Berita

Cara Menggunakan Body Scrub yang Tepat Agar Terasa Manfaatnya, Cek Kamu Sudah Benar?

×

Cara Menggunakan Body Scrub yang Tepat Agar Terasa Manfaatnya, Cek Kamu Sudah Benar?

Share this article


Cara Memakai Body Scrub yang Benar

Cara Memakai Body Scrub yang Benar/Foto: Freepik

Sebelum mengaplikasikan body scrub, penting untuk memastikan bahwa langkah-langkahnya dilakukan dengan benar. Seperti penggunaan produk skincare pada wajah, memahami urutannya akan membantu memaksimalkan manfaatnya dan mencegah hal yang tidak diinginkan.

Nah, beauties, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini:

Mandi atau Berendam Air Hangat

Sebelum memulai eksfoliasi tubuh, pastikan kulit dipersiapkan dengan baik yakni dengan mandi terlebih dahulu. Kamu bisa gunakan mandi air hangat atau berendam air hangat.

Tujuan mandi sebelum scrub adalah guna mengangkat minyak dan kotoran di permukaan kulit sekaligus membuka pori-pori kulit sehingga proses eksfoliasi bekerja dengan efektif. Jika berendam, pastikan tidak terlalu lama, dikhawatirkan menimbulkan kulit kering.

Oleskan Scrub ke Kulit Lembab

Setelah mandi atau berendam, keringkan tubuh dengan lembut, namun pastikan tidak terlalu kering. Menjaga tubuh dalam kondisi yang sedikit lembab akan meningkatkan efektivitas scrub dan mencegah iritasi kulit. 

Selanjutnya, oleskan scrub ke seluruh tubuh, mulai dari dada, perut, tangan, punggung, bokong, hingga kaki.

Pijat Perlahan dengan Gerakan Memutar

Saat mengoleskan scrub ke tubuh, pastikan untuk melakukan pijatan dengan gerakan memutar dan merata selama 5-10 menit. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses pengelupasan sel-sel kulit mati secara maksimal. 

Dengan melakukan pijatan yang benar, kotoran dan kandungan scrub akan lebih mudah terserap oleh kulit, sementara tubuh juga akan merasa lebih rileks.

Bilas dengan Air Dingin

Setelah mengoleskan scrub dan mendiamkannya selama 10 menit, kamu dapat membilasnya dengan menggunakan air dingin.  Tidak perlu lagi menggunakan sabun saat membilas.

Pastikan semua butiran scrub terangkat dari tubuh, karena terkadang ada jenis scrub yang sulit dibilas dan memerlukan sedikit tekanan tangan saat proses pembilasan.

Gunakan Pelembab dan Tabir Surya Setelahnya

Setelah proses scrub  selesai, keringkan tubuh dan pastikan untuk mengaplikasikan pelembab serta tabir surya. Gunakan produk ini dalam waktu tiga hingga lima menit setelah tubuh dikeringkan dalam keadaan lembab. 

Seperti halnya setelah melakukan eksfoliasi pada wajah, penting untuk memberikan kelembaban pada kulit, karena proses eksfoliasi dapat membuat kulit menjadi kering.

Jika berencana beraktivitas di luar ruangan, penting untuk menggunakan tabir surya guna melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan bintik-bintik hitam.

Seberapa Sering Harus Body Scrub?

Ilustrasi body scrub/Foto: Freepik

Dilansir dari  Healthline, penggunaan scrub bergantung pada jenis kulit masing-masing. Umumnya, disarankan untuk melakukan scrub hanya 1 hingga 2 kali seminggu. 

Penting untuk memperhatikan bagaimana respons kulit terhadap penggunaan scrub karena penggunaan berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan merusak lapisan pelindung kulit.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *