Berita

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!

×

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!

Share this article


Sebagian orang masih beranggapan bahwa untuk mengatasi perut buncit, melewatkan sarapan bisa menjadi salah satu upaya. Faktanya, sarapan tidak hanya penting untuk kesehatan, namun juga sangat penting untuk meningkatkan metabolisme dalam membuat perut jadi langsing.

Namun yang perlu diperhatikan, tak semua jenis makanan bisa dijadikan menu sarapan dalam upaya meratakan perut buncit, Beauties. Contoh menu sarapan terbaik yang bisa kamu pilih adalah makanan yang kaya akan serat dan protein.

Lantas, makanan apa saja yang direkomendasikan untuk sarapan agar bisa bantu meratakan perut buncit? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Telur

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!/Foto: Pexels.com / Janetrangdoan

Telur adalah salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang. Selain mudah diolah, rasanya juga lezat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk meratakan perut buncit.

Kaya akan protein dan banyak mengandung vitamin serta mineral penting, telur adalah sumber nutrisi yang baik untuk menu sarapan. Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur dapat membantu mengurangi nafsu makan saat dikonsumsi ketika sarapan. Ini dapat membantu menurunkan berat badan serta membuang lemak berlebih di perut.

“Mengonsumsi 2 hingga 3 butir telur di pagi hari, dipasangkan dengan beberapa lemak dan serat sehat (seperti puding alpukat atau chia seed) dapat membantu menjaga perut tetap rata,” kata Megan Byrd, seorang ahli gizi, dilansir dari Eat This, Not That!.

Byrd juga menambahkan, “Mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan di pagi hari dapat merusak sistem pencernaan dan menyebabkan kembung. Dengan fokus pada protein dan serat di pagi hari, dapat menghindari perut kembung dan menghilangkan nafsu untuk memakan makanan manis.”

Pisang
Deretan buah untuk bantu tingkatkan semangat di pagi hari

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Tinggi serat namun rendah kalori, pisang adalah alternatif yang bagus untuk kamu yang suka sarapan dengan makanan manis. Dilansir dari Healthine, satu pisang ukuran sedang memiliki lebih dari 100 kalori namun mengemas 3 gram serat makanan, di mana ini memenuhi hingga 12 persen dari kebutuhan serat harian.

Serat membantu memperlambat pengosongan perut, yang mencegah kamu untuk makan berlebih dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Berbagai penelitian menemukan bahwa menambah asupan serat dari buah dan sayuran dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan.

Selain itu, pisang adalah sumber pati resisten yang baik, yaitu sejenis pati yang tidak dapat dicerna oleh perut dan usus kecil. Penelitian menunjukkan bahwa pati resisten dapat membantu mengurangi asupan makanan dan mengurangi lemak perut.

Tempe
Tempe makanan probiotik asli Indonesia/Foto: Freepik.com/ikarahma

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!/Foto: Freepik.com/ikarahma

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang kaya akan nutrisi. Terbuat dari kacang kedelai, tempe mengandung banyak protein sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang diet.

Dilansir dari Healthline, diet tinggi protein pada tempe dapat membantu mengendalikan nafsu makan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Buah Beri
Buah beri/Foto: Freepik.com/topntp26

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!/Foto: Freepik.com/topntp26

Jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry, semuanya sangat padat nutrisi namun tetap rendah kalori. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral penting, buah beri kaya akan serat yang dapat mengurangi rasa lapar dan mencegah kamu untuk makan berlebihan.

Dilansir dari Healthline, faktanya, satu penelitian pada 12 perempuan menemukan bahwa mengonsumsi buah beri dapat mengurangi asupan kalori dengan rata-rata 133 kalori. Studi lain pada 133.468 orang dewasa menunjukkan bahwa setiap porsi buah beri dikaitkan dengan penurunan berat badan 1,1 pon (0,5 kg) selama periode empat tahun.

Oatmeal
Bubur Oatmeal/ Foto: Freepik/freepik

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!/Foto: Freepik/freepik

Oatmeal adalah salah satu menu sarapan terbaik yang bisa kamu makan untuk mendapatkan perut rata. Oatmeal terkenal sebagai makanan sehat yang kerap dikonsumsi saat sedang diet.

“Serat dalam oatmeal membantu kita merasa kenyang lebih lama karena ini adalah karbohidrat lepas lambat, yang berarti menyediakan energi tetapi tidak meningkatkan gula darah,” kata Paula Doebrich, ahli gizi, seperti dikutip dari Eat This, Not That!.

Energi dari karbohidrat lepas lambat akan dilepaskan dalam jangka waktu yang lama, hal inilah yang membuat kamu akan berenergi sepanjang hari dan tidak merasa lesu. Selain itu, mengonsumsi oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan. Ketika pencernaan bekerja dengan baik, secara tidak langsung perut juga akan menjadi lebih rata.

Teh Hijau
Teh Hijau/Foto: Freepik/Jcomp

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!/Foto: Freepik/Jcomp

elain kopi, jenis minuman yang biasa dikonsumsi di pagi hari adalah teh. Nah, jika kamu ingin meratakan perut buncit, jenis teh yang bisa kamu coba konsumsi adalah teh hijau.

Sudah bukan rahasia lagi kalau teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa mendorong penuruna berat badan, termasuk menghilangkan lemak di perut.

Dilansir dari Healthline, satu penelitian kecil pada 23 orang menemukan bahwa mengonsumsi tiga kapsul ekstrak teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Ada banyak cara untuk menikmati teh hijau di pagi hari. Coba tambahkan perasan lemon, madu, atau seduh teh dengan jahe atau mint untuk menambahkan rasa.

Brokoli
Brokoli, makanan yang boleh dikonsumsi dalam diet pegan/Foto: Freepik.com/8photo

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!/Foto: Freepik.com/8photo

Brokoli mengandung nutrisi penting dan kaya serat yang berkontribusi pada rasa kenyang lebih lama. Hal ini membantu mencegah kamu untuk makan berlebih.

Dilansir dari Express UK, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli membantu mengurangi lemak perut. Brokoli mengandung fitokimia dengan satu fitokimia bernama sulforaphane yang sangat efektif membantu membakar lemak perut.

Studi tersebut juga menemukan bahwa mengonsumsi brokoli juga dapat membantu mengurangi faktor risiko diabetes tipe 2.

Kacang-kacangan
Ilustrasi kacang-kacangan/ foto : freepik

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!/Foto: Freepik

Buat kamu yang tidak punya banyak waktu di pagi hari karena padatnya aktivitas, kacang-kacangan bisa jadi menu andalan untuk sarapan. Selain praktis, kacang-kacangan juga menawarkan nutrisi yang tidak kalah baik dari menu sarapan lainnya.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi selama satu tahun pada 169 orang menunjukkan bahwa menambahkan kacang ke dalam diet Mediterania secara signifikan dapat mengecilkan lingkar pinggang. Kacang juga mengandung serat, protein, dan lemak yang baik untuk kesehatan jantung. 

Namun perlu diingat, kacang juga termasuk makanan yang padat kalori. Jadi, batasi asupan kacang-kacangan hingga sekitar satu ons (28 gram) agar kalori tidak menumpuk.

Campurkan satu porsi kacang ke dalam yogurt, keju cottage, atau granola buatan sendiri untuk meningkatkan nutrisi sarapan.


Protein Shake
Ilustrasi perempuan meminum protein shake/Foto: Freepik.com/senivpetro

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!/Foto: Freepik.com/senivpetro

Seperti sudah disinggung sebelumnya, makanan kaya protein sangat baik untuk dijadikan menu sarapan dalam upaya mengatasi perut buncit. Salah satu menu yang bisa kamu coba adalah protein shake yang mengenyangkan.

“Protein shake yang dikonsumsi saat sarapan akan membantu Anda mendapatkan perut yang lebih rata dengan menjaga kalori sarapan tetap terkendali dan menyediakan 20 hingga 30 gram protein yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme yang tepat,” kata Michelle Ricker, seorang ahli gizi, dilansir dari Eat This, Not That!.

Protein shake adalah minuman dari bubuk protein yang dicampur dengan air. Kamu juga bisa menambahkan buah dan sayuran ke protein shake untuk meningkatkan asupan serat harian yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Greek Yoghurt
Ilustrasi greek yogurt dengan buah/Foto: Pexels/Any Lane

10 Menu Sarapan Kaya Protein yang Bisa Ratakan Perut Buncit, Bikin Kenyang Seharian!/Foto: Pexels/Any Lane

Jika kamu menginginkan menu sarapan yang manis dan segar, semangkuk greek yogurt dengan topping buah dan kacang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain lezat dan praktis, greek yogurt juga kaya akan protein yang baik dalam membantu meratakan perut buncit. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi greek yogurt secara teratur cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah.

Walau sedang dalam program meratakan perut buncit, bukan berarti kamu harus melewatkan sarapan, ya, Beauties. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *