Berita

Menurut Psikolog, Ini 1 Keterampilan Tersembunyi yang Dimiliki Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi

×

Menurut Psikolog, Ini 1 Keterampilan Tersembunyi yang Dimiliki Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi

Share this article


Beauties, meregulasi emosi mungkin memang tak semudah mempelajari suatu keterampilan teknis. Tetapi, dapat cerdas secara emosi bukanlah sesuatu yang mustahil. Dilansir dari CNBC, seseorang kerap kali terjebak dalam kebiasaan, miskonsepsi, atau kepercayaan yang tidak sehat, sehingga hal ini menimbulkan kecemasan, depresi, burnout, dan lain sebagainya.

Padahal, jika Beauties menguasai satu keterampilan ini, menurut Emma Seppälä, seorang psikolog yang juga merupakan dosen di Yale University, Beauties termasuk orang dengan kecerdasan emosional tinggi, lho!

Penasaran keterampilan seperti apa yang dimaksud? Yuk, baca sampai habis!

Kedaulatan Emosi, Keterampilan yang Dimiliki Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi

Ilustrasi/Foto: Freepik

Kedaulatan emosi berarti seseorang telah belajar untuk menavigasikan emosinya dengan bersyukur, alih-alih menghindar, menekan, atau melupakan emosi tersebut.

Ketika Beauties sudah paham cara mengendalikan emosi, Beauties dapat memanfaatkannya untuk kreativitas, energi, membangun hubungan mendalam, kebahagiaan, serta kepuasan yang lebih besar.

Sekarang, bayangkan jika Beauties tidak paham cara mengendalikan emosi. Selain merugikan diri sendiri, orang lain bisa terkena imbasnya.

Berlari dari emosi negatif atau menekannya tidak akan menyelesaikan masalah, justru hal tersebut akan membuat Beauties terjebak dalam kebiasaan yang destruktif.

Sebaliknya, jika Beauties belajar menerima segala bentuk emosi, baik itu yang membahagiakan maupun menyakitkan, Beauties akan menjadi pribadi yang semakin kuat dan bijaksana.

Ketika Beauties mampu menghadapi segala permasalahan dan menemukan jalan keluarnya dengan baik, maka itulah saat di mana Beauties sudah memiliki kedaulatan emosi.

Manfaat Memiliki Kedaulatan Emosi

Ilustrasi/Foto: Freepik

  • Memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih baik. Seperti yang kita ketahui, menekan emosi membuat kesehatan mental memburuk, dan hal itu juga berdampak pada kesehatan fisik. Jadi, belajar untuk memproses emosi lebih baik bagi kesehatan mental dan fisik Beauties.
  • Memiliki hubungan yang lebih baik. Ketika Beauties mampu menerima segala emosi yang hadir, Beauties akan lebih mengerti dan welas asih kepada orang lain. Hasilnya, Beauties tidak lagi menghakimi mereka.
  • Lebih bahagia. Saat Beauties belajar memproses emosi, Beauties tidak akan menyimpannya terlalu lama. Hal ini yang kemudian membuat beban Beauties terasa ringan dan lebih bahagia.
  • Lebih berani. Merasakan emosi mungkin bukanlah hal yang mudah pada awalnya. Namun, semakin sering dilakukan, maka Beauties akan semakin sabar dan memiliki daya tahan.


Cara Memiliki Kedaulatan Emosi

Ilustrasi/Foto: Freepik/benzoix

Kedaulatan emosi  dapat kita raih dengan cara sederhana, yaitu dengan melihat seorang anak ketika mengekspresikan emosinya. Saat mereka sedih, mereka akan menumpahkan emosinya dengan menangis hingga lega.

Hal serupa bisa Beauties lakukan, yaitu Beauties perlu merasakan emosi yang sedang menghinggapi diri. Mungkin awalnya akan terasa tidak nyaman, namun disinilah saat Beauties membutuhkan kesabaran, penerimaan, dan welas asih.

Terakhir, perlu diingat bahwa merasakan emosi sepenuhnya bukan berarti mengekspresikannya saat Beauties sedang di puncak emosi tersebut. Melampiaskan amarah meledak-ledak kepada seseorang bukanlah ide baik, karena hal ini justru dapat merusak hubungan Beauties dengan orang lain.

Lebih baik, Beauties mengambil waktu sendiri untuk memproses dan mencerna emosi. Setelah itu, ketika Beauties sudah tenang, Beauties dapat berkomunikasi dengan lebih baik.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *