Berita

6 Kebiasaan Ala Orang Jepang yang Bikin Bahagia dan Panjang Umur, Yuk Ikuti Sekarang!

×

6 Kebiasaan Ala Orang Jepang yang Bikin Bahagia dan Panjang Umur, Yuk Ikuti Sekarang!

Share this article


Beauties, pernahkah terpikirkan olehmu mengapa mayoritas orang Jepang sangat sehat dan berumur panjang? Dari banyaknya aspek positif yang ada dalam budaya Jepang, terdapat beberapa kebiasaan khusus yang berkontribusi terhadap kesehatan dan umur panjang penduduknya.

Kamu pun bisa mencoba kebiasaan-kebiasaan tersebut untuk membuktikan perubahan besar dalam hidupmu.

Melansir dari Your Tango, berikut kebiasaan-kebiasaan orang Jepang yang bisa membuat hari-harimu menjadi lebih sehat dan menyenangkan.

Bangun Pagi




Ilustrasi/Foto : Freepik/ Lifeforstock

Orang Jepang terkenal dengan kebiasaannya selalu bangun pagi. Jaman dahulu, mereka terbiasa bangun pagi setiap hari dan memuja matahari. Alasan memuja matahari ini adalah karena matahari merupakan dewa tertinggi di Jepang dalam agama Shinto. Namun, kebiasaan memuja matahari ini sudah mulai luntur.

Meski begitu, kebiasaan bangun tidur di pagi hari masih terus berjalan karena hal ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dengan terpapar sinar matahari pagi, kamu bisa meningkatkan produktivitas, fungsi kognitif, dan merasa lebih terjaga sepanjang hari. Selain itu, bangun lebih awal juga memberikan kamu waktu ekstra untuk bersiap-siap sehingga dapat menurunkan stres.

Latihan Harian dengan Radio Taiso
This picture taken on May 25, 2021 shows people taking part in a morning 'radio taiso' exercise at a park in Tokyo. - It might not make the cut for Olympians at Tokyo 2020, but each day in Japan's parks, schools and offices millions perform the country's most popular stretching routine: radio taiso.
 - TO GO WITH Oly-2020-2021-Japan-health-exercise-virus-taiso,FOCUS by Ayaka McGill and Katie Forster (Photo by Kazuhiro NOGI / AFP) / TO GO WITH Oly-2020-2021-Japan-health-exercise-virus-taiso,FOCUS by Ayaka McGill and Katie Forster (Photo by KAZUHIRO NOGI/AFP via Getty Images)

Radio Taiso/Foto: AFP via Getty Images/KAZUHIRO NOGI

Pernahkah kamu mendengar kata Radio Calisthenics atau Radio Taiso? Ini adalah latihan umum yang bisa kamu lihat saat pagi hari di Jepang. Radio Taiso merupakan komposisi dari banyak peregangan dan gerakan yang kamu lakukan dengan mengikuti sebuah lagu.

Adapun beberapa gerakan umum yang bisa kamu ikuti, seperti berdiri tegak dan meregangkan seluruh tubuhmu. Peregangan ini mencakup area punggung, lengan, dan kaki. Gerakan lainnya yakni menekuk lutut, memutar lengan, merentangkan kaki, dan mengayunkan lengan ke samping.

Walaupun tergolong sebagai olahraga ringan, olahraga ini mampu memberikan dampak signifikan pada umur panjang dan kesehatan mental. Ini karena dapat melepaskan endorfin yang mampu melawan depresi dan kecemasan. Itulah mengapa Jepang termasuk salah satu negara dengan penduduk yang berumur panjang.

Mandi Air Hangat Setiap Hari
Mandi Air Hangat/ Foto : Freepik/Lifeforstock

Ilustrasi/Foto : Freepik/Lifeforstock

Beauties, hampir setiap rumah di Jepang memiliki bak mandi dan terdapat sumber air panas. Orang Jepang dikenal sangat menghargai waktu mandi. Sementara penelitian menunjukkan bahwa mandi secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi stres.

Adapun beberapa manfaat mandi air hangat bagi kesehatan, seperti peningkatan sirkulasi dan aliran darah, relaksasi otot, mengurangi strss, dan meningkatkan kualitas tidur. Mandi juga akan menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Jadi, kamu akan merasa lebih rileks setelah mandi.


Konsumsi Matcha

Konsumsi Matcha/Foto: Unsplash/Jason Leung

Matcha terkenal sebagai salah satu minuman yang kaya manfaat bagi kesehatan. Journal of Clinical Bichemistry and Nutrition menyebutkan bahwa asupan matcha berkorelasi dengan rendahnya risiko penyakit kardiovaskulat dan sindrom metabolic. Matcha juga mengandung kalsium dan serat tinggi, serta antioksidan katekin.

Orang Jepang biasanya selalu minum matcha setiap pagi untuk memulai hari dan membantu merasa lebih rileks. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kinerja kerja sepanjang hari. Menariknya, konsumsi matcha secara teratur juga bisa meningkatkan laju metabolisme, sehingga berat badan pun terjaga.

Mendaki Gunung
Foto: Mendaki gunung/Unsplash.com

Mendaki Gunung/Foto: Unsplash

Tahukah kamu? Paparan rutin terhadap lingkungan alam, seperti gunung, dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan fisik, lho. Beberapa orang percaya bahwa mendaki gunung (hiking) menjadi salah satu faktor kunci yang berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat Jepang. Hal ini didukung dengan banyaknya pegunungan yang ada di Jepang.

Makanan yang Seimbang
Japanese Breakfast.

Makanan yang Seimbang/Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

Makanan Jepang dianggap sebagai makanan sehat karena menawarkan keseimbangan nutrisi yang baik. Budaya Jepang terkait makanan ini bahkan diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada tahun 2013, lho.

Makanan Jepang biasanya terdiri dari satu sup dan tiga lauk pauk. Nasi sebagai hidangan utama mengandung banyak karbohidrat. Ikan atau produk kedelai mengandung banyak protein dan sayuran yang direbus atau diasamkan menawarkan vitamin dan mineral tinggi.

Sementara makanan fermentasi seperti miso dan natto berperan untuk melancarkan pencernaan. Dengan cara ini, makanan Jepang adalah contoh pola makan seimbang yang bisa membantu kamu agar tetap awet muda dan sehat.

Beauties, memulai kebiasaan seperti orang Jepang memang menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Namun, kamu tetap bisa memulainya dengan memilih salah satu kebiasaan yang cocok dengan kehidupanmu. Dengan begitu, kamu bisa menjadi versi dirimu yang lebih sehat dan bahagia seperti orang Jepang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *