Berita

2 Kisah Tragis Akibat Konsumsi Makanan Pedas ‘Paqui One Chip Challenge’

×

2 Kisah Tragis Akibat Konsumsi Makanan Pedas ‘Paqui One Chip Challenge’

Share this article


Mukbang dan tantangan makan makanan pedas sudah menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. Meskipun menarik dan kekinian, challenge semacam ini tidak disarankan untuk orang-orang yang tidak kuat mengonsumsi makanan pedas. Sebab, akan berakibat fatal seperti pada kasus-kasus berikut.

1. Korban Meninggal karena Paqui Challenge

Paqui One Chip Challenge/Foto: CNN.com

Dilansir dari NBC News, pada September 2023 lalu, seorang remaja Massachusetts yang mengikuti tantangan keripik tortilla pedas Paqui di media sosial meninggal karena menelan terlalu banyak ekstrak cabai, menurut laporan otopsi yang diperoleh The Associated Press. Tercatat bahwa penyebab kematiannya adalah serangan jantung dan paru akibat konsumsi zat makanan dengan konsentrasi capsaicin tinggi.

Anak laki-laki berusia 14 tahun tersebut juga mengalami pembesaran jantung dan kelainan jantung bawaan. Penyebab kematian ditentukan pada 27 Februari, dan sertifikat kematian diserahkan ke kantor panitera kota pada 5 Maret. Segera, Produsen keripik tersebut, Paqui, meminta pengecer untuk berhenti menjual produknya setelah kematian Harris.

Sebagai informasi, Paqui adalah keripik yang dikemas dalam kotak berbentuk peti mati yang berisi peringatan bahwa keripik tersebut hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Sebab, Paqui mengandung rasa pedas yang sangat dahsyat dan dapat menyebabkan penyakit pada yang tidak kuat pedas.

Meski sudah diberi peringatan seperti itu, anak-anak tidak kesulitan membeli keripik Paqui. Ada laporan dari seluruh negara mengenai remaja yang jatuh sakit setelah mengikuti tantangan ini, termasuk tiga siswa sekolah menengah California yang dilarikan ke rumah sakit. Paramedis dipanggil ke sebuah sekolah di Minnesota ketika tujuh siswanya jatuh sakit setelah mengikuti tantangan tersebut.

2. Irfan Hakim Masuk RS karena One Chip Challenge

Irfan Hakim/Foto: Instagram/@irfanhakim75

Pada tahun 2022, selebriti tanah air, Irfan Hakim, juga sempat menjadi korban dari challenge makanan pedas hingga harus dilarikan ke rumah sakit, Beauties.

Dikutip dari detikHealth, dia diberitakan mengalami sakit perut hebat, muntah-muntah, dan tidak berhenti buang air usai mengonsumsi keripik terpedas bersama para karyawannya. Bahkan, beberapa karyawannya ada yang sampai pingsan dan turut dilarikan ke rumah sakit.


Penjelasan Dokter tentang Bahaya Makanan Pedas

Makanan pedas/Foto: Pexels/Paul

Masih dari detikHealth, Dokter spesialis penyakit dalam di RS Brawijaya Depok, dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, mengatakan bahwa makanan dengan rasa yang sangat pedas dapat menyebabkan iritasi pada lambung, sehingga memicu rasa nyeri yang sangat sakit di lambung.

Pun, apabila sudah terjadi iritasi pada lambung, seseorang bisa saja mengalami kondisi yang lebih serius, seperti erosi hingga perlukaan yang menyebabkan perdarahan di lambung.

Nah Beauties, itu dia kisah tragis akibat makan pedas. Kenali tubuhmu sendiri dan jangan sampai dari ‘iseng’ berujung membahayakan ya!

*** 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.



(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *