Berita

5 Bahan Alami untuk Bantu Atasi Menstruasi Tidak Teratur

×

5 Bahan Alami untuk Bantu Atasi Menstruasi Tidak Teratur

Share this article


Semua perempuan sudah pasti akan mengalami menstruasi setiap bulannya dan siklus menstruasi sendiri memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Siklus menstruasi yang teratur bisa menjadi salah satu indikator kesehatan perempuan. Namun, ada kalanya kita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan hal ini kadang membuat kita stres.

Siklus menstruasi yang tidak teratur dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit tidak menular seperti kanker ovarium, hipertensi, gangguan kardiovaskular, diabetes tipe 2, masalah kesehatan mental, dan peradangan kronis yang menyebabkan kematian dini.

Namun, kamu tidak perlu panik, karena ada beberapa bahan alami yang bisa membantu kamu mengatasi hal ini. Berikut 5 di antaranya seperti yang telah dilansir dari Emedihealth.

1. Jahe





Jahe/Foto: Freepik.com

Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satu manfaatnya adalah mengatur siklus menstruasi. Jahe mengandung gingerol yang membantu kontraksi rahim dan menyeimbangkan hormon sehingga mampu mengatur siklus menstruasi.

Jahe juga memiliki sifat antiinflamasi yang berperan dalam mengatur siklus menstruasi. Ada satu penelitian yang mengungkapkan bahwa jahe juga bisa mengurangi perdarahan saat menstruasi.

2. Pepaya

Bahan-bahan alami untuk atasi menstruasi yang tidak teratur/Foto: Freepik.com

Pepaya merangsang kontraksi pada rahim dan bisa membantu memperlancar menstruasi. Karoten yang di dalam pepaya merangsang hormon estrogen untuk memperlancar menstruasi yang tidak teratur.

3. Daun Rasberi




Bahan-bahan alami untuk atasi menstruasi yang tidak teratur
Daun rasberi/Foto: Freepik.com/Rawcomposer

Daun rasberi mengandung zat-zat yang bisa membantu mengatur siklus menstruasi dan meredakan gejala-gejala menstruasi yang tidak teratur. Daun rasberi juga bisa membantu mengendurkan otot polos rahim sehingga bisa membantu jika timbul nyeri yang berhubungan dengan menstruasi tidak teratur.


4. Kunyit

Bahan-bahan alami untuk atasi menstruasi yang tidak teratur/Foto: Freepik.com/alexanruiz

Kandungan kurkumin dalam kunyit bisa mengurangi peradangan dan memperbaiki suasana hati saat menjelang atau selama menstruasi berlangsung. Selain itu, kunyit juga memiliki efek yang mirip seperti hormon estrogen sehingga bisa membantu memperlancar siklus menstruasi.

5. Kayu Manis




Bahan-bahan alami untuk atasi menstruasi yang tidak teratur
Kayu manis/Foto: Freepik.com/spayder_1979

Kayu manis dipercaya bisa membantu mengatur kadar hormon insulin dalam tubuh di mana hormon tersebut bisa memengaruhi siklus menstruasi. Karena manfaatnya ini, kayu manis sering dijadikan sebagai ramuan pelancar menstruasi, khususnya bagi penderita PCOS yang sering kali memiliki kadar insulin tinggi dan mengalami menstruasi tidak teratur. Selain itu, kayu manis juga bisa membantu mengurangi nyeri saat menstruasi.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan ketika siklus menstruasi kamu sedang tidak teratur. Biasanya, siklus menstruasi yang tidak teratur terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 40 hari. Namun, perdarahan yang berlangsung lebih dari 10 hari juga bisa dianggap sebagai siklus menstruasi yang tidak teratur.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *