Berita

Perhatikan, 7 Buah Ini Punya Kandungan Gula yang Tinggi

×

Perhatikan, 7 Buah Ini Punya Kandungan Gula yang Tinggi

Share this article


Beberapa buah mengandung lebih banyak gula dibandingkan buah yang lain. Buah dengan kadar gula tinggi memang sebaiknya tak dikonsumsi terlalu banyak oleh pelaku diet atau penderita diabetes. 

Kira-kira apa saja buah yang mempunyai kandungan gula tinggi? Berikut informasi selengkapnya di bawah ini. Simak!

1. Mangga

Ilustrasi mangga/Foto: Freepik.com/stocking

Dilansir dari Vinmec International Hospital, mangga termasuk buah yang mengandung tinggi gula. Satu buah mangga rata-rata mengandung 45 gram gula.

Ini merupakan angka yang cukup besar, jadi bagi kamu yang sedang mencoba mengontrol berat badan atau gula darah setelah makan, maka konsumsilah dalam jumlah sedang. 

2. Semangka

Ilustrasi semangka/Foto: Freepik.com/timolina

Semangka merupakan buah segar dan lezat yang mengandung elektrolit, vitamin A dan vitamin C. Namun, semangka termasuk salah satu buah yang mengandung banyak gula.

Sepotong besar semangka bisa mengandung gula hingga 17 gram, jadi jika kamu ingin membatasi konsumsi gula, sebaiknya makan 1-2 potong semangka saja per hari. 

3. Ceri

Ilustrasi buah ceri/Foto: Freepik.com/xb100

Ceri termasuk buah yang mengandung banyak gula. Satu cangkir (240ml) buah ceri rata-rata mengandung sekitar 18 gram gula. Jika kamu mengisi mangkuk besar dengan ceri, maka kamu tidak akan bisa mengetahui berapa banyak ceri yang kamu makan dan berapa banyak gula yang kamu konsumsi. 

Oleh karena itu, jika kamu ingin mengontrol kadar gula, sebelum makan, tuangkan buah ceri ke dalam gelas takar untuk memperkirakan jumlah gula yang akan diserap tubuh.

4. Pir

Ilustrasi buah pir/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Buah pir juga termasuk buah yang mengandung gula tinggi. Satu buah pir berukuran sedang mengandung 17 gram gula. 

Bagi kamu yang ingin mencoba mengurangi gula, jangan makan buah pir utuh. Cukup masukkan beberapa irisan buah pir ke dalam yogurt rendah lemak atau tambahkan salad. 


5. Pisang

Ilustrasi pisang/Foto: Freepik.com/pisang

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 14 gram gula. Karena pisang masih mengandung banyak gula, daripada makan pisang utuh, makanlah setengahnya atau cukup gunakan beberapa irisan kecil pisang dalam masakan seperti sandwich selai kacang. 

6. Anggur

Ilustrasi anggur/Foto: Freepik.com/freepik

Dikutip dari Times of India, anggur terutama varietas muda dan ungu kaya akan antioksidan. Selain itu, anggur juga merupakan sumber vitamin K, vitamin C, dan beberapa vitamin B yang baik. Anggur mendukung kesehatan jantung dan memiliki sifat anti-inflamasi. 

Namun, satu cangkir buah anggur mengandung sekitar 23 gram gula. Karena itu, anggur harus dimakan dalam porsi yang terkontrol. 

7. Nanas

Ilustrasi nanas/Foto: Freepik.com/freepik

Nanas merupakan buah tropis yang akan vitamin C, mangan, dan bromelain, yaitu enzim yang membantu pencernaan dan mengurangi peradangan. 

Meskipun nanas menyegarkan dan menghidrasi, namun nanas memiliki kandungan gula sekitar 16 gram per cangkir. Karena itu, sebaiknya nikmati nanas secukupnya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *