Berita

Kebiasaan Tidur saat Rambut Basah Ternyata Berpengaruh ke Kesehatanmu, Apa Saja Efeknya?

×

Kebiasaan Tidur saat Rambut Basah Ternyata Berpengaruh ke Kesehatanmu, Apa Saja Efeknya?

Share this article


Apakah Beauties merupakan tipe orang yang keramas saat malam hari? Keramas pastinya akan membuat kulit kepalamu terasa lebih segar serta membersihkan kotoran yang hinggap pada rambut setelah beraktivitas seharian.

Nah, jika Beauties memiliki kebiasaan ini, alangkah baiknya untuk mengeringkan rambutmu terlebih dahulu sebelum tidur karena tidur dengan rambut basah dapat berisiko pada kesehatanmu. Dilansir dari Health, ini dia efeknya.

Menyebabkan Rambut Rusak

Ilustrasi rambut rusak/Foto: freepik.com/user18526052

Jika kamu tidak mengeringkan rambut sebelum tidur maka rambutmu akan berisiko mengalami kerusakan. Menurut Rodney, MD, dokter kulit dan direktur pendiri Eternal Dermatology and Aesthetics, rambut yang basah menjadi lebih rapuh dari biasanya.

Jika kamu mengikat dan mengepang rambut dengan kencang saat basah dan pergi tidur maka hal ini akan menyebabkan gesekan antara rambut yang basah dan bantal sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan pada rambut. Rambutmu akan lebih mudah kusut, patah, dan terlihat kusam.


Lebih Mudah Terinfeksi Jamur dan Bakteri

Ilustrasi rambut berketombe/Foto: freepik.com/freepik

Ketika kamu tidur dalam keadaan rambut basah, area di sekitar bantal atau alas tidur akan terasa basah dan lembap yang dapat membuat bantalmu menjadi sarang berkembang biaknya bakteri dan jamur.

Hal itu tentu saja sangat berpengaruh pada kondisi kesehatanmu terutama pada bagian kulit kepala. Penyakit yang menyerang akibat infeksi jamur adalah folikulitis malassezia yang membuat munculnya ketombe serta kulit kepala yang gatal dan aspergillosis yang disebabkan oleh jamur aspergillus.

Yang Harus Kamu Lakukan Saat Tidur dengan Rambut Basah

Ilustrasi rambut sehat/Foto: freepik.com/freepik

Untuk mengurangi risiko yang terjadi tentunya kamu bisa mengeringkan rambut semaksimal mungkin atau tidak keramas saat malam hari. Terdapat beberapa cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kerusakan rambut:

  • Mengoleskan minyak kelapa ke rambut dapat melindungi rambutmu dari kerusakan. Namun, bagi kamu yang memiliki penyakit dermatitis seboroik tidak dianjurkan karena dapat memperparah keadaan.
  • Gunakan sarung bantal berbahan lembut seperti sutra, sarung bantal sutra dapat mengurangi gesekan pada rambut saat kamu tidur.
  • Jangan mengikat, menyanggul, dan mengepang dengan kencang. Kamu bisa menggunakan ikat rambut longgar agar rambut tidak terikat terlalu kencang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *