Berita

10 Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan, Cocok untuk Diet juga!

×

10 Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan, Cocok untuk Diet juga!

Share this article


Buah persik termasuk dalam kategori buah batu karena dagingnya yang berwarna putih atau kuning terbungkus dalam cangkang dengan biji di dalamnya. Selain rasanya yang manis, buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Dilansir dari Healthshots, berikut sederet manfaat buah persik untuk kesehatan. Simak!

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi sedang sakit/Foto: Freepik.com/freepik

Buah persik memberikan dorongan bagi sistem pertahanan tubuh. Karena itu, buah persik dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menangkal penyakit seperti flu biasa, dan meningkatkan fungsi imunologi secara keseluruhan. 

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi sedang di toilet/Foto: Freepik.com/jcomp

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, sekitar 100 gram buah persik mentah mengandung 1,5 gram serat. Kandungan serat ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, kata ahli diet klinis Devananda VM. 

Hal tersebut seperti mengatasi masalah diare dan sembelit, karena memastikan pencernaan dan buang air besar lebih lancar. 

3. Membantu Penurunan Berat Badan

Ilustrasi mengukur pinggang/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Buah persik yang rendah kalori dan rendah lemak, ditambah dengan kandungan seratnya, menjadikannya pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Buah persik dapat meningkatkan perasaan kenyang dan membantu pencernaan melalui serat penting bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. 

4. Mencegah Kanker

Ilustrasi pasien kanker dan dokter/Foto: Freepik.com/freepik

Menurut penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Penelitian dan Perawatan Kanker Payudara, perempuan menopause yang mengonsumsi setidaknya 2 buah persik dalam sehari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. 

Kandungan antioksidan yang ditemukan dalam buah persik, termasuk vitamin C dan senyawa fenolik, berperan sebagai penjaga terhadap kanker. 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi sakit jantung/Foto: Freepik.com/msgrowth

Kekurangan kalium dapat diisi dengan mengonsumsi buah persik. Karena sekitar 100 gram buah persik mentah mengandung 122 mg potasium, sesuai USDA.  

Kalium dapat membantu mengatur tekanan darah dan membantu menjaga kesehatan jantung. 


6. Melindungi Kulit

Ilustrasi kulit yang terkena sinar matahari/Foto: Freepik.com/freepik

Berkat antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten, buah persik dapat menawarkan perlindungan terhadap sinar ultraviolet yang berbahaya. Selain melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, buah persik juga dapat membuat kulit lebih berkilau sehat.  

7. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Ilustrasi penyakit kulit/Foto: Freepik.com/freepik

Buah persik mengandung polifenol dan antioksidan anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan. Dengan menghambat pelepasan histamin dan sitokin inflamasi, buah persik meredakan kondisi peradangan, kata Devananda. 

8. Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi perempuan yang memakai kacamata/Foto: Freepik.com/pch.vector

Buah persik baik untuk kesehatan mata karena kaya akan vitamin A dan beta-karoten. Kandungan tersebut membantu menjaga penglihatan tetap baik dan secara signifikan mengurangi risiko katarak, yaitu kekeruhan pada lensa mata. 

9. Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil/Foto: Freepik.com/partystock

Buah persik yang mengandung vitamin C dan asam folat baik untuk ibu hamil. Nutrisi ini tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu penyerapan zat besi, sehingga berkontribusi terhadap kesehatan ibu dan janin secara keseluruhan. 

10. Melindungi dari Kerusakan Akibat Merokok

Ilustrasi rokok/Foto: Freepik.com/wirestock

Dikutip dari WebMD, nikotin menyebabkan kerusakan jaringan dan dapat menyebabkan penyakit jantung, paru-paru, dan kanker. Sementara itu, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak buah persik berdaging putih dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada organ tersebut.

Ekstrak buah persik berdaging putih dapat meningkatkan metabolisme dan ekskresi nikotin dari tubuh perokok. 

Itulah sederet manfaat besar buah persik untuk kesehatan tubuh. Semoga informasinya bermanfaat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *