Berita

Sesuai Sama Karakternya, Ini 5 Profesi yang Cocok untuk Tipe Kepribadian ISTJ

×

Sesuai Sama Karakternya, Ini 5 Profesi yang Cocok untuk Tipe Kepribadian ISTJ

Share this article


Pernah dengar tentang tipe kepribadian ISTJ? ISTJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian dalam sistem Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang cukup populer,lho.

Singkatan dari Introverted, Sensing, Thinking, Judging, ISTJ menggambarkan individu yang terkenal dengan ketelitian, rasa tanggung jawab yang tinggi, serta kemampuan dalam mengikuti aturan dan prosedur dengan ketat. Mereka adalah tipe orang yang suka segala sesuatu berjalan sesuai rencana dan sangat detail-oriented. 

Nah, buat kamu yang merasa punya kepribadian ISTJ, yuk simak profesi apa saja yang cocok untuk tipe kepribadian ini dilansir dari 16Personalities.

1. Akuntan

Akuntan/ Foto: pexels.com/Mikhail Nilov

Akuntan adalah seseorang yang mencatat transaksi keuangan dan menyiapkan laporan keuangan. Mereka perlu mampu mencatat informasi yang kompleks dengan akurat dan mengikuti prosedur tertentu.

Profesi akuntan sangat cocok untuk ISTJ karena membutuhkan perhatian terhadap detail dan ketelitian. Sebagai akuntan, ISTJ akan merasa nyaman dengan rutinitas, prosedur yang jelas, dan lingkungan kerja yang terstruktur.

2. Data Analyst

Data Analyst/ Foto: freepik.com/pressfoto

Profesi data analyst adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menganalisis data secara mendalam untuk mendapatkan wawasan yang mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. ISTJ cocok dengan profesi ini karena akan cermat dalam menganalisis data, memastikan tidak ada kesalahan atau kehilangan informasi penting.

ISTJ juga cenderung menggunakan logika dalam pengambilan keputusan. Mereka akan mampu menyimpulkan informasi dari data yang ada dengan cara yang logis.


3. Pengacara

Pengacara/ Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk

ISTJ menggunakan logika dalam memahami dan menganalisis situasi hukum. Mereka mampu menyusun argumen yang kuat dan konsisten berdasarkan fakta dan bukti yang ada.

Selain itu, ISTJ cenderung menghormati aturan dan kode etik yang berlaku. Mereka akan bekerja sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku dan memastikan bahwa klien mereka tidak melanggar hukum.

4. Dokter

Dokter/ Foto: pexels.com/Gustavo Fring

Tipe kepribadian ini cenderung teguh dalam pendirian mereka dan mampu membuat keputusan yang rasional. Hal ini penting dalam menghadapi situasi medis yang memerlukan keputusan cepat dan tepat. 

ISTJ juga sangat teliti dan konsisten dalam melakukan tugas. Dalam praktik medis, hal ini penting untuk mencegah kesalahan dalam diagnosis dan pengobatan.

5. Auditor

Auditor/ Foto: freepik.com/pressfoto

Karena sifatnya yang detail, mereka akan cermat dalam meneliti dan menganalisis informasi keuangan, memastikan tidak ada kesalahan atau kecurangan yang terjadi.  

ISTJ menyukai struktur dan rutinitas. Dalam audit, ada prosedur dan langkah-langkah yang harus diikuti, yang cocok dengan preferensi ISTJ untuk kerja yang terstruktur.

Itu dia 5 profesi yang cocok dengan tip kepribadian ISTJ. Mana profesi yang Beauties minati?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *