Berita

Lupakan Mochi, Ini Rekomendasi 6 Oleh-Oleh Makanan Sehat Jepang yang Wajib Kamu Beli

×

Lupakan Mochi, Ini Rekomendasi 6 Oleh-Oleh Makanan Sehat Jepang yang Wajib Kamu Beli

Share this article


Jika sedang liburan, oleh-oleh sudah pasti tidak boleh terlewatkan. Baik liburan domestik atau ke luar negeri, kamu pasti sudah mencatat daftar oleh-oleh yang akan kamu beli, bukan? Di Jepang pun juga ada praktik membeli oleh-oleh untuk dibagikan kepada rekan kerja, keluarga, atau teman yang disebut dengan omiyage.

Kalau berbicara tentang Jepang, kamu pasti akan membeli mochi, yukata atau kimono, manekineko (patung kucing beruntung), bahkan beberapa makanan manis yang sulit ditemukan di Indonesia seperti cokelat beraneka rasa sebagai oleh-oleh.

Jika kamu penggemar makanan sehat, kamu wajib beli 6 oleh-oleh berikut ini saat liburan ke Jepang seperti yang telah dilansir dari Japan Today.

1. Shichimi Togarashi





Shichimi togarashi/Foto: Dok. The Daring Gourmet

Shichimi togarashi merupakan campuran bumbu yang terdiri dari kombinasi lada merah, biji wijen, jeruk kering, nori kering, biji hemp, jahe kering, dan bubuk pala. Setiap produsen atau toko bisa memiliki resep campuran yang sedikit berbeda dengan penambahan bahan-bahan seperti bubuk cabai, szechuan peppercorns, atau poppy seeds.

Campuran bumbu ini sering digunakan sebagai penambah rasa pada hidangan Jepang seperti soba, udon, nasi, sup, dan yakitori. Rasa pedas dan aroma rempah-rempahnya memberikan cita rasa tambahan pada hidangan. Selain itu, shichimi togarashi juga bisa digunakan sebagai taburan pada hidangan non-Jepang seperti salad, mi, atau daging panggang.

Manfaat shichimi bagi kesehatan sebagian besar disebabkan oleh capsaicin yang terkandung di dalamnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa capsaicin bisa bertindak sebagai agen antiobesitas yang potensial dalam tubuh, serta memiliki sifat antikanker dan penurun gula darah.

2. Makanan Berbahan Dasar Wijen

Deretan oleh-oleh makanan sehat khas Jepang/Foto: Dok. Umaimono Aomori

Tidak diragukan lagi bahwa biji wijen yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional merupakan makanan penyembuhan, kaya akan lemak sehat, protein, dan antioksidan. Banyak masyarakat Jepang memberikan oleh-oleh berupa makanan wijen, mulai dari biji wijen panggang hingga saus berbahan dasar wijen. Salah satu oleh-oleh khas Jepang yang menggunakan biji wijen adalah sesame senbei atau keripik beras wijen.

3. Yuzu




Deretan oleh-oleh makanan sehat khas Jepang
Yuzu/Foto: Dok. Sushiya Sansaro

Dianggap sebagai bahan penting dalam masakan Jepang, yuzu adalah buah jeruk kecil yang memiliki rasa asam dan gurih. Selain tinggi vitamin C, yuzu juga bisa mengurangi peradangan pada tubuh dan melindungi dari demensia. Yuzu juga sering digunakan dalam perawatan tubuh dan kecantikan, seperti mandi dengan air yuzu untuk melembutkan kulit atau menciptakan minyak esensial yuzu untuk relaksasi aromaterapi.

4. Nori

Deretan oleh-oleh makanan sehat khas Jepang/Foto: Freepik.com/evening_tao

Tingginya kandungan yodium, polifenol, dan serat yang meningkatkan kesehatan, makanan yang terbuat dari rumput laut seperti nori bisa menjadi pilihan oleh-oleh kamu. Nori tersedia dalam berbagai ukuran, jenis, dan rasa.

5. Matcha




Deretan oleh-oleh makanan sehat khas Jepang
Matcha/Foto: Freepik.com

Meskipun Jepang mempunyai reputasi sebagai penghasil berbagai jenis teh berkualitas tinggi, teh matcha telah menjadi salah satu teh paling populer, baik di Jepang maupun di luar Jepang. Terbuat dari daun teh hijau yang digiling halus, matcha kaya akan senyawa yang disebut katekin.

Katekin telah terbukti melindungi tubuh terhadap kerusakan sel dan memiliki efek antioksidan kuat yang bisa melindungi tubuh dari beberapa jenis penyakit kronis.


6. Soba

Deretan oleh-oleh makanan sehat khas Jepang/Foto: Freepik.com/mrjorge

Dibandingkan mi lainnya, soba cenderung lebih tinggi protein serta kaya akan vitamin dan mineral. Ini dikarenakan soba terbuat dari sereal pseudosereal padat nutrisi yang memberikan rasa pedas yang khas.

Studi penelitian telah mengeksplorasi manfaat kesehatan dari soba dan menemukan bahwa soba bisa menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan melindungi dari kanker. Karena soba tidak mengandung gluten, soba bisa dinikmati oleh siapa pun yang memiliki intoleransi gluten seperti penderita penyakit Celiac atau gangguan imun.

Itulah beberapa oleh-oleh makanan sehat khas Jepang yang wajib kamu beli. Selain kenangan yang indah, kamu juga bisa berbagi manfaat kesehatan dari oleh-oleh khas Jepang dengan orang terdekat kamu, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *