Berita

5 Tanda Kamu Kelelahan Mental Menurut Psikolog, Salah Satunya Sering Sedih

×

5 Tanda Kamu Kelelahan Mental Menurut Psikolog, Salah Satunya Sering Sedih

Share this article


Pada dasarnya, kelelahan bukan hanya dialami oleh fisik, tetapi mental dan emosional juga bisa mengalami rasa lelah. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan tanda kelelahan mental dalam dirinya.

Berdasarkan laman Mindease, seseorang dapat mengalami kelelahan mental akibat stres pekerjaan, tuntutan hidup, maupun penyebab energi dan emosional terkuras lainnya. Hal ini menyebabkan munculnya perasaan hampa dalam diri dan timbulnya ketidaknyamanan dalam hidup.

Nah, berikut ini adalah beberapa tanda kamu kelelahan mental menurut psikolog yang perlu diperhatikan.

1. Kurangnya Produktivitas

Salah satu tanda kamu kelelahan mental menurut psikolog adalah menurunnya produktivitas, baik di lingkungan kerja maupun rumah. Kamu mungkin hanya menatap layar laptop selama beberapa menit, mengabaikan tugas-tugas kecil di rumah, hingga tidak mudah memproses sesuatu di sekitarmu. Hal ini bukan bentuk dari kemalasan, tetapi karena sumber daya mentalmu telah terkuras habis.

2. Timbul Perasaan Sedih

Ilustrasi/pexels.com/Liza Summer

Tanda bahwa kamu kelelahan mental menurut psikolog lainnya adalah timbulnya perasaan sedih. Saat merasa lelah secara mental dan emosional, kamu mungkin tidak akan bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk hobi. Hal ini membuat segalanya terasa tidak berwarna dan hampa.

3. Semakin Sensitif

Ilustrasi/pexels.com/Liza Summer

Tanda kamu kelelahan mental lainnya adalah menjadi semakin sensitif dan mudah tersinggung. Kamu mungkin terbiasa mengabaikan sesuatu. Akan tetapi, ketika mental sedang lelah dan kesabaran berada di ambang batas, maka kamu menjadi lebih mudah marah dan tersinggung.


4. Menjauh dari Lingkungan Sosial

Ilustrasi/pexels.com/Beyza Yalçın

Tanda kelelahan mental menurut psikolog lainnya adalah menjauh dari lingkungan sosial. Saat merasa lelah mental, biasanya akan merasa tidak bersemangat untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain.

Kondisi tersebut terjadi karena kamu merasa tidak fokus, kehabisan energi, maupun sedang merasa hampa. Hal ini juga dapat membuatmu tidak dapat berkomunikasi secara efektif saat bersama orang lain.

5. Tidak Dapat Tidur Nyenyak

Ilustrasi/pexels.com/cottonbro studio

Tanda kamu kelelahan secara mental yang terakhir adalah tidak dapat tidur dengan nyenyak. Kamu bisa mengalami insomnia akibat emosi yang lelah.

Beberapa orang berpikir bahwa kelelahan mental akan membuat tidur lebih nyenyak. Akan tetapi, insomnia juga dapat timbul ketika seseorang sedang merasa lelah secara mental.

Demikian informasi seputar tanda kamu kelelahan mental menurut psikolog. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menyempatkan waktu beristirahat, membatasi penggunaan media sosial, maupun menghindari pemicu stres.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *