Berita

3 Cara Jitu yang Bikin Otak Makin Cerdas dan Tajam Menurut Dokter Praktik Tertua di Dunia

×

3 Cara Jitu yang Bikin Otak Makin Cerdas dan Tajam Menurut Dokter Praktik Tertua di Dunia

Share this article


Otak membutuhkan ‘latihan’ agar tetap tajam. Seperti kita tahu, seiring bertambahnya usia, fungsi organ tubuh dan jaringan akan semakin berkurang dan tidak seoptimal saat muda, termasuk otak. Beberapa area di otak mungkin menyusut, komunikasi antar neuron menjadi kurang efektif, dan aliran darah mungkin menurun.

Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga otak tetap cerdas dan tajam?

Seorang dokter tertua di dunia berusia 102 tahun bernama dr. Howard Tucker membagikan rahasianya dalam menjaga ketajaman otak.

Dilansir dari CNBC Make Ini, ini 3 ritual wajib yang dilakukan dr. Howard Tucker untuk menjaga agar otaknya tetap tajam dan cerdas di usia senja.


Menjaga Otak Tetap Aktif

3 Cara Jitu yang Bikin Otak Makin Cerdas dan Tajam Menurut Dokter Praktik Tertua di Dunia/Foto: Freepik

Menjaga otak tetap aktif adalah salah satu cara untuk menjaga ketajamannya, salah satunya adalah dengan bekerja.

Penelitian menunjukkan hubungan antara pensiun dan peningkatan penurunan kogniitif. Hal ini membuat dr. Howard masih bekerja hingga saat ini, di usianya yang mencapai 102 tahun.

dr. Howard dinobatkan sebagai dokter praktik tertua di dunia oleh Guinness World Records. Sara, istri dr. Howard yang berusia 66 tahun, juga masih melakukan praktik psikoanalisis dan psikiatri pada usia 89 tahun.

Pekerjaan dr. Howard mengharuskan dirinya meninjau sejumlah subjek medis dan memikirkan masalahnya. Mengikuti perkembangan terkini di bidang neurologi membuat otaknya tetap sibuk.

Menjadi sukarelawan, menekuni hobi, dan mempelajari keterampilan baru dapat memberikan rangsangan mental yang luar biasa. Di awal usia 60-an, dr. Howard menekuni sekolah hukum pada malam hari, usai ia bekerja seharian sebagai seorang dokter. Pada usia 67 tahun, dr. Howard lulus Ujian Pengacara Ohio.

Rajin Membaca
Ilustrasi Perempuan Membaca Buku/Freepik

3 Cara Jitu yang Bikin Otak Makin Cerdas dan Tajam Menurut Dokter Praktik Tertua di Dunia/Foto: Freepik

Dilansir dari Healthline, membaca buku memiliki beragam manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, termasuk untuk menjaga ketajaman otak. Membaca dapat meningkatkan kemampuan berempati, mengurangi stres, membangun kosa kata, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan pemindaian MRI, para peneliti telah mengonfirmasi bahwa membaca melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks di otak. Seiring dengan semakin matangnya kemampuan membaca, jaringan tersebut juga menjadi semakin kuat dan canggih.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, para peneliti menggunakan pemindaian MRI fungsional untuk mengukur efek membaca novel pada otak. Peserta penelitian membaca novel “Pompeii” selama 9 hari. Ketika ketegangan muncul dalam cerita, semakin banyak area otak yang menyala dengan aktivitas.

Pemindaian otak menunjukkan bahwa selama periode membaca dan beberapa hari setelahnya, konektivitas otak meningkat, terutama di korteks somatosensori, bagian otak yang merespons sensasi fisik seperti gerakan dan rasa sakit.

Menurut dr. Hoaward, membaca buku, baik fiksi maupun nonfiksi, membuat otak kita memproses sejumlah besar informasi baru.

“Saya percaya membaca buku adalah kunci untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam,” ujarnya.


Menjaga Hubungan Sosial
Ilustrasi makan bersama teman/Foto: freepik.com/freepik

3 Cara Jitu yang Bikin Otak Makin Cerdas dan Tajam Menurut Dokter Praktik Tertua di Dunia/Foto: freepik.com/freepik

Penelitian menunjukkan bahwa hubungan sosial yang kuat dapat membantu menjaga memori dan fungsi kognitif kita, Beauties.

Namun, di usia dr. Howard yang tak muda lagi, banyak teman terdekat, anggota keluarga, hingga koleganya yang telah meninggal dunia. Namun, ia mengaku beruntung karena pekerjaannya memungkinkan dirinya membangun hubungan dengan rekan-rekan yang lebih muda.

Selain itu, dr. Howard dan istrinya juga sering makan malam bersama orang-orang di komunitas mereka.

“Setidaknya dua kali seminggu, kami makan bersama putri saya dan suaminya serta putra saya dan istrinya. Kami juga senang mencoba restoran baru bersama teman dan kolega,” ungkapnya.

Beauties, itulah beberapa rahasia dokter praktik tertua di dunia untuk menjaga otak tetap cerdas. Yuk, terapkan mulai sekarang!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *