Berita

Hindari! Ini 8 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pisang

×

Hindari! Ini 8 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pisang

Share this article


Pisang menjadi salah satu buah yang digemari banyak orang. Selain mudah ditemui dan sehat, pisang juga menawarkan rasa yang lezat, lembut di lidah, dan mengenyangkan.

Dilansir dari Times of India, pisang kaya akan potasium yang bisa mendukung kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah. Dikemas dengan vitamin C dan B6, pisang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu metabolisme.

Pisang juga menjadi salah satu buah-buahan yang bisa disajikan dan dikonsumsi dengan beragam cara. Selain dimakan langsung, pisang bisa diolah menjadi kue, campuran smoothies, puding, dan masih banyak lagi.

Meskipun bisa diolah menjadi banyak hidangan, rupanya ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan pisang, lho, Beauties.

Dirangkum dari Times of India, berikut ini deretan makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan pisang. Yuk, simak!

Makanan yang Terlalu Dingin

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pisang/Foto: pexels.com/Piriyonel

Mengonsumsi makanan yang sangat dingin, seperti es krim, segera setelah mengonsumsi pisang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut bagi sebagian orang.

Alpukat
Ilustrasi alpukat/Foto: Freepik.com/jcomp

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pisang/Foto: Freepik.com/jcomp

Pisang dan alpukat kaya akan potasium, jika dikonsumsi bersamaan dapat menyebabkan hiperkalemia, yaitu suatu kelainan yang ditandai dengan kadar potasium berlebihan dalam darah. Oleh karena itu, sebaiknya jangan dikonsumsi secara bersamaan, ya!

Makanan Manis
Akibat Terlalu Banyak Mengonsumsi Dessert / foto : pexels.com/ValeriaBoltneva

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pisang/Foto : pexels.com/ValeriaBoltneva

Menggabungkan pisang dengan makanan manis dan atau dessert dapat menyebabkan asupan gula berlebihan. Ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Buah Jeruk
Pisang dan jeruk/Foto: Pexels/mohamed abdelghaffar

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pisang/Foto: Pexels/mohamed abdelghaffar

Menggabungkan pisang dengan buah jeruk seperti jeruk nipis, jeruk, atau jeruk limau, dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau ketidaknyamanan bagi sebagian orang. Hal ini karena pisang dan buah jeruk mengandung nutrisi asam dan kombinasinya bisa berdampak buruk bagi perut.

Pisang Hijau
Ilustrasi pisang hijau

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pisang/Foto: Freepik/topntp26

Pisang yang matang umumnya berwarna kuning dan mudah dicerna. Nah, rupanya memadukan pisang hijau atau yang masih mentah dengan pisang matang tidak disarankan, lho, Beauties. Sebab dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan karena pisang hijau mengandung lebih banyak pati resisten, yang lebih sulit dicerna dan dapat menyebabkan kembung atau gas pada beberapa orang.

Karbohidrat Olahan
Kurangi karbohidrat olahan

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pisang/Foto: Freepik.com / freepik

Mengonsumsi pisang dengan karbohidrat olahan seperti camilan manis atau makanan yang dipanggang, dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba. Hal ini dapat mengakibatkan perasaan lelah dan lapar sesaat setelah makan.


Makanan yang Mengandung Protein Tinggi
Makanan tinggi protein/ Foto: Freepik.com/freepik

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pisang/Foto: Freepik.com/freepik

Banyak orang yang menjalani diet tinggi protein, di mana mereka menggabungkan daging atau telur dengan pisang. Padahal ini bisa memperlambat proses pencernaan, lho, Beauties.

Pisang relatif cepat dicerna, dan menggabungkannya dengan protein yang lambat dicerna dapat menyebabkan fermentasi dan gas di saluran pencernaan.

Susu dan Produk Susu
Jangan makan pisang bersamaan dengan susu

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Pisang/Foto: Freepik

Pisang kaya akan protein, serat, dan mineral penting lainnya seperti magnesium, fosfor, kalium, vitamin B, menjadikannya buah yang mengenyangkan sekaligus bergizi.

Namun bila dikombinasikan dengan lemak susu dan nutrisi lainnya, akan meningkatkan dosis nutrisi dan membuatnya sulit dicerna serta dapat memicu kembung atau rasa tidak nyaman.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan pisang. Stay healthy, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *