Berita

Mengenal Souping Diet, Hanya Makan Sup Bisa Turunkan Berat Badan

×

Mengenal Souping Diet, Hanya Makan Sup Bisa Turunkan Berat Badan

Share this article


Souping diet atau diet sup menjadi salah satu tren diet yang sedang menjadi perbincangan. Diet ini sudah ada sejak tahun 1980-an yang dikenal dengan cabbage soup diet (diet sup kubis).

Souping diet merupakan sebuah metode diet dengan mengkonsumsi sup sayuran dalam jangka waktu tertentu. Sup bisa dimakan sebagai menu utama atau menu pendamping. 

Cara Melakukan Metode Souping Diet

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Souping diet bisa memiliki cara yang berbeda-beda dilakukan dan bisa bervariasi. Jenis makanan yang dibuat menjadi sup juga beragam. Melansir dari Wolipop, beberapa orang melakukan diet ini hanya dengan makan sup selama beberapa hari, ada juga yang menyantap sup sebelum makan, menjadi menu makan, dan ada yang mengonsumsinya  dua kali sehari.

Seorang konsultan gizi, Kelsey Costa menyarankan bahwa metode diet ini tidak boleh dilakukan dalam jangka panjang, karena sup memiliki ragam nutrisi yang kurang seperti yang ada dalam pola makan seimbang. Dengan demikian, diet ini bukan menjadi solusi yang ajaib untuk kesehatan jangka panjang dan menurunkan berat badan.


Penelitian Souping Diet

Ilustrasi/Foto: freepik.com/wirestock

Banyak pro dan kontra terkait pendekatan diet dengan sup ini. Beberapa survei dan penelitian dilakukan untuk membuktikan apakah cara diet dengan hanya mengkonsumsi sup efektif menurunkan berat badan atau tidak. Merangkum dari situs everlywell, sebuah penelitian membuktikan mereka yang mengkonsumsi sup sebelum makan, mereka akan makan lebih sedikit karena sup membantu rasa kenyang.

Selain itu, terdapat survei yang dilakukan tahun 2003-2008 terdapat laporan konsumen sup memiliki berat badan lebih rendah dan lingkar pinggang lebih kecil dibanding mereka yang tidak makan sup. Studi tersebut membuktikan adanya penurunan asupan lemak total dan peningkatan asupan protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Penelitian lain di berbagai negara, seperti Amerika, Perancis, dan Jepang menunjukkan bahwa sup bisa menurunkan resiko obesitas dan kelebihan berat badan.

Konsumsi sup pastinya juga memiliki manfaat, sup dengan sayuran, protein, hingga serat. Namun, kamu tidak disarankan untuk melakukan diet ini dalam jangka panjang. Saat ingin melakukan suatu metode diet, sebaiknya kamu konsultasikan ke tenaga kesehatan dulu ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *