tirta yang ia pilih, juga ada cerita di baliknya. Menurut Raline siapa yang tidak tahu batik Iwan Tirta yang begitu tersohor. “Tapi pada awalnya saya tertarik Batik Iwan Tirta karena saya ingat waktu kecil artis pertama yang pernah ke Cannes itu Ibu Christine Hakim dan dia itu menggunakan Iwan Tirta batik pada saat itu. Malah aku sempat menanyakan bisa enggak kita pakai batik yang sama dengan ibu Christine,” papar Raline. 

Raline Shah Hadiri “2024 Kering Women In Motion Awards and Cannes Film Festival Presidential Dinner/Foto: Doc. Raline Shah

Terpesona Batik Sejak Kecil 

Perempuan kelahiran  4 Maret 1985 ini  mengatakan sudah tertarik Batik sejak masih sekolah di Medan. Saat itu di sekolahnya terdapat mata pelajaran membatik. “Kami belajar proses pembuatan batik itu sendiri sih, mulai pegang canting, pakai wax atau lilin yang bikin aku jadi paham ternyata bikin batik itu sulit, enggak semudah yang kita kira dan ini sangat identik dengan Indonesia. Budaya yang harus lestarikan dan support,” ucap pemeran dalam film Surga yang Tak Dirindukan ini. 

Sebagai pekerja seni dan figur publik, lanjut Raline kita selalu dan harus bila ada kesempatan pakai Batik. “Kita punya punya ini batik, kenapa enggak kita banggakan, kenapa enggak kita pakai dan sekarang kan batik sudah desainnya juga sangat elevate, kan. Hampir setiap acara fashion show pasti ada yang memamerkan koleksi Batik, berarti memang demand-nya banyak,” ucap dia. 

“Memori soal batik yang masih aku ingat waktu semua presiden dari seluruh dunia menggunakan batik Iwan Tirta itu rasanya legendaris dan ikonik. Mungkin umur aku masih 8 tahun atau 9 tahun. Aku ingat banget waktu Bill Clinton mengomentari Batik dengan rasa kagum.”

Pilihan Editor: Raline Shah bagi Tips Pola Makan Sehat, Minum Jamu dan Jus Seledri

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *