Berita

6 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh beserta Kandungan Gizinya

×

6 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh beserta Kandungan Gizinya

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Ada lebih dari 3.000 jenis pir, dan hampir selusin di antaranya tersedia di Amerika Serikat setiap tahunnya. Faktanya, Amerika Serikat adalah salah satu produsen pir terbesar di dunia, menghasilkan (secara harfiah) berton-ton Bartletts, Boscs, dan Anjous.

Meskipun mudah didapat, pir bukanlah buah yang paling populer di kalangan orang Amerika. Dalam beberapa survei, pir hampir tidak masuk dalam 40 buah teratas. Memang benar, rasa buah ini sangat lembut, dan seperti alpukat, rasa buah ini bisa berubah dari padat menjadi lembek dengan cukup cepat. 

Pir juga kaya gizi bermanfaat, kata Julie Pace, ahli diet terdaftar dan pemilik Core Nutrition Health and Wellness.

“Pir menyediakan sumber serat makanan, antioksidan, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat yang sangat baik,” jelas Pace, seraya menambahkan bahwa nutrisi pir ini berkontribusi pada manfaat kesehatan seperti penurunan risiko penyakit tertentu. Pir sangat bermanfaat untuk kesehatan usus dan jantung.

Jika buah pir belum membuat Anda terkesan sejauh ini, mungkin kandungan gizi dan potensi manfaat kesehatannya akan meyakinkan Anda untuk mencobanya lagi.

1. Fakta Gizi Buah Pir

Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang paling ampuh, jadi tidak mengherankan jika pir mengandung banyak gizi.

Menurut USDA, satu buah pir berukuran sedang menyediakan lebih dari selusin gisi penting, terutama sebagai berikut:

– Kalori: 112

– Lemak: 0,3 gram (g)

– Protein: 0,7 gram

– Karbohidrat: 27 gram

– Serat: 5,5 gram

– Jumlah gula: 17,2 g

– Vitamin C: 7,8 miligram (mg)

– Tembaga: 0,14 mg

– Kalium: 179 mg

– Vitamin K: 6,7 mikrogram (mcg)

Pir tidak mengandung gula tambahan apa pun, dan secara alami rendah natrium serta bebas lemak jenuh, kata Hannah Jones, ahli diet terdaftar di Oklahoma City. Rangkaian gizi tersebut menjadikan pir sebagai pilihan makanan terbaik dalam mengurangi risiko penyakit kronis dan berkontribusi terhadap kesehatan pencernaan, kata Jones.

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

1. Kaya serat

Buah pir bisa menjadi solusi berserat tinggi yang Anda cari. Dengan 5,5 gram serat per porsi, satu buah pir ukuran sedang menyediakan sekitar 20 persen dari nilai harian untuk serat, kata Jones.

Serat penting dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, seperti mendukung kesehatan jantung dan usus.

“Pir menyediakan kedua jenis serat—larut dan tidak larut,” kata Jones. “Pir dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dengan melunakkan atau menggembungkan tinja, sehingga lebih mudah dikeluarkan.”

2. Mendukung kesehatan jantung

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2022, semakin banyak serat yang Anda makan, semakin rendah risiko terjadinya kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Ada juga banyak penelitian yang menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat melindungi terhadap penyakit kardiovaskular.

Selain serat, pir juga kaya antioksidan. “Antioksidan dalam buah pir, seperti procyanidins dan quercetin, memberikan manfaat penting bagi jantung,” ucap Pace.

“Pir dapat meningkatkan penanda darah yang terkait dengan kesehatan jantung,” katanya.

Jika kita melihat lebih dekat quercetin, flavonoid yang ditemukan dalam kulit buah pir, telah terbukti menurunkan kolesterol total dan LDL secara signifikan, berdasarkan ulasan tahun 2020. Ketika kolesterol jahat turun, risiko penyakit jantung, penyebab utama kematian di Amerika, juga menurun.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Ada banyak alasan mengapa buah pir baik untuk mengontrol gula darah. Yakni, buah ini kaya serat, rendah indeks glikemik, dan tinggi antioksidan yang disebut antosianin, yang semuanya dapat mencegah lonjakan gula darah dan membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Selain mendukung kesehatan usus dan jantung, serat makanan telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Bagaimana cara kerjanya? “Serat makanan membantu pengaturan gula darah dengan memperlambat kecepatan tubuh menyerap karbohidrat dan gula,” ucap Jones.

Ditambah lagi, makan lebih banyak buah pir dapat berkontribusi terhadap penurunan risiko diabetes tipe 2.

“Mengonsumsi lima atau lebih porsi buah-buahan kaya antosianin setiap minggu, terutama pir merah, bisa menjadi cara yang enak untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 23 persen,” kata Pace, merujuk pada sebuah penelitian tahun 2012.

4. Sumber antioksidan

Kedua ahli diet sepakat kandungan antioksidan dalam buah pir terbilang mengesankan. Buah pir mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin K, quercetin, antosianin, dan lain-lain. Ditambah lagi, serat dalam buah pir berfungsi sebagai antioksidan, kata Jones.

Bersama-sama, sejumlah besar antioksidan dalam buah pir—dan makanan lainnya—dapat membantu mengurangi risiko banyak penyakit.

Ada penelitian yang mendukung hal ini, sebuah tinjauan pada tahun 2019 menyimpulkan bahwa pola makan tinggi makanan nabati kaya antioksidan, termasuk pir, dapat mengurangi risiko penyakit kronis dan semua penyebab kematian.

5. Memiliki sifat anti-inflamasi

Peradangan mendapat kesan buruk, tetapi sebenarnya itu adalah cara tubuh Anda melindungi Anda. Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap apa yang dianggap sebagai ancaman, namun jika tidak ada ancaman aktif, peradangan dapat menumpuk dan menyebabkan peradangan kronis, dan hal ini yang buruk.

Untungnya, diet adalah salah satu cara untuk mengurangi peradangan. Sifat anti-inflamasi buah pir terutama disebabkan oleh kandungan antioksidannya yang tinggi, menurut Clinic Cleveland.

Secara khusus, flavonoid dalam pir memiliki sifat anti-inflamasi, kata Jones. Flavonoid ini menenangkan peradangan, yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit inflamasi seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

6. Mendukung mikrobioma usus yang sehat

Mikrobioma usus Anda adalah tempat luar biasa yang memengaruhi kesehatan pencernaan, tetapi juga berkontribusi terhadap kesehatan kekebalan dan fungsi tubuh lainnya. Ini sarat dengan bakteri, tapi jangan khawatir—mikrobioma usus Anda juga merupakan rumah bagi bakteri “baik”. Ini disebut probiotik, dan mereka memakan prebiotik, yang dapat ditemukan dalam buah pir.

“Prebiotik dalam buah pir meningkatkan mikrobioma usus sehat yang penting untuk pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan,” kata Pace. Serat prebiotik dalam pir telah terbukti merangsang bakteri “baik” tersebut, sehingga berkontribusi terhadap mikrobiota usus yang sehat.

Pilihan Editor: 5 Alasan Buah Pir Baik untuk Diet, Kaya Serat dan Melindungi Usus

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *