Berita

Tips & Trik Mengolah Daging Sapi agar Empuk Saat Dimasak, Ada 3 Cara!

×

Tips & Trik Mengolah Daging Sapi agar Empuk Saat Dimasak, Ada 3 Cara!

Share this article


Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Hal itu membuat makanan Indonesia banyak digemari.

Bahkan pada tahun 2017 CNN Internasional menetapkan rendang sebagai makanan terenak di dunia. Rendang merupakan olahan daging sapi yang dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah. Selain diolah sebagai rendang, kamu juga bisa mengolah daging sapi dengan cara membuatnya menjadi dendeng, gulai, sate, atau memasukkan potongan daging ke dalam sup.

Namun, dalam mengolah daging sapi sering sekali terjadi kendala yaitu daging yang alot dan tidak empuk. Beauties tak perlu khawatir, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat daging sapi agar terasa empuk saat dimasak. Yuk ikuti 3 cara berikut untuk membuat daging sapi terasa empuk dan lezat saat dimasak.

1. Gunakan Bumbu Marinasi

Ilustrasi daging sapi/Foto: freepik.com/lifeforstock

Potongan daging yang alot sangat sulit untuk dimakan. Sebelum memasak, kamu bisa marinasi daging terlebih dahulu. Gunakan bahan-bahan yang mengandung asam seperti jeruk lemon, jeruk nipis, dan cuka.

Lemon memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga dapat menguraikan serat otot pada daging sapi dan membuatnya lebih empuk sebelum dimasak. Caranya lumuri daging dengan air jeruk lemon secara merata dan diamkan beberapa saat.

2. Teknik Merebus 17 Menit

Ilustrasi merebus/Foto: pixabay.com/MYCCF

Kamu bisa mencoba teknik memasak 17 menit pada daging sapi agar empuk. Ikuti langkah-langkah berikut yang dibagikan oleh akun YouTube Hilsa Maspupah.

  • Siapkan daging sapi yang sudah dipotong.
  • Masukkan daging sapi kek dalam wadah berisi air, pastikan daging sapi benar-benar terendam.
  • Panaskan di atas api kompor dan diamkan selama 7 menit.
  • Setelah 7 menit, matikan api kompor dan tunggu 5 menit (tanpa membuka tutup panci).
  • Nyalakan kembali api dan rebus daging selama 5 menit.
  • Ulangi langkah di atas sebanyak 2 kali.

Jika sudah, daging sapi yang empuk bisa langsung kamu masak.


3. Masak Dengan Api Kecil

Ilustrasi memanggang daging/Foto: freepik.com/DC Studio

Kamu mungkin merasa tidak sabar ingin segera mengolah daging sapi menjadi berbagai macam masakan sehingga kamu memasaknya dengan api besar agar daging cepat matang.

Untuk menghasilkan daging yang empuk sebaiknya kamu masak daging menggunakan api kecil. Saat merebus potongan daging, kolagen mulai terurai di dalam air rebusan dan membuat serat otot yang keras terpisah. Pastikan kamu memasak daging di atas api kecil agar daging yang dihasilkan empuk.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *