Berita

Cara Hilangkan Anxiety dan Tenangkan Pikiran dengan Teknik 3-3-3, Sudah Tahu?

×

Cara Hilangkan Anxiety dan Tenangkan Pikiran dengan Teknik 3-3-3, Sudah Tahu?

Share this article


Sejak film Inside Out 2 keluar, kini film animasi tersebut memuncaki box office. Film yang menceritakan tentang emosi yang ada dalam tubuh Riley memang terasa relate dengan anak-anak muda.

Tak terbatas pada perasaan senang (Joy), sedih (Sadness), marah (Anger), jijik (Disgust), takut (Fear), tapi beranjak dewasa, seseorang dihadapkan dengan lebih banyak emosi, seperti malu (Embarrassment), bosan (Ennui), iri (Envy), dan cemas (Anxiety). Sebab itu, film Inside Out 2 seolah bisa menangkap konsep emosi yang kompleks ini dan menyajikannya dalam film dengan sempurna. Termasuk bagaimana rasa cemas atau anxiety bisa berlarut-larut dialami anak muda.

Di kehidupan nyata, mungkin Beauties juga tak luput dari rasa cemas ini. Namun, sudahkah kamu tahu bagaimana cara menghilangkan rasa cemas itu? Dikenal istilah teknik 3-3-3 yang sederhana untuk menghilangkan anxiety dan mampu menenangkan pikiran. Bagaimana caranya?

Memperhatikan Sekitar

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/yanjf

Nggak perlu ribet saat kamu merasa cemas berlebihan dan berusaha menenangkannya. Mengutip Verywell Mind, langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat menggunakan teknik 3-3-3 adalah melihat sekitarmu. Lalu, identifikasi 3 hal yang kamu lihat. Perhatikan detail objek, seperti warna dan bentuknya. Menurut Leigh McInnis, LPC, Direktur Newport Healthcare Virginia, langkah ini akan membantu mengalihkan fokus dari kecemasan dalam dirimu, ke hal eksternal.

 


Mendengarkan dengan Saksama
Cute girl with hand to ear listening

Ilustrasi/ Foto: Dok. Thinkstock

Setelah dari segi visual, saatnya mengalihkan perhatian dari segi audio. Coba fokus pada 3 suara yang kamu dengar di sekelilingmu. Suara apa pun bisa kamu pilih, mulai dari suara klakson yang keras, suara hembusan angin, hingga suara hewan di dekatmu.


Menggerakan Tubuh
Ilustrasi Yoga

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/interstid

Tiga hal yang jadi fokus kamu selanjutnya adalah bagian tubuh. Ya, coba gerakan 3 bagian tubuhmu. Misalnya, memutar bahu, menggelengkan kepala, atau mengangkat tangan. Fokuskan pikiran pada sensasi yang kamu rasakan saat menggerakan bagian-bagian tubuh tersebut. 

Kamu bisa menggunakan teknik 3-3-3 ini di mana pun dan kapan pun saat kamu merasa cemas, Beauties. Mudah, bukan? Semoga membantu ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *