Berita

5 Ide Tempat Seru untuk Liburan Sekolah Anak, Ramah di Kantong Bahkan Gratis!

×

5 Ide Tempat Seru untuk Liburan Sekolah Anak, Ramah di Kantong Bahkan Gratis!

Share this article


Liburan sekolah segera tiba! Saatnya memberikan rekreasi yang menyenangkan untuk anak-anak yang kerap berkutat dengan kegiatan di sekolah. Liburan juga menjadi momen menciptakan kenangan menyenangkan untuk anak-anak. Maka tak heran, orang tua akan merencanakan liburan seru bagi anak-anaknya, ada yang pergi ke tempat-tempat mahal hingga ke luar negeri.

Meski begitu, mengajak anak liburan di tempat-tempat yang ramah di kantong juga tak kalah menarik untuk dicoba. Berikut ini, 5 ide tempat seru untuk liburan anak yang tidak menguras dompet bahkan gratis. Di mana saja ya?

1. Taman/Alun-Alun Kota

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Taman atau Alun-Alun Kota bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan sekolah. Taman atau Alun-Alun Kota biasanya menyediakan ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati gratis oleh masyarakat.

Anak-anak bisa bebas bermain dan berlarian di lapangan, melakukan aktivitas menyenangkan, seperti bermain bola plastik, bermain gelembung udara, atau yang lainnya. Tak hanya itu, untuk lebih menghemat kantong, membawa bekal bisa menjadi solusi dan juga bisa melakukan piknik bersama keluarga.


2. Museum

Ilustrasi/Foto: freepik.com/bearfotos

Liburan sekolah menjadi momen untuk menambah pengetahuan anak. Ajak anak ke museum di daerahmu. Banyak hal positif mengajak anak-anak ke Museum, diantaranya menambah wawasan, melestarikan budaya, hingga mendorong kreativitas anak.

Museum juga kerap melakukan workshop yang bisa diikuti oleh pengunjung museum. Museum bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang murah bahkan gratis lho, Beauties.

3. Perpustakaan

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Perpustakaan menjadi salah satu tempat yang bisa menjadi wisata edukasi saat liburan sekolah. Meski mungkin terdengar tidak biasa di masa liburan namun selain gratis, mengajak anak ke perpustakaan saat liburan sekolah juga memiliki berbagai manfaat, seperti anak bisa mendapat informasi baru dari buku-buku yang dibaca, memberikan pengalaman baru tentang cara meminjam buku atau menjadi anggota perpustakaan. Perpustakaan juga kerap mengadakan acara yang bisa diikuti oleh anak-anak dan keluarga, seperti membaca nyaring, mendongeng, dan sebagainya.

4. Camping

Ilustrasi/Foto: freepik.com/prostooleh

Ingin mengajarkan anak ilmu survival? Keluarga bisa melakukan camping bersama di alam terbuka. Saat ini banyak tempat-tempat camping yang disewakan dengan harga terjangkau. Orang tua bisa mengajarkan anak lebih dekat dengan alam, menghilangkan stres, bonding dengan orang tua, hingga mengajarkan anak menjadi lebih mandiri. 

 

5. Pantai

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Mengajak anak ke pantai juga menjadi salah satu liburan yang menyenangkan. Anak bisa bebas bereksplorasi. Pantai juga merupakan tempat yang kaya untuk sensori indera, mulai dari mendengarkan suara ombak, bermain pasir, mencium bau laut, dan pemandangan yang indah. Selain itu, berlibur ke pantai juga sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Nah, itulah 5 ide tempat seru yang ramah di kantong bahkan gratis yang bisa dikunjungi saat liburan sekolah, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *