Berita

5 Minyak Goreng Pengganti yang Bikin Makan Gorengan Lebih Sehat Saat Diet

×

5 Minyak Goreng Pengganti yang Bikin Makan Gorengan Lebih Sehat Saat Diet

Share this article


Minyak goreng merupakan bahan pokok yang sering digunakan untuk memasak. Umumnya, minyak goreng mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL). Hal ini tentunya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. 

Bagi kamu yang saat ini sedang diet namun ingin makan gorengan, maka tak perlu khawatir. Karena ada beberapa minyak goreng pengganti yang lebih sehat untuk dietmu. Dilansir dari Wolipop, berikut 5 minyak goreng tersebut di bawah ini.

1. Minyak Alpukat

Ilustrasi minyak alpukat/Foto: Freepik.com/chadlervid85

Minyak alpukat dapat menjadi minyak goreng pengganti yang lebih sehat. Dikutip dari Healthline, minyak alpukat memiliki titik asap yang tinggi sekitar 520°F (271°C), sehingga cocok untuk memasak dengan api besar seperti menggoreng. 

Minyak alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Minyak ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yaitu sekitar 75%. Bahkan, kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak alpukat lebih tinggi daripada minyak zaitun. 

Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak alpukat dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak tubuh. 

2. Minyak Canola

Ilustrasi minyak canola/Foto: Pinterest.com/Healthline

Karena kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan rendah lemak jenuh, minyak canola juga dapat menjadi minyak goreng pengganti yang lebih sehat untuk diet. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi sekitar 400°F, sehingga cocok untuk menggoreng dengan suhu tinggi. 

Berdasarkan penelitian, minyak canola dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan konsumsi sekitar 11/2 sendok teh setiap hari. 

Minyak canola juga dapat digunakan untuk salad dressing dan baking. Satu sendok makan minyak canola mengandung 16 persen DV (nilai harian) vitamin E, Nutrisi yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan mata. 

3. Minyak Kacang Tanah

Ilustrasi minyak kacang tanah/Foto: Pinterest.com/The Spruce Eats

Minyak kacang tanah kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Minyak ini juga memiliki titik asap yang tinggi yaitu 450°F, sehingga cocok untuk menggoreng dengan suhu tinggi.

Dikutip dari Taste of Home, minyak ini juga menjadi minyak favorit di restoran cepat saji Five Guys, itulah sebabnya kentang goreng mereka sangat lezat dan bermentega. 

“Selain rasanya yang lezat, minyak kacang tanah merupakan sumber vitamin E yang mengandung 11 persen dari asupan harian yang direkomendasikan dan memiliki salah satu kandungan lemak tak jenuh tunggal tertinggi di antara minyak goreng,” kata Jada Linton, RDN, LD, seorang ahli diet.   


4. Minyak Safflower

Ilustrasi minyak safflower/Foto: Pinterest.com/mindbodygreen

Minyak safflower merupakan minyak nabati yang berasal dari proses ekstraksi biji tanaman safflower. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi, yaitu 510°F (265°C). 

Minyak safflower rendah lemak jenuh dan mengandung persentase asam lemak tak jenuh yang tinggi. Minyak ini tersedia dengan jumlah asam linoleat dan linolenat yang berbeda. Minyak safflower oleat tinggi memiliki setidaknya 70% asam linoleat. 

Mengganti jenis lemak lain dengan minyak safflower tinggi oleat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. 

5. Minyak Chia Seed

Ilustrasi minyak chia seed/Foto: Pinterest.com/Kaleidos Studio srls

Minyak chia seed juga termasuk minyak nabati yang memiliki titik asap yang tinggi, yaitu 420°F, sebagaimana yang dikutip dari well+good. 

Minyak ini diekstrak dari biji tanaman Salvia hispanica L., yang menawarkan banyak manfaat kesehatan dan rasa yang unik. 

Minyak chia seed juga kaya akan asam lemak omega-3, khususnya asam alfa-linolenat (ALA). ALA merupakan prekursor bagi EPA dan DHA, dua jenis omega-3 lain yang penting untuk kesehatan jantung dan otak. 

Itulah beberapa minyak goreng pengganti yang lebih sehat dan juga dapat membantumu untuk diet. Semoga bermanfaat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *