Berita

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Kulit Jadi Kusam, Wajib Hindari!

×

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Kulit Jadi Kusam, Wajib Hindari!

Share this article


Siapa yang tidak ingin memiliki kulit cerah, bercahaya dan bebas kusam? Sayangnya, banyak yang tidak sadar melakukan kebiasaan buruk dan malah menyebabkan kulit tampak lebih kusam.

Kebiasaan buruk dalam menggunakan skincare ataupun kebiasaan buruk dalam pola hidup, ternyata memiliki pengaruh terhadap tampilan kulit lho, Beauties. Karena itu, berikut lumpkinsjail akan menginformasikan 5 kebiasaan buruk penyebab kulit kusam yang bisa kamu perhatikan. 


Melewatkan Eksfoliasi

Eksfoliasi/Foto: freepik.com/user18526052

Penumpukan sel kulit mati menjadi salah satu penyebab kulit tampak lebih kusam. Ketika kamu tidur, sel kulit akan beregenerasi, sehingga sel kulit mati akan menumpuk di permukaan kulit.

Penumpukan tersebut akan menghambat pemantulan cahaya oleh kulit. Karena itu, kulit kamu tampak lebih kusam dan pucat.

Masalah ini bisa diatasi dengan rajin melakukan  eksfoliasi, setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Melewatkan eksfoliasi menjadi kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kulitmu lebih kusam.

Tidak Menggunakan Pelembab

Menggunakan pelembab/Foto: freepik.com/Lifestylememory

Kulit kering dan dehidrasi menjadi masalah selanjutnya yang menyebabkan kulit kusam. Produk skincare berupa pelembab adalah solusi terbaiknya.

Jika kamu kurang mengkonsumsi air putih, sering mengkonsumsi minuman berkafein dan tidak menggunakan produk pelembab kulit, kebiasaan buruk ini akan memperparah kondisi kulit kusammu.

Melupakan Sunscreen

Sunscreen/Foto: freepik.com/Anastasia Kazakova

Selain polusi, sinar UV dari cahaya matahari juga menjadi penyebab radikal bebas. Kulit yang terpapar radikal bebas akan mengalami kerusakan sel yang salah satunya ditandai dengan kulit tampak lebih kusam.

Karena itu, sunscreen jadi produk skincare wajib yang harus kamu miliki. Melupakan sunscreen dalam rangkaian skincare harian, menjadi kebiasaan buruk lainnya yang semakin membuat kulitmu kusam dan tidak bercahaya.

Menggunakan Produk Skincare yang Salah

Khawatir salah menggunakan skincare/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Penggunaan produk skincare yang salah menjadi penyebab lainnya dari kulit kusam. Kamu harus memperhatikan formula dari skincare yang ingin kamu gunakan. Jangan sampai skincare yang kamu pakai memiliki kandungan yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu.

Jadi, pastikan kamu menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis dan masalah kulitmu, ya, Beauties. Terlalu malas memeriksa kandungan skincare, bisa jadi kebiasaan buruk yang menyebabkan kulit kusam.

Begadang

Begadang/Foto: pexels.com/Studio kapasbro

Siapa yang masih suka tidur larut malam? Kebiasan buruk satu ini akan menghambat proses regenerasi sel kulit, lho. Tidur larut malam juga menyebabkan kualitas dan pola tidur kamu terganggu.

Karena pola tidur terganggu dan regenerasi sel kulit terhambat, kamu akan bangun pagi dengan kulit yang lebih kusam dan lelah. Jadi, tidak hanya memperhatikan produk skincare yang digunakan, kamu juga harus mulai memperhatikan pola tidurmu, ya.

Nah, itu dia 5 kebiasaan buruk yang menjadi penyebab kulit kusam. Ayo, kebiasaan buruk mana nih, yang masih kamu lakukan sampai sekarang, Beauties?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *