Berita

Mengenal Apa Itu Neurocosmetics dan Manfaatnya untuk Kulit

×

Mengenal Apa Itu Neurocosmetics dan Manfaatnya untuk Kulit

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Dengan semakin berkembangnya industri kecantikan, produk tidak lagi cukup untuk memberikan hasil. Kategori baru yang disebut neurokosmetik atau neurocosmetics semakin populer dalam aspek emosional dari rutinitas perawatan kulit.

Konsep neurocosmetics didasarkan pada fakta bahwa hormon yang diproduksi oleh otak dapat mempengaruhi fungsi kulit. Misalnya, jika Anda stres atau mengalami musim yang traumatis, Anda mungkin mengalami jerawat. Akibatnya, selama musim yang penuh kegembiraan, kulit Anda mungkin tampak lembab dan segar.

“Kulit dan otak memiliki asal usul embrio yang sama, menjadikan epidermis sebagai perpanjangan dari sistem saraf,” kata Cedric Rimella, salah satu pendiri dan CEO merek neurokosmetik I.D. Botani Swiss dikutip dari Pop Sugar.

Hubungan ini berarti bahwa kondisi mental berdampak pada kesehatan kuli,  dan sebaliknya. Neurocosmetics mengeksplorasi komunikasi ganda ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kulit dan mental melalui bahan-bahan neuroaktif.

Meskipun konsep ini belum tentu baru – tata rias neurokosmetik mulai mendapat perhatian lebih dari para ahli kimia formulasi pada tahun 2007, kata ahli kimia Stas Chirkov – ini adalah pertama kalinya konsep ini diberi merek dan diberi nama.

Apa itu Neurocosmetics?

Ketika kosmetik tradisional dan produk perawatan kulit berfokus secara eksklusif pada kulit, neurocosmetics mencari jalur untuk memicu sistem saraf agar memberikan dampak positif pada kulit dan kesejahteraan.

Neurocosmetics adalah produk kosmetik dan perawatan kulit yang dirancang untuk menjaga homeostatis kulit guna mencegah masalah kulit seperti kerutan atau penampilan kusam, iritasi, peradangan, dan kulit sensitif – semuanya diketahui berkontribusi terhadap penuaan kulit,” kata Chirkov.

Berdasarkan konsep bahwa kulit dan otak memiliki hubungan unik, beberapa bahan topikal diyakini dapat memicu emosi dan sensasi. “Bahan neurocosmetics dapat berupa segala jenis bahan yang mempengaruhi reseptor saraf: bahan topikal, bahan yang kita cium (alias aromaterapi), atau bahan yang kita konsumsi,” kata ahli kimia kosmetik Ron Robinson.

Neurocosmetics bukanlah hal baru. Faktanya, Anda mungkin sudah menggunakannya dalam rutinitas Anda selama beberapa waktu. Jika Anda menikmati sensasi sejuk dari produk mentol atau rasa panas untuk meredakan pegal dan nyeri akibat krim gosok otot, Anda pernah mengalami neurocosmetics.

Belum lagi, aromaterapi menggunakan aroma untuk memengaruhi suasana hati dan produk CBD mengikat reseptor cannabinoid di kulit untuk mengurangi rasa sakit. Menurut Stephanie Lee, pendiri merek neurocosmetics Selfmade, neurocosmetics menjadi lebih trendi karena teknologi yang lebih baik dan banyaknya masalah kesehatan mental yang dapat diatasi dengan bahan-bahan ini.

Bagaimana Neurosains Bekerja dalam Perawatan Kulit?

“Ilmu pengetahuan yang mendasari hubungan [antara kulit dan otak] disebut psikodermatologi, yang merupakan disiplin ilmu gabungan antara psikiatri dan dermatologi,” kata Lee. Kulit tidak hanya melindungi dan merasakan, tetapi merupakan organ endokrin yang memproduksi dan mengubah hormon.

Ada tiga fungsi yang harus dijalankan agar hal ini bisa terjadi, yaitu pembawa pesan, pemberi sinyal, dan pengatur. Pembawa pesan adalah jaringan serat yang hidup di kulit sebagai akson neuron sensorik – bertindak sebagai perpanjangan dari otak dan sumsum tulang belakang.

Pemberi sinyal, atau sistem respons stres kulit, adalah sistem neuroendokrin yang secara lokal memproduksi hormon yang terlibat dengan melanin, penanda peradangan, metabolisme, dan penguat suasana hati.

Terakhir, pengaturnya adalah poros dermal hipokampus-hipofisis-adrenal, tempat kulit dan otak berkonspirasi bersama untuk mengatur tingkat kortisol, fungsi kekebalan tubuh, metabolisme, kardiovaskular, pengaturan emosi, dan aktivitas penghalang kulit secara terkoordinasi dan adaptif.

Dengan kata lain, psikodermatologi adalah gabungan antara psikiatri dan dermatologi yang mempelajari bagaimana pikiran dan emosi dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit Anda. Kebanyakan kecantikan dan kesehatan bekerja berdasarkan premis yang berlawanan, yaitu penampilan Anda memengaruhi emosi Anda.

Psikodermatologi dan tubuh kita menceritakan kisah sebenarnya: fungsi dan kinerja tubuh berkorelasi dengan kondisi mental kita. Lee menganggap tubuh sebagai rumah. Ibarat sebuah rumah yang bisa mempunyai sistem keamanan, begitu pula tubuh kita melalui poros otak dan kulit.

“Kita ingin tiga bagian penting dari poros ini menjadi sangat terhubung, dioptimalkan untuk keselamatan, dan memiliki komunikasi yang sehat satu sama lain. Menggunakan sistem keamanan rumah yang khas sebagai metafora, sistem ini juga memiliki tiga bagian (pembawa pesan, pemberi sinyal, dan pengatur) yang bekerja sama untuk melindungi rumah dan isinya,” kata Lee.

Chirkov mengatakan, bergantung pada mereknya, teknologi modern akan menggunakan mekanisme berbeda untuk memberikan manfaat pada kulit seperti menyeimbangkan kembali kadar kortisol, menstimulasi endorfin, atau mengaktifkan reseptor melatonin di kulit.

Merek seperti Neuraé menggunakan wewangian untuk memicu reaksi emosional yang positif, seperti kegembiraan dan energi. Mereka menemukan cara kerjanya dengan mengumpulkan sekelompok orang menggunakan elektroensefalogram (perangkat yang mencatat aktivitas otak) untuk mencatat aktivitas listrik otak saat orang mengendus aroma yang berbeda, yang pada akhirnya menghasilkan lima macam produk.

Manfaat Neurocosmetics

Neurocosmetics dapat membantu menenangkan kulit sensitif yang mengalami kondisi seperti jerawat, hiperpigmentasi, dan psoriasis, sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat, kata Chirkov. Neurokosmetik juga membantu Anda merasa lebih rileks dan membantu menghilangkan rasa sakit, kata Robinson.

Penting untuk dicatat bahwa bidang ini masih baru dan berkembang, dan lebih banyak penelitian sedang dilakukan untuk memahami efek jangka panjang dan manfaat bahan neuroaktif.

Mayoritas merek neurocosmetics di luar sana fokus pada sentuhan dan perasaan. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, diperlukan waktu lama sebelum fitur-fitur ini dapat dipasarkan. Lee berharap neurocosmetics akan mengedukasi konsumen lebih banyak tentang tubuh mereka dan hubungan langsung antara kulit serta kondisi mental mereka.

Pilihan Editor: Mengullik Manfaat Penggunaan Artificial Intelligence di Industri Kecantikan

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *