Berita

Sering Merasa Sedih Tanpa Alasan? Kenali 4 Penyebabnya!

×

Sering Merasa Sedih Tanpa Alasan? Kenali 4 Penyebabnya!

Share this article


Beauties, perasaan sedih bukanlah suatu hal yang aneh. Bagaimanapun, kesedihan adalah perasaan normal yang dimiliki oleh manusia.

Umumnya perasaan sedih diakibatkan oleh sesuatu hal yang tidak kita inginkan seperti mendapatkan kabar buruk, kehilangan, terluka, dan masih banyak lagi. Namun, pernahkah kamu merasa sedih tanpa sebab yang jelas?

Kesedihan yang tidak memiliki alasan jelas dibaliknya dan tidak kunjung membaik, menunjukkan ada hal lain yang sedang terjadi pada diri kamu. Dilansir dari Healthline dan HaiBunda, berikut 4 penyebab munculnya rasa sedih tanpa alasan.

Premenstrual Dysphoric Disorder

Sering Merasa Sedih Tanpa Alasan? Kenali 4 Penyebabnya!/Foto: Pixabay.com/Saranya7

Hormon reproduksi sangat mempengaruhi perasaan kita. Pada saat seminggu sebelum menstruasi, perempuan umumnya akan mengalami Premenstrual Dysphoric Disorder. Gangguan tersebut sering kali menyebabkan kecemasan, kegugupan, hingga kesedihan berlebih.

Maka tak jarang, perempuan menangis tanpa sebab yang jelas pada saat seminggu sebelum menstruasi. Bahkan, perasaan tersebut bisa muncul sampai di awal menstruasi.

Depresi

Sering Merasa Sedih Tanpa Alasan? Kenali 4 Penyebabnya!/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kesedihan yang tidak dapat dijelaskan dan sulit dihilangkan adalah salah satu tanda utama depresi. Apabila kesedihan sudah berhubungan dengan depresi, maka kemungkinan besar kamu akan ditemani kesedihan dalam jangka waktu yang lama.

Jika kamu mengalami perasaan sedih yang disertai cemas, perasaan bersalah, merasa tidak berharga, dan hampa, sangat besar kemungkinan bahwa kamu sedang mengalami kesedihan yang berhubungan dengan depresi.

Gangguan Bipolar
Asian woman having problem with two personality or bipolar with difference faces moody, sad and happy

Sering Merasa Sedih Tanpa Alasan? Kenali 4 Penyebabnya!/Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Sering merasa sedih tiba-tiba tanpa alasan yang jelas juga memungkinkan bahwa kamu mengalami gangguan bipolar. Orang yang mempunyai gangguan bipolar akan mengalami perubahan suasana hati yang cepat.

Kamu bisa mengalami kesedihan bersamaan dengan energi baru pada diri kamu dengan tingkat yang berlebih. Kombinasi gejala tersebut membuat penderitanya lebih sulit memahami apa yang sedang dialami, sehingga dapat menambah tekanan pada dirinya. 


Kehamilan

Sering Merasa Sedih Tanpa Alasan? Kenali 4 Penyebabnya!/Foto: Pixabay.com/StockSnap

Beauties, perasaan sedih tanpa alasan yang jelas juga bisa disebabkan karena masa kehamilan. Perempuan yang sedang hamil umumnya memiliki perasaan yang mudah sekali terganggu.

Biasanya perasaan sedih pada ibu hamil muncul di beberapa waktu saat masa kehamilan dan di tahun pertama setelah melahirkan. Perasaan sedih itu muncul karena perempuan yang hamil kerap mengkhawatirkan tentang kemampuan dalam merawat anak, merasa akan kesulitan menjalin ikatan dengan anak, dan merasa takut akan menyakiti sang anak.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *